Advertorial

Trik Jitu Sisihkan Gaji untuk Masa Depan Cerah Buah Hati dengan Fitur Transfer Otomatis Tabungan BRI Junio

Kompas.com - 16/05/2024, 10:01 WIB

KOMPAS.com – Setiap orangtua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati. Bukan hanya kasih sayang dan perhatian, melainkan juga bekal finansial untuk masa depan mereka.

Memastikan anak memiliki tabungan yang memadai berarti mempersiapkan mereka untuk meraih mimpi dan menjalani hidup yang mandiri.

Mempersiapkan keuangan anak tidak berarti harus memiliki penghasilan fantastis. Dengan strategi yang tepat, bahkan dari gaji bulanan, Anda dapat menyisihkan dana untuk masa depan anak. Berikut adalah beberapa trik jitu yang bisa diterapkan.

  1. Buatlah anggaran keuangan yang jelas dan konsisten

Langkah pertama adalah dengan membuat anggaran keuangan yang jelas dan konsisten. Catat semua pemasukan dan pengeluaran Anda, termasuk kebutuhan pokok, cicilan, dan gaya hidup. 

Alokasikan dana khusus untuk tabungan anak. Pastikan jumlahnya realistis dan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

  1. Hindari gaya hidup konsumtif

Di era yang serbadigital dan penuh kepraktisan, godaan membeli barang-barang yang tidak esensial memang besar. Jika dibiarkan, gaya hidup konsumtif ini dapat menghambat rencana menabung.

Solusinya, terapkan pola pikir minimalis, belilah barang yang benar-benar dibutuhkan, dan hindari fear of missing out (FOMO) yang bisa mendorong pengeluaran impulsif. Pertimbangkan juga alternatif yang lebih hemat, seperti membeli barang bekas atau memanfaatkan promo.

  1. Tinjau keuangan secara berkala

Luangkan waktu untuk melakukan peninjauan keuangan secara berkala, minimal setiap bulan. Evaluasi apakah anggaran yang dibuat sudah berjalan dengan baik atau perlu penyesuaian.

Peninjauan tersebut akan membantu Anda untuk memantau perkembangan keuangan dan memastikannya tetap berada di jalur yang tepat.

  1. Sisihkan uang segera setelah menerima gaji

Jangan tunda menabung. Segera setelah menerima gaji, sisihkan dana untuk tabungan anak sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Anggaplah ini sebagai kewajiban, layaknya membayar tagihan bulanan.

Dengan begitu, Anda terhindar dari godaan menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain.

  1. Manfaatkan fitur automatic fund transfer

Memanfaatkan teknologi dapat memudahkan proses menabung. Aktifkan fitur automatic fund transfer (AFT) di bank Anda untuk mentransfer dana secara otomatis dari rekening gaji ke rekening tabungan anak. Hal itu membantu Anda disiplin menabung tanpa perlu repot-repot melakukan transfer manual.

-Dok. BRI -

Salah satu bank yang memiliki fitur tersebut adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero). Menariknya, bank pelat merah ini juga menyediakan tabungan khusus anak, Tabungan BRI Junio.

Lewat fitur AFT di BRItama Junio, orangtua dapat mentransfer uang tabungan anak secara otomatis dengan nominal dan tanggal yang telah ditentukan.

Sebagai informasi, nominal AFT Tabungan BRItama Junio dapat disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari Rp 100.000. Periode pemilihan AFT pertama kali yang dapat dipilih maksimal 27 hari setelah rekening dibuka.

Apabila pendebitan AFT pada bulan tertentu gagal, nominal yang didebitkan pada bulan berikutnya akan disesuaikan dengan bulan bersangkutan saja. 

Adapun Tabungan BRI Junio diperuntukkan bagi anak usia 0-12 tahun dan di atas 12 tahun hingga 17 tahun. 

Berbagai benefit menarik ditawarkan tabungan itu, seperti suku bunga kompetitif, kemudahan bertransaksi dan pemantauan saldo secara real-time melalui BRImo, akses ATM yang luas karena tersebar di seluruh Indonesia, serta serta desain kartu debit yang menarik dan sudah dilengkapi chip.

Pembukaan Tabungan BRI Junio juga mudah karena bisa dilakukan secara daring melalui BRImo. Setoran awalnya pun terjangkau, yakni mulai Rp 100.000 sehingga mudah dijangkau oleh semua kalangan.

Tabungan BRI Junio menjadi solusi tepat untuk membantu para orangtua mewujudkan masa depan finansial yang cerah bagi anak serta melatih anak menabung sejak dini.

Cara membuka rekening Tabungan BRI Junio pun mudah, bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Dengan membuka Tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Buka Tabungan BRItama Junio via BRImo sekarang karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

Yuk, download BRImo di Google Play Store , App Store, dan Huawei AppGallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan dalam genggaman! Dengan BRImo, transaksi jadi lebih gampang dan satset karena #BRImoMudahSerbaBisa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com