Advertorial

130 Anggota PPK Dilantik, Bupati Klaten Pesan Jaga Kelancaran Pilkada 2024

Kompas.com - 16/05/2024, 20:57 WIB

KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten melantik 130 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Pendapa Ageng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (16/5/2024).

Para anggota PPK tersebut akan bertugas menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Klaten Primus Priono memimpin langsung pelantikan anggota PPK terpilih. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa seluruh anggota PPK itu telah melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat.

“Pemilihan anggota PPK tidak hanya berdasarkan hasil tes, tetapi juga mempertimbangkan keterwakilan perempuan, disabilitas, agama, dan kekuatan sosial di tengah masyarakat,” jelas Primus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Setelah dilantik, seluruh anggota PPK akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) selama dua hari, yaitu pada Sabtu (18/5/2024) dan Minggu (19/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan mereka memahami tugas dan tanggung jawabnya pada penyelenggaraan Pilkada 2024 secara profesional.

“Materi orientasi meliputi kepemimpinan, kelembagaan, tata kerja dan hubungan antar lembaga, kode etik penyelenggara, tata kelola data pemilih, dasar-dasar teknis pemilihan pilkada, serta lain-lain,” papar Primus.

Pada kesempatan itu, Bupati Klaten Sri Mulyani turut memberikan pesan kepada anggota PPK terpilih melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Jajang Prihono.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Jajang, Bupati mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Klaten untuk bersama-sama menjaga kelancaran Pilkada 2024.

“Saya tidak ingin perbedaan pilihan politik memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai perbedaan pilihan membuat kita bertengkar. Persatuan dan keutuhan adalah kunci utama untuk mewujudkan visi membangun Kabupaten Klaten Maju, Mandiri, dan Sejahtera,” tutur Jajang membacakan pesan Bupati.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com