Advertorial

Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya TV QLED, OLED, dan LED

Kompas.com - 20/05/2024, 13:21 WIB

KOMPAS.com – Di era yang serbacanggih seperti saat ini, keberadaan televisi (TV) berkualitas tinggi yang dilengkapi teknologi terkini kian diminati banyak orang.

Selain untuk menambah kenyamanan hiburan di rumah, perangkat tersebut juga digemari lantaran mampu menghadirkan pengalaman menonton yang imersif.

Meski begitu, sebagian orang kerap kebingungan untuk memilih perangkat TV. Ini lantaran TV yang ada di pasaran memiliki beragam jenis dan spesifikasi.

Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mempelajari berbagai jenis TV yang ada sebelum membelinya agar perangkat yang dimiliki mampu menghadirkan kenyamanan maksimal.

Dari perspektif layar, TV terbagi ke dalam tiga jenis, yakni quantum light-emitting diode (QLED), organic light-emitting diode (OLED), dan light-emitting diode (LED). Apa perbedaannya? Berikut adalah ulasannya.

  1. TV QLED

TV ini memiliki layar dengan teknologi quantum dot yang merupakan bahan semikonduktor berukuran skala nano.

Setiap titik kuantum dirancang untuk menghasilkan warna cahaya yang berbeda karena ukuran partikelnya dapat menyesuaikan dengan kecepatan tingkat kuantum.

Berkat itu, TV tersebut mampu menghasilkan emisi cahaya yang akurat dan efisien. Bahkan, warna TV QLED bisa semakin kaya saat tingkat kecerahannya berada di rentang 1.500 hingga 2.000 nits.

Bagian terang dan gelap dari sebuah video atau gambar dapat disajikan secara luas atau biasa disebut high dynamic range (HDR).

Salah satu produk yang menggunakan teknologi ini adalah TV TCL QLED. TV ini menawarkan gambar yang tajam dengan warna yang lebih luas, cerah, dan tajam.

  1. TV OLED

TV OLED mampu menghasilkan gambar dengan menggunakan self-lit pixels untuk memancarkan cahayanya sendiri. Teknologi ini hadir dengan lapisan tipis bahan organik yang ditempatkan di antara dua elemen konduksi.

Saat menampilkan warna hitam, OLED biasanya akan mematikan piksel pada TV agar gambar terlihat jauh lebih gelap.

Tingkat kehitaman pada TV tersebut bahkan jauh lebih pekat dibanding TV LED dan QLED. Dari segi warna pun TV OLED mampu memberikan kontras yang amat baik.

Selain warna, keunggulan lain dari TV OLED adalah masa pakainya yang cukup panjang, yakni lebih dari 45.000 jam.

Oleh karena itu, jika mencari TV dengan kualitas gambar dan durabilitas tinggi, TV OLED bisa menjadi pilihan.

  1. TV LED

TV LED adalah TV dengan teknologi tampilan yang paling sederhana. Harganya pun jauh lebih terjangkau dari TV QLED ataupun OLED.

Untuk TV LED 24 inch, misalnya. Dengan layar sebesar itu, Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp 700.000-an.

Meski murah, tak berarti TV LED memiliki kualitas TV QLED dan OLED. Untuk diketahui, TV LED memiliki daya tahan yang jauh lebih baik, yaitu lebih dari 75.000 jam.

Kelebihan lain yang dimiliki TV LED adalah perawatannya yang mudah. Selain itu, TV jenis ini juga punya desain yang ringan dan tipis.

Itu tadi sejumlah jenis TV yang ada di pasaran. Pastikan Anda memilihnya sesuai kebutuhan agar Anda terhindar dari pengeluaran yang tak dibutuhkan.

Agar pengalaman menonton semakin menyenangkan, Anda bisa mencari TV yang dilengkapi dengan sistem operasi Android.

Dengan sistem operasi tersebut, Anda bisa mendapatkan akses ke Google Play Store untuk mengunduh berbagai aplikasi, game, dan layanan streaming.

Berkat itu, kesenangan di rumah akan semakin lengkap karena Anda dapat menikmati banyak hiburan.

Sebagai informasi, Anda bisa membeli semua jenis TV tersebut secara offline ataupun online melalui platform Tokopedia.

Platform tersebut menyediakan banyak jenis TV mulai dari TV QLED, OLED, LED, hingga TV Android 32 inch.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com