Advertorial

Tabungan BRI Junio, Langkah Pertama Anak dalam Dunia Investasi

Kompas.com - 20/05/2024, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Masa kanak-kanak merupakan waktu tepat untuk mengajarkan nilai-nilai positif. Salah satu hal penting yang kerap terlewat adalah tentang investasi.

Sayangnya, banyak orangtua menganggap topik tersebut terlalu rumit bagi anak. Padahal, selama dijelaskan dengan pendekatan yang tepat dan sederhana, mereka akan bisa mengerti.

Mengenalkan konsep dasar investasi sedari dini pada anak memberikan beragam manfaat dalam hal pengelolaan keuangan di masa depannya. Mereka akan mengerti cara menggunakan uang dan cara uang bekerja untuk mereka.

Tidak sekadar soal keuntungan, mengenalkan anak pada investasi juga turut membangun rasa tanggung jawab, disiplin, dan kemandirian. Pada akhirnya, anak diharapkan bisa menjadi lebih siap dalam menghadapi berbagai situasi keuangan di masa depan dengan bekal literasi tersebut.

Untuk memulai, orangtua bisa mengenalkan konsep investasi melalui kegiatan menabung. Ini adalah langkah sederhana yang mudah dipahami anak-anak.

Menabung tidak hanya mengajarkan mereka untuk menyisihkan sebagian uang jajan, tetapi juga memberikan pelajaran awal tentang nilai uang dan cara kerja bunga.

Guna memudahkan praktik menabung, orangtua bisa menggunakan rekomendasi tabungan anak, Tabungan BRI Junio. Tabungan ini dirancang khusus untuk anak-anak dengan berbagai manfaat yang mendukung kegiatan belajar menabung dan investasi.

Dengan suku bunga kompetitif dan kemudahan bertransaksi online melalui ATM dan BRImo, Tabungan BRI Junio menjadi pilihan yang tepat untuk mengenalkan konsep finansial pada anak. Apalagi, Tabungan BRI Junio bebas biaya administrasi bulanan yang bikin tabungan anak makin cuan.

Pembukaan rekening Tabungan BRI Junio juga sangat mudah, bahkan bisa dilakukan secara online melalui BRImo yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Dengan setoran awal yang terjangkau, hanya Rp 100.000, anak-anak bisa memiliki buku tabungan dan Debit berchip dengan desain menarik. Hal ini akan menambah semangat mereka untuk menabung.

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuka rekening Tabungan BRI Junio melalui aplikasi BRImo.

  1. Buka BRImo dan log in
  2. Ketuk tombol “Rekening Lain” dan “Buka Rekening Baru”.
  3. Pilih produk tabungan dan ketuk opsi “Tabungan BRI Junio”. Baca penjelasan, keuntungan, dan syaratnya dengan saksama, ketuk “Pilih Rekening”.
  4. Pilih kantor cabang BRI yang akan menerbitkan sekaligus mengelola rekening. Pilihlah yang dekat dengan kediaman Anda.
  5. Setelah memilih kantor cabang BRI, Anda akan diarahkan ke halaman informasi data anak. Isi seluruh data yang diminta, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, hingga nomor Kartu Keluarga (KK), hingga tujuan pembuatan rekening.
  6. Pilih “Lanjutkan”, pembuatan rekening pun selesai.

-Dok. BRI -

Selain dengan menabung, mengenalkan investasi pada anak juga bisa dilakukan dengan bantuan alat permainan edukatif. Contohnya, monopoli atau ular tangga untuk mengajarkan konsep investasi dan resikonya. Dengan cara tersebut, anak bisa belajar investasi secara interaktif dan menyenangkan.

Pelajaran tentang investasi juga bisa didapat lewat buku. Sudah banyak buku-buku anak yang membahas topik tersebut dengan visual yang menarik. Bila anak belum bisa membaca, orangtua bisa membantunya dengan menceritakan isi buku.

Opsi lain yang lebih menarik, orangtua bisa memutarkan video-video edukasi yang membahas seputar keuangan untuk anak.

Sebagai role model anak, orangtua juga berperan memberikan contoh yang baik. Tunjukkan kepada mereka Anda juga rajin menabung dan berinvestasi. Jelaskan alasan Anda melakukannya agar anak semakin terpacu mengikuti kebiasaan baik tersebut.

Nah jadi tunggu apalagi, yuk segera kenalkan investasi kepada anak dengan Tabungan BRI Junio. Buka Tabungan BRItama Junio via BRImo sekarang karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

Yuk, download BRImo di Google Play Store , App Store, dan Huawei AppGallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan dalam genggaman! Dengan BRImo, transaksi jadi lebih gampang dan satset karena #BRImoMudahSerbaBisa.

#TabunganBRIPasBuatmu #TabunganBRIJunio #TabunganAnak #BRImoMudahSerbaBisa

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com