Advertorial

Layani Korban Banjir Bandang Sumbar, Baznas Hadirkan Mobil Dapur Umum dan Mobil Klinik

Kompas.com - 20/05/2024, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menghadirkan inovasi dalam memberikan layanan kepada para mustahik.

Salah satu inovasi tersebut adalah Mobil Dapur Umum dan Mobil Klinik untuk melayani penyintas korban banjir bandang Sumatera Barat (Sumbar).

Kedua inovasi tersebut disambut positif Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy saat berkunjung ke Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum mengatakan, Mobil Dapur Umum merupakan inovasi yang dihadirkan guna melayani kebutuhan makanan segar bagi korban dan penyintas banjir bandang Sumbar.

"Mobil tersebut didesain khusus dapat bergerak dan berpindah-pindah ke lokasi bencana, terutama yang sulit dijangkau dalam melayani mustahik," ujar Mahdum dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (20/5/2024).

Sementara itu, lanjutnya, Mobil Klinik dihadirkan untuk memberikan layanan kesehatan optimal kepada para mustahik yang sakit di lokasi pengungsian.

"Mereka tidak harus datang ke Baznas. Sebaliknya, kami langsung mendatangi dan memberikan pelayanan kesehatan untuk para mustahik, khususnya di pengungsian," jelasnya.

Selain itu, sambung Mahdum, Mobil Klinik juga dapat melayani konsultasi dan layanan kesehatan.

"Mustahik dapat melakukan pemeriksaan, mulai cek darah, tensi, hingga infus di Mobil Klinik Baznas," imbuhnya.

Mobil Klinik persembahan Baznas RI untuk penyintas korban bencana banjir bandang Sumbar.Dok. Baznas RI Mobil Klinik persembahan Baznas RI untuk penyintas korban bencana banjir bandang Sumbar.

Pada kesempatan sama, Deputi II Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat menjelaskan, Mobil Klinik tidak hanya diperuntukan di satu lokasi, tetapi juga dapat berpindah sesuai kebutuhan dan tempat mustahik berada.

Dengan begitu, para pengungsi ataupun mustahik yang tidak memungkinkan datang ke Baznas bisa dikunjungi petugas Baznas di lapangan.

“Tujuan dihadirkannya Mobil Klinik tak lain adalah untuk memudahkan mustahik dalam mendapatkan hak-hak dasar kesehatan di daerah pengungsian,” katanya.

Berkat fasilitas tersebut, mustahik dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan lebih cepat dan mudah.

“Baznas berupaya memberikan layanan-layanan terbaik bagi para korban terdampak bencana alam," ujarnya.

Untuk diketahui, Baznas telah menggelar beberapa kegiatan untuk membantu banjir bandang Sumbar.

Salah satunya adalah mendirikan dapur umum. Fasilitas ini menyediakan lebih dari 1.400 porsi makanan setiap hari di beberapa wilayah, termasuk di Sungai Pua, Kampung Kubu Tengah, Nagari Koto Baru, Koto Tuo.

Selain mendirikan dapur umum, Baznas turut melakukan pencarian korban banjir bandang di Sungai Pua serta mendirikan dapur air di Kampung Kubu Tengah, Jorong Galuan, Desa Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, guna memastikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Tim Baznas juga menyalurkan selimut dan sembako, serta memfasilitasi pembuatan jembatan darurat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com