Advertorial

Sambut PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024, CEO & Leader Forum Prediksi Pertumbuhan Positif Sektor Properti

Kompas.com - 16/05/2024, 13:56 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah tokoh terkemuka di sektor real estat Indonesia optimistis menyambut masa depan industri properti pada 2024. Hal tersebut mengemuka pada acara Indonesia CEO & Leaders Forum 2024 yang diadakan di The Westin Jakarta menjelang perhelatan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024.

Menurut mereka, industri properti Indonesia memiliki prospek cerah pada 2024. Pasalnya, berbagai inisiatif dari pemerintah akan diberlakukan dan bisa berdampak pada sektor properti, mulai dari kebijakan moneter baru hingga strategi perumahan rakyat.

Acara itu juga menjadi momen untuk membangun antusiasme terhadap gala dinner dan penganugerahan PropertyGuru Indonesia Property Awards Ke-10 yang akan diadakan pada Jumat (23/8/2024) di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Penghargaan bergengsi ini akan memberikan pengakuan kepada para pengembang dan proyek properti terbaik di Indonesia.

Pengajuan untuk mengikuti PropertyGuru Indonesia Property Awards Ke-10 masih dibuka hingga 31 Mei 2024. Para pelaku industri dan masyarakat dapat mendaftarkan proyek-proyek terbaik melalui situs web asiapropertyawards.com.

-Dok. PropertyGuru -

Menandai era baru perumahan Indonesia

Penyelenggaraan PropertyGuru Indonesia Property Awards Ke-10 menandai momen penting bagi industri perumahan Indonesia. Pada tahun krusial ini, pemerintahan baru dari hasil Pemilu 2024 telah berkomitmen untuk membangun tiga juta rumah per tahun di seluruh penjuru negeri demi memenuhi kebutuhan hunian di wilayah perdesaan, perkotaan, dan pesisir.

Langkah tersebut sejalan dengan serangkaian kebijakan yang digagas pemerintahan Joko Widodo pada Februari 2024 dalam menghidupkan kembali sektor properti, termasuk kebijakan jeda baru pembelian properti dan pelonggaran regulasi bagi investor asing.

Penyelesaian proyek infrastruktur berskala besar, seperti kereta api cepat Whoosh, turut mendorong optimisme di pasar properti.

Selain itu, reformasi agraria yang dicanangkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia diharapkan dapat mempersempit kesenjangan kepemilikan properti dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

"Reformasi agraria bertujuan untuk mendukung pertumbuhan sektor properti, khususnya dalam menghadapi bonus demografi pada 2045," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Agraria Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Dalu Agung Darmawan pada forum bertajuk "Indonesia CEO & Leaders Forum 2024" tersebut.

Diskusi panel yang diadakan PropertyGuru Asia Property Awards and Events ini juga menghadirkan para pembicara ternama, yakni Direktur Perumahan Rakyat dan Komersial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir Fitrah Nur, MSi, Kepala Riset Strategis DPP Real Estate Indonesia (REI) Ignesjz Kemalawarta, Manajer Umum PropertyGuru Asia Property Awards and Events Jules Kay, serta Ketua Panel Juri PropertyGuru Indonesia Property Awards sekaligus Direktur Senior dan Kepala Penasihat JLL Indonesia Vivin Harsanto.

CEO PropertyKlik.com Marine Novita didapuk menjadi moderator dalam forum tersebut.

-Dok. PropertyGuru -

Hadir dengan kategori baru

Menandai satu dekade, PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 bakal menghadirkan beberapa kategori baru untuk mengapresiasi para pengembang, desainer, dan proyek terdepan di industri real estat Indonesia.

Penghargaan pada PropertyGuru Indonesia Property Awards Ke-10 tak hanya menilai keunggulan dalam desain dan pembangunan, tetapi juga mengapresiasi komitmen terhadap keberlanjutan dan dampak sosial.

