Advertorial

Tumbuh Pesat, Agen BRILink Catatkan Transaksi Rp 370 Triliun Sepanjang Kuartal I-2024

Kompas.com - 13/05/2024, 13:36 WIB

KOMPAS.com - Agen BRILink yang merupakan perluasan layanan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus mengalami pertumbuhan pesat.

Tercatat, sepanjang kuartal I-2024, agen tersebut berhasil membukukan 285 juta transaksi finansial atau meningkat 12,8 persen year-on-year (YoY) dari 252,5 juta transaksi per kuartal I-2023. Peningkatan ini diiringi dengan volume transaksi mencapai Rp 370 triliun pada periode tersebut.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa jumlah Agen BRILink juga meningkat 22,4 persen YoY dari 650.780 agen per akhir Maret 2023 menjadi 796.836 agen per Maret 2024.

“Jumlah Agen BRILink ini tersebar di 61.122 desa di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan, kinerja mitra BRI ini turut menyumbang fee based income (FBI) bagi BRI senilai Rp 395 miliar,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (13/5/2024).

Pernyataan tersebut disampaikan Budi dalam konferensi pers Kinerja BRI Triwulan I-2024 di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Seperti diketahui, Agen BRILink menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia serta tersebar hingga di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Hal ini turut membantu peningkatan signifikan baik dari jumlah agen maupun volume transaksi.

Keberhasilan Agen BRILink diyakini tak terlepas dari strategi hybrid bank, yakni perpaduan layanan fisik dan digital untuk melayani segmen nasabah BRI yang beragam. Bahkan pada periode hari libur pun, agen ini selalu siap melayani kebutuhan finansial.

Kehadiran Agen BRILink telah memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fiturnya, seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, serta layanan referral pembukaan rekening tabungan, pinjaman, dan transaksi lainnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pembelian asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri,  voucher permainan, serta pembelian tiket bus, shuttle, dan kapal feri.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa ke depannya, Agen BRILink akan diberdayakan menjadi marketplace, dan bukan hanya sebagai agen bank semata.

Ia menilai bahwa satu Agen BRILink bisa memiliki kapabilitas sebagai marketplace dengan skema satu desa satu orang. Jika terlaksana, inovasi ini pun akan membawa efisiensi yang luar biasa bagi masyarakat.

"Orang beli kulkas, orang beli televisi (TV), tidak perlu harus ke kota, tapi barangnya yang datang. Tinggal berhubungan dengan Agen BRILink," jelas Supari.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com