Advertorial

Ingin Saldo Tabungan Terus Bertambah? Terapkan 5 Langkah Berikut dan Menabung di Tabungan BRI

Kompas.com - 13/05/2024, 11:10 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang tentu mendambakan saldo tabungan pada rekening pribadi yang dimiliki terus bertambah. Selain memberi rasa aman, jumlah tabungan yang terus meningkat diharapkan dapat mewujudkan kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan.

Bagi pekerja atau karyawan, sumber dana yang bisa digunakan untuk menabung adalah gaji bulanan yang diperoleh dari tempat bekerja.

Agar jumlah tabungan semakin bertambah, tak sedikit pula orang rela mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama, baik dari usaha kecil-kecilan maupun bekerja lepas atau freelancing

Meski demikian, masih banyak orang yang kesulitan untuk menabung. Ini lantaran biaya hidup yang semakin meningkat atau kesulitan untuk membangun kebiasaan berhemat.

Lantas, bagaimana cara agar saldo tabungan terus bertambah? Simak empat tip berikut.

  1. Cek kondisi finansial

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar saldo terus bertambah adalah memahami kondisi keuangan. Hal ini bisa diwujudkan dengan menghitung total pendapatan dan pengeluaran setiap bulan terlebih dahulu.

Dengan menghitung jumlah pendapatan dan pengeluaran, kamu bisa mengalokasikan pendapatan ke berbagai pos pengeluaran, seperti menabung, belanja bulanan, dan bersedekah, secara lebih optimal. Alhasil, arus kas atau cash flow bulanan menjadi lebih stabil.

Oleh karena itu, Anda perlu mencatat cash flow secara berkala agar dapat mengalokasikan gaji bulanan untuk tabungan secara lebih mudah.

  1. Susun daftar kebutuhan

Langkah berikutnya adalah menyusun daftar kebutuhan. Tentunya, hal ini mengacu pada kondisi keuangan atau kemampuan finansial masing-masing.

Daftar kebutuhan tersebut mencakup kebutuhan pokok belanja untuk menunjang kehidupan dalam satu bulan, mulai dari beras, minyak goreng, sabun mandi, sabun cuci piring, hingga aneka bahan makanan.

Agar lebih hemat, tak ada salahnya menyusun daftar kebutuhan tersebut lengkap dengan lis harga. Dengan begitu, kamu bisa belanja sesuai jumlah dana yang dimiliki.

  1. Hindari gaya hidup konsumtif

Menghindari gaya hidup konsumtif juga perlu dilakukan untuk mendukung ikhtiar memiliki tabungan untuk masa depan. Sebagai contoh, kamu bisa mengurangi kongko bersama teman di coffee shop atau belanja online secara impulsif.

Baik bersosialisasi bersama teman maupun belanja online bukan hal yang salah. Akan tetapi, lakukan hal tersebut secara wajar dan tak berlebihan. Pasalnya, bila dilakukan terus menerus tanpa membatasi diri, kondisi keuanganmu bisa boncos.

Selain itu, kamu juga bisa menekan perilaku konsumtif dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana, seperti membawa bekal makanan dan botol minum dari rumah, serta naik angkutan umum untuk bepergian sehari-hari. 

  1. Mulailah disiplin menabung

Tak sedikit yang beranggapan bahwa untuk mulai menabung, seseorang perlu menyiapkan dana dalam jumlah besar secara sekaligus. Padahal, kebiasaan ini bisa dimulai secara perlahan.

Kamu bisa menabung dengan nominal yang sedikit terlebih dahulu, tetapi dilakukan rutin dan konsisten. Pasalnya, tabungan merupakan langkah finansial yang bersifat jangka panjang, baik untuk membeli aset di masa depan maupun sebagai dana darurat.

  1. Menabung di bank

Saat ini semakin banyak instrumen keuangan yang bisa dimanfaatkan untuk menabung. Salah satu metode yang paling aman adalah menyimpan uang di lembaga keuangan tepercaya, yakni bank.

Melalui bank, kamu bisa memiliki rekening khusus untuk menabung. Kamu pun bisa menyisihkan sebagian gaji bulanan untuk ditabung di bank. Dengan begitu, tabunganmu dapat terus bertambah.

Itulah lima tip menabung yang bisa Anda terapkan. Dengan menerapkan prinsip tersebut, niscaya harapan untuk memiliki tabungan dalam jumlah besar di masa depan bisa terwujud.

Salah satu tabungan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai tempat menabung adalah Tabungan BRI Simpedes Bisa dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

-Dok. BRI -

Selain aman untuk menyimpan tabungan, nasabah Simpedes Bisa BRI juga berkesempatan untuk memperoleh berbagai keuntungan melalui program Panen Hadiah Simpedes.

Panen Hadiah Simpedes merupakan program berhadiah langsung dari Tabungan BRI Simpedes Setiap nasabah dengan saldo kelipatan Rp 100.000 akan mendapatkan kupon hadiah yang akan dilakukan pengundian.

Periode program pengundian dilakukan dua kali dalam satu tahun dan undian dilakukan di seluruh Kantor Cabang BRI, sehingga kesempatan menang menjadi lebih besar. Berbagai hadiah menarik bisa didapatkan, seperti rumah, mobil, motor, televisi, logam mulia, sepeda, elektronik, dan berbagai macam hadiah lainnya dengan pajak hadiah ditanggung BRI.

Hadiah tersebut meliputi 516 mobil, 3.440 motor, 208 sepeda, 6.356 televisi, 39 logam mulia, dan 5.811 produk elektronik.

Untuk meningkatkan peluang memenangkan hadiah, BRI melakukan undian dua kali setahun di setiap kantor cabang dan yang pasti pajak hadiah ditanggung oleh BRI.

Tunggu apa lagi? Segera buka Tabungan BRI melalui BRImo untuk memenuhi ragam kebutuhan transaksi perbankan. Unduh aplikasi BRImo di Play Store, App Store, dan Huawei Gallery sekarang juga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com