Kategori baru untuk environmental, social, and governance (ESG) hadir untuk memberikan penghargaan kepada pengembang yang menerapkan praktik ramah lingkungan, hemat energi, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Tak hanya itu, PropertyGuru Indonesia Property Awards Ke-10 juga memberikan penghargaan kepada mitra internasional terbaik dan proyek-proyek properti unggulan, seperti megatownship, properti investasi, pengembangan berkelanjutan, serviced office, dan galeri penjualan.

Country Manager PropertyGuru Indonesia Jules Kay mengatakan, pihaknya bangga bisa menggelar PropertyGuru Indonesia Property Awards Ke-10 di tengah era transformasi dan transisi bagi 274 juta pencari properti di Indonesia.

Menandai satu dekade penyelenggaraan PropertyGuru Indonesia Property Awards, Jules melanjutkan, pihaknya optimistis akan masa depan Indonesia. Apalagi, ada dorongan inisiatif dan insentif yang dirancang untuk memacu pasar properti.

“Seiring dengan percepatan pemulihan ekonomi, ekspansi infrastruktur transportasi yang tak tertandingi, dan kebijakan visa yang lebih terbuka, kami menantikan untuk menampilkan keragaman dan daya tarik properti Indonesia dari Jakarta hingga Bali pada tahun ini,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (15/5/2024).

Tahun ini, para pemenang ditentukan oleh panel juri independen yang terdiri dari tokoh-tokoh terkemuka di sektor properti dan bidang terkait.

Hal senada juga dinyatakan Vivin. Ia menyatakan optimismenya terhadap pemulihan pasar properti Indonesia.

"Kami mengundang para pengembang hebat di luar sana untuk menunjukkan kekuatan dan stabilitas pasar properti Indonesia bersamaan dengan edisi terbaru penghargaan kami," ujarnya.

Penentuan pemenang dilakukan oleh panel juri independen yang terdiri dari para ahli di sektor properti dan bidang terkait. Proses seleksi yang profesional dan transparan serta diawasi oleh HLB Hadori Sugiarto Adi & Rekan. HLB Indonesia memastikan penilaian yang adil dan kredibel.

Pemenang utama PropertyGuru Indonesia Property Awards berhak bersaing di Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards pada Desember 2024.

Berikut adalah tanggal-tanggal penting PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024.

  • 31 Mei 2024: Pendaftaran ditutup
  • 17 Juni2024-9 Juli 2024: Inspeksi Lokasi
  • 23 Juli 2024: Penjurian Akhir
  • 23 Agustus 2024: Makan Malam Gala dan Upacara Penghargaan di Jakarta, Indonesia
  • 13 Desember 2024: Presentasi Gala Grand Final Regional di Bangkok, Thailand

Pada Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards 2023, pengembang Indonesia meraih delapan kemenangan regional.

Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai negara terbanyak penerima penghargaan ketimbang negara mana pun. Prestasi tersebut juga menunjukkan keunggulan mereka dalam industri properti Asia Pasifik.

Anak perusahaan Sinar Mas Land, PT Sinar Mitbana Mas, dan PT BSD Diamond Development meraih penghargaan Best Breakthrough Developer (Asia). Sementara, Agung Sedayu Group dan Salim Group, Summarecon Agung, serta Summarecon Serpong juga berhasil membawa pulang penghargaan untuk Indonesia.

PropertyGuru Indonesia Property Awards merupakan bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards yang telah diselenggarakan selama 19 tahun. Acara ini menjangkau pasar-pasar utama di Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, dan Oseania dengan acara puncak berupa jamuan makan malam eksklusif dan upacara penghargaan.

Penyelenggaraan PropertyGuru Indonesia Property Awards Ke-10 didukung oleh sejumlah sponsor platinum dan mitra resmi. Sebut saja Kohler, PropertyKlik.com, PropertyGuru, Publicom Communications, Detik.com, Kompas.com, dan Top 10 Indonesia, serta pengawas resmi HLB.

Informasi lebih lengkap mengenai PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 dapat diperoleh melalui e-mail awards@propertyguru.com atau situs resmi asiapropertyawards.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com