Advertorial

Telkomsel Gelar NextDev Summit 2024, Dukung Startup Berdampak Positif

Kompas.com - 17/05/2024, 20:26 WIB

KOMPAS.com – Telkomsel menutup rangkaian program corporate social responsibility (CSR) NextDev dengan acara puncak NextDev Summit 2024 yang digelar di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Acara itu menjadi wadah bagi para pegiat startup untuk bersama-sama menginspirasi dan mendorong kemajuan ekosistem inovasi solusi digital yang memberikan dampak positif secara berkelanjutan. Selain itu, juga menjadi panggung bagi nominasi Best of The Best NextDev Startup 2024.

Sejalan dengan langkah Telkomsel dalam menciptakan dampak sosial melalui proses bisnis berkelanjutan yang mengedepankan prinsip environmental, social, and governance (ESG), NextDev Summit 2024 mengusung tema “Embracing Tech for Sustainable Impacts”.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya Telkomsel melalui impact incubator NextDev untuk memperkuat fundamental dari startup tahap awal.

Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki H Bramono menyampaikan, pihaknya terus berupaya menciptakan dampak sosial dengan memberdayakan masyarakat melalui proses bisnis berkelanjutan yang selaras dengan prinsip ESG.

NextDev Summit 2024, lanjut Saki, adalah bukti nyata dari komitmen tersebut dengan mendukung pertumbuhan startup tahap awal dan ekosistem pendukungnya secara inklusif dan berkelanjutan.

“Dengan menampilkan inovasi hasil inkubasi, mengadakan sesi konferensi, serta membuka lebih banyak peluang relasi baru, kami berharap NextDev Summit dapat mendorong pemanfaatan teknologi terkini yang berdampak positif bagi kemajuan negeri,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/5/2024).

NextDev Summit 2024 menghadirkan berbagai kegiatan serta sejumlah pakar terkemuka dan alumni untuk berbagi pengalaman mengembangkan potensi bisnis startup.

NextDev Summit 2024 menghadirkan sejumlah pakar terkemuka dan alumni NextDev untuk berbagi pengalaman mengembangkan startup, termasuk dalam Inspiring Expert, NextDev Talks, NextDev Reunion, Business Matching, dan Power Lunch Dok. Telkomsel NextDev Summit 2024 menghadirkan sejumlah pakar terkemuka dan alumni NextDev untuk berbagi pengalaman mengembangkan startup, termasuk dalam Inspiring Expert, NextDev Talks, NextDev Reunion, Business Matching, dan Power Lunch

Kegiatan itu mencakup sesi seminar dan diskusi di Inspiring Expert, NextDev Talks, dan NextDev Reunion; acara berjejaring startup dan investor di Business Matching dan Power Lunch; hingga rangkaian Demo Day, Top 4 Pitching NextDev 2024, dan Winner Announcement.

NextDev Summit 2024 merupakan puncak dari rangkaian program impact startup incubator NextDev yang meliputi pencarian talenta startup (NextDev Talent Scouting), program inkubasi (NextDev Academy), dan Final Pitching di NextDev Summit.

Pada Final Pitching di NextDev Summit 2024, 9 startup finalis yang telah mengikuti serangkaian sesi inkubasi NextDev Academy dan terbagi ke dalam empat kategori, yaitu Digital Lifestyle, Commerce Enablement, Emerging Technologies, dan Digital Food Ecosystem.

Aifarm dengan solusi proses end-to-end untuk meningkatkan pertumbuhan dan efektivitas sektor peternakan kambing perah, dinilai telah mengalami perkembangan dan pencapaian paling signifikan sepanjang periode program dan berhak mendapatkan gelar Best of The Best NextDev Startup 2024. 

Smartcoop juga dinobatkan sebagai “Runner Up” dengan solusi software terlengkap pengelolaan bisnis koperasi profesional, mulai dari pencatatan sampai laporan keuangan.

"Selamat atas terpilihnya Aifarm dan Smartcoop sebagai startup terbaik di NextDev 2024. Semoga inovasi solusi digital yang telah bertumbuh bersama NextDev dan rekan-rekan startup dapat terus serentak berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia," ujar Saki.

Startup Smartcoop menjadi Runner Up NextDev 2024. Seluruh inovasi solusi digital yang telah bertumbuh bersama NextDev dan rekan-rekan startup diharapkan dapat terus serentak berkembang berikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia Dok. Telkomsel Startup Smartcoop menjadi Runner Up NextDev 2024. Seluruh inovasi solusi digital yang telah bertumbuh bersama NextDev dan rekan-rekan startup diharapkan dapat terus serentak berkembang berikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia

Ke depan, imbuhnya, Telkomsel melalui NextDev akan terus hadir mendorong perkembangan startup dan konsisten berupaya menghadirkan bantuan dan pendampingan yang sesuai kebutuhan, seperti melalui pendampingan bisnis, peningkatan kapabilitas, serta peluang kolaborasi bersama ekosistem digital Telkomsel.

NextDev merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel yang mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, corporate venture capital Telkomsel Ventures, sampai dengan digital business portfolio holdingand platform company INDICO.

Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini ditujukan untuk mengembangkan inovasi bersama para pemangku kepentingan yang dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.

Informasi selengkapnya tentang NextDev Summit 2024 dapat diakses di summit.nextdev.co.id

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com