Advertorial

Tri Tito Karnavian Laporkan Capaian Pelaksanaan Program PKK di HKG PKK Ke-52

Kompas.com - 17/05/2024, 17:44 WIB

KOMPAS.com - Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ke-52 Tahun 2024 dan Jambore Nasional PKK sukses digelar di Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng).

Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian pun menyampaikan laporan capaian pelaksanaan program pokok PKK kepada Pelindung Utama PKK Iriana Widodo dan Pelindung PKK Wury Ma’ruf.

Dalam laporan tersebut, Tri mengatakan bahwa hingga 2024, program tersebut berjalan secara optimal. Capaian ini bisa diraih berkat dukungan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK dan ditindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2020.

"Berkat Perpres, kegiatan-kegiatan PKK dapat mencapai target lewat kerja sama seluruh pihak. Terutama, pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota," ujar Tri dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/5/2024).

Tri menambahkan, PKK telah berperan aktif dalam melaksanakan perencanaan program ketertiban administrasi dan pelaporan kegiatan.

Selain itu, program keluarga sehat tanpa narkoba, kegiatan keluarga Indonesia sadar administrasi kependudukan, serta program penanaman unggul pada anak untuk mencapai generasi emas.

Ada pula program pembinaan terhadap industri rumahan untuk mencapai ketahanan ekonomi keluarga.

"Program lain adalah membantu penurunan angka stunting melalui pemberian makanan tambahan dan pemanfaatan pekarangan dengan menanam tanaman yang membantu keluarga," sambungnya.

Tri melanjutkan, pihaknya juga telah membantu melaksanakan kegiatan penurunan angka inflasi melalui gerakan menanam cabai.

"Kami telah meningkatkan keterampilan tentang pelaksana rumah tangga serta harmonisasi keluarga melalui keluarga Indonesia sejahtera dan harmonis," paparnya.

Tri juga menyampaikan, pelaksanaan program keluarga sehat dan tangguh bencana melalui tiga proyek peduli stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta peduli kesehatan ibu dan anak (KIA).

"Sembilan capaian itu telah memilih sembilan provinsi terbaik dalam pelaksanaannya," kata Tri.

Pada HKG 2024 juga disertai pemberian penghargaan Adhi Bhakti yang meliputi Adhi Bhakti Utama, Madya, dan Pratama. Penghargaan Adhi Bhakti Utama diberikan untuk masing-masing provinsi satu orang.

Ada juga penyematan pin emas penghargaan kepada para pihak yang telah berbakti hingga 30-50 tahun pengabdian sebagai kader PKK dan pengumuman pemenang lomba-lomba yang diikuti kader PKK dalam Jambore Nasional PKK 2024.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com