Advertorial

Modern dan Ramah Lingkungan, Ini Spesifikasi Toyota Forklift 60-8FBN Series yang Diluncurkan Traknus di Forklift Exhibition 2024

Kompas.com - 16/05/2024, 17:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan alat berat terkemuka di Indonesia, PT Traktor Nusantara (Traknus), meluncurkan produk terbarunya, Toyota Forklift 60-8FBN Series di Forklift Exhibition 2024, Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Rabu (15/5/2024) hingga Jumat (17/5/2024).

Di ajang tersebut, Traknus mengusung tema “Leading The Way to Sustainability Through Electric Material Handling”. Tema ini diambil sebagai bagian dari rangkaian agenda perayaan ulang tahun ke-50 perusahaan yang hadir dengan tajuk “Bersama Nusantara untuk Keberlanjutan”.

Material Handling Sales & Marketing Division Head Sri Mahendra mengatakan, Toyota Forklift 60-8FBN Series adalah alat bantu angkut berbasis elektrik yang dilengkapi dengan fitur-fitur terkini.

Salah satu fitur unggulan terbaru pada forklift tersebut adalah Factory Fitted Lithium-Ion Battery. Dengan baterai ini, Toyota Forklift 60-8FBN Series punya keunggulan dari segi efisiensi daya dan ramah lingkungan.

“Baterai tersebut hadir untuk menjawab serta memenuhi kebutuhan akan kendaraan ramah lingkungan di sektor industri dan pergudangan Indonesia,” ujar Mahendra kepada awak media yang hadir di booth Traknus, Rabu.

Mahendra menambahkan, Traknus menyediakan beberapa jenis varian kapasitas baterai pada produk forklift terbarunya, mulai dari standar hingga yang tinggi.

Life cycle battery-nya pun lebih efisien tiga kali lipat dibandingkan dengan battery lead acid.

Material Handling Sales & Marketing Division Head Sri Mahendra.Dok. Traknus Material Handling Sales & Marketing Division Head Sri Mahendra.

Untuk pengisian daya, baterai tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem fast charging. Durasi pengisiannya sendiri empat kali lebih cepat dari baterai biasa. Baterai ini dapat mengisi daya dari nol hingga 100 persen hanya dalam waktu 2 jam 30 menit.

“Dari segi efisiensi, baterai pada Toyota Forklift 60-8FBN Series mampu membantu menghemat biaya operasional sebesar 20 persen,” kata Mahendra.

Kuat dan dilengkapi fitur terkini

Selain unggul dari segi baterai, Toyota Forklift 60-8FBN Series juga terdepan soal daya tahannya. Menurut penuturan Mahendra, forklift tersebut mampu mengangkat benda dengan berat minimal sebesar 2,5 ton.

Forklift ini punya beberapa tipe dan yang terkecil mampu mengangkat beban sebesar 2,5 ton. Sementara, kendaraan yang kami pamerkan ini mampu mengangkat beban hingga 4 ton. Maka dari itu, harganya pun bervariasi, yakni mulai dari Rp 500 jutaan,” terang Mahendra.

Selain kuat, Toyota Forklift 60-8FBN Series juga jadi kendaraan alat berat yang canggih karena telah dilengkapi dengan fitur unggulan terkini, salah satunya SEnS+.

Fitur tersebut merupakan kamera pintar untuk mendeteksi keberadaan halangan berupa gangguan berupa benda mati atau rekan kerja yang ada di dekat unit ketika beroperasi.

“SEnS+ akan menghentikan laju dari unit dan mengaktifkan break system secara otomatis hingga unit benar-benar berhenti saat mendeteksi gangguan. Fitur ini berfungsi untuk menekan angka kecelakaan kerja dan breakdown unit karena benturan saat sedang beroperasi,” ucapnya.

Fitur lain yang tersemat pada Toyota Forklift 60-8FBN Series adalah I-Site. Fitur ini diaplikasikan untuk memonitor kondisi unit melalui dasbor secara daring.

“Melalui I-Site, pengguna bisa memantau berbagai hal yang ada pada unit, seperti battery life, kerusakan akibat benturan yang terjadi pada unit saat beroperasi, dan tingkat efisiensi penggunaan unit. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk customer yang mengedepankan produktivitas tinggi, khususnya yang berfokus pada keamanan pengoperasian forklift,” ujar Mahendra.

Jajaran BOD Traktor Nusantara dan Swadaya Harapan Nusantara pada sesi Product Launching Forklift seri terbaruDok. Traknus Jajaran BOD Traktor Nusantara dan Swadaya Harapan Nusantara pada sesi Product Launching Forklift seri terbaru

Selain meluncurkan Toyota Forklift 60-8FBN Series, Traknus juga menampilkan beberapa seri produk dari Toyota Forklift, BT, dan Raymond lain.

Produk tersebut terdiri dari 8FBE Series dengan fitur SEnS+, RRE180H2, Raymond 7720, 8FBR Series, LWE200, LHM230, LHE150, 8FBMT50, serta 8FBN Series.

Untuk diketahui, Traknus mengadakan sejumlah program menarik bagi pelanggan yang membeli Toyota Forklift 60-8FBN Series.

Salah satu program tersebut adalah paket Trip to Swedia bagi pelanggan yang membeli sejumlah unit dari forklift terbaru Traknus.

Penasaran dengan Toyota Forklift 60-8FBN Series atau produk forklift lain? Silakan kunjungi booth Traknus di Hall D2 Booth D2C2-01, Jiexpo Kemayoran.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait Traknus, silakan hubungi Traknus Contact Center di nomor 1500-072.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com