Advertorial

TAG Heuer Luncurkan Carrera Chronograph, Simbol Presisi Engineering dan Evolusi Desain Ikonik

Kompas.com - 07/05/2024, 12:00 WIB

KOMPAS.com – Produsen jam tangan mewah asal Swiss, TAG Heuer, meluncurkan seri terbaru TAG Heuer Carrera Chronograph. Jam tangan terbaru ini menjadi simbol sebuah kepresisian waktu dan evolusi desain ikonik seri “Carrera”.

Seri TAG Heuer Carrera sendiri diperkenalkan kali pertama pada 1963. Pendiri TAG Heuer, Jack Heuer, mengambil nama “Carrera” untuk koleksi jam tangan chronograph-nya dari balapan legendaris

Carrera Panamericana di Meksiko yang tenar pada era 1950-1954.

Untuk diketahui, jam chronograph punya desain khas yang membedakannya dengan jam tangan lain.

Pada jam tangan chronograph terdapat minimal dua subdial atau bundaran kecil yang berada di dial utama jam. Subdial ini berfungsi untuk mengukur waktu yang telah berlalu.

Adapun peluncuran TAG Heuer Carrera Chronograph juga menjadi penanda 60 tahun perjalanan TAG Heuer Carrera.

Selama 6 dekade, TAG Heuer Carrera telah menjadi simbol jam tangan elegan klasik dengan jarum

jam yang mudah dibaca, serta kejuruteraan (engineering) yang presisi. Karena itu pula, Carrera jadi aksesori wajib bagi pebalap, penggemar balapan, dan pencinta jam tangan di dunia. Tiap tahun, penggemar dan kolektor menantikan keluaran baru seri Carrera.

Secara umum, TAG Heuer Carrera Chronograph terinspirasi dari desain TAG Heuer Carrera 7753 SN yang muncul pada akhir 1960-an.

Perpaduan antara desain klasik dan mutakhir membawa produk tersebut menjadi koleksi TAG Heuer Carrera ke tingkat yang lebih tinggi.

Sebagai model TAG Heuer Carrera generasi pertama, 7753 SN mengusung mesin

jam chronograph Valjoux yang memiliki pelat jam berwarna perak dan hitam berbentuk panda.

Lewat TAG Heuer Carrera, kala itu, Jack ingin menghadirkan instrumen balapan yang dapat dicatat secara mudah tanpa gangguan.

Desain itu menghadirkan garis-garis pada penanda jam sehingga jam dan menit tampil secara lebih jelas.

Chronograph yang dihadirkan pada seluruh TAG Heuer Carrera membuat seri itu dikagumi karena kejelasan dan tampilan yang sederhana, terutama di kalangan pebalap.

TAG Heuer Carrera pun semakin terkenal setelah tampil pada film Ford v Ferrari (2019) yang dibintangi oleh Matt Damon.

Desain yang disempurnakan

TAG Heuer Carrera Chronograph sendiri hadir dengan desain yang disempurnakan dengan

tampilan chronograph panda dalam glassbox. Glassbox ini menjadi ciri khas lini TAG Heuer Carrera yang dapat meningkatkan keterbacaan.

TAG Heuer Carrera Chronograph terinspirasi dari desain TAG Heuer Carrera 7753 SN. Dok. TAG Heuer TAG Heuer Carrera Chronograph terinspirasi dari desain TAG Heuer Carrera 7753 SN.

Kemudian, TAG Heuer Carrera Chronograph subdial berwarna biru langit kehitaman pada posisi arah jam 3 dan 9 tampil kontras dengan pelat jam berwarna perak, terlebih saat terkena sinar matahari. Kombinasi ini menciptakan tampilan bi-compax panda yang khas.

Kemudian, penambahan jarum subdial berpernis merah yang menawan turut memperkuat kontras untuk menghasilkan tampilan yang lebih jernih.

TAG Heuer Carrera Chronograph hadir dengan casing baja 39 mm dengan kristal safir pada bagian atas. Casing ini mirip dengan model TAG Heuer Carrera 1970-an.

Seri itu memiliki flensa melengkung berwarna hitam kontras dan indeks

berlapis rhodium melengkung. Dengan sentuhan ini, TAG Heuer Carrera Chronograph tampil lebih estetis sehingga memastikan keterbacaan dari berbagai sudut.

Untuk meningkatkan keterbacaan, jarum jam bagian tengah yang berlapis rhodium juga dilengkapi ujung yang dipernis merah. Jarum detik yang berwarna hitam dan interval 5 detik yang ditandai dengan warna merah juga membuat jam semakin mudah dibaca.

Daya tarik TAG Heuer Carrera Chronograph juga terlihat pada bagian strap jam dari material baja yang pertama kali didesain ulang pada koleksi TAG Heuer Carrera.

Strap baja tersebut menghadirkan perpaduan harmonis antara gaya vintage, keanggunan kontemporer, dan kebaruan.

Beralih ke bagian mesin. TAG Heuer Carrera Chronograph mengusung mesin jam chronograph Heuer 02 (Ref. TH20-00). Mesin ini memiliki gerakan kuat dengan fitur belitan dua arah, rotor berbentuk perisai, dan memiliki kekuatan daya hingga 80 jam. Jam tangan TAG Heuer Carrera Chronograph juga dilengkapi garansi 5 tahun.

Inovasi lain yang juga dihadirkan oleh seri TAG Heuer Carrera Chronograph adalah kemampuan deteksi wajah.

Informasi lebih lengkap seputar koleksi TAG Heuer Carrera bisa didapat di tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com