Advertorial

Gen Z Ingin Wujudkan Rumah Impian, Ini 4 Tip yang Bisa Diterapkan

Kompas.com - 20/05/2024, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Gaji pas-pasan ditambah gaya hidup konsumtif disebut-sebut jadi alasan generasi milenial (lahir tahun 1981-1996) dan generasi Z atau Gen Z (lahir tahun 1997 hingga 2012) sulit memiliki rumah. Bahkan, survei Bank Indonesia (BI) menyebutkan, sebanyak 81 juta orang generasi milenial belum punya rumah sendiri. 

Masih dari survei yang sama, tercatat sebanyak 56,6 persen milenial dan Gen Z tidak mengalokasikan uangnya untuk menabung. Mereka cenderung lebih sering menyisihkan uangnya untuk menabung. Hal ini seringkali membuat tabungan mereka akan terus tergerus dan cenderung lama terkumpulnya.

Meski begitu, bukan berarti keinginan mereka, khususnya Gen Z untuk memiliki hunian impian sirna begitu saja. Dalam siaran persnya, Sabtu (18/5/2024), Bank Republik Indonesia atau BRI memberikan tips kepada Gen Z agar bisa mewujudkan keinginannya punya rumah impian.

  1. Periksa gaya hidup dan pengeluaran

Langkah pertama adalah mengevaluasi gaya hidup konsumtif dan mulai mengidentifikasi pengeluaran mana saja yang dapat dikurangi.

Selanjutnya, fokus pada kebutuhan esensial dan kurangi pengeluaran yang tidak mendesak tapi kerap menjadi kebiasaan, seperti ngopi di cafe-cafe mewah dan membeli barang secara impulsif.

Mengurangi bukan berarti tidak sama sekali. Dengan me-review pengeluaran, kamu bisa membagi berapa banyak uang yang dapat digunakan untuk hiburan tanpa perlu mengganggu dana yang sudah dialokasikan untuk investasi dan menabung.

  1. Mencoba side jobuntuk menambah penghasilan

Selain membatasi pengeluaran, mencoba side job atau pekerjaan tambahan dapat menjadi strategi efektif untuk menambah penghasilan dan menaikkan jumlah saldo tabungan.

Saat ini, peluang mendapatkan side job cukup mudah, mulai dari menjadi content creator, penulis, hingga ilustrator yang dapat menambah pemasukan dan mempercepat impianmu memiliki hunian impian.

  1. Mencari hunian terjangkau

Tak kalah penting, mulailah mencari tahu atau riset sederhana terkait hunian harga terjangkau. Caranya mudah, cukup berselancar di ranah maya di platform properti di daerah hunian yang kamu inginkan. Misalnya, melalui Homespot.id.

Rumah baru atau rumah bekas dapat menjadi pilihan untuk mewujudkan hunian impian. Namun, pastikan harganya terjangkau sesuai kemampuan finansialmu, ya.

-Dok. BRI -

  1. Menghadiri pameran properti

Cara lain yang tak kalah penting adalah rajin menghadiri pameran properti. Di sana kamu dapat bertemu dengan berbagai pengembang yang memamerkan ragam produk hunian sesuai dengan bujet.

Untuk diketahui, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menggelar property expo BRI REI Expo Bali 2024 di Main Atrium Living World Mall Denpasar mulai Jumat (17/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024).

BRI REI Expo 2024 digelar bekerja sama antara BRI dengan Real Estate Indonesia (REI) Bali.

Kamu dapat mengunjungi pameran tersebut untuk menilik rumah yang diimpikan serta mewujudkannya. Tidak hanya itu, dalam pameran tersebut kamu dapat mencari informasi seputar properti.

Sedikitnya terdapat 23 pengembang (developer) yang turut berpartisipasi dalam BRI REI Expo Bali 2024.

Produk yang ditawarkan terdiri dari 450 rumah subsidi dan 850 hunian komersil yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali. Adapun harga rumah subsidi Rp 185 juta dan komersil di atas Rp 2 miliar. 

Selain bisa melihat pameran properti dan mendapat penawaran spesial dari BRI, kamu yang mengajak si Kecil juga bisa menikmati edutainment, seperti mengamati talkshow, melihat cosplay, serta mengikutsertakan si kecil lomba menggambar dan mewarnai.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai BRI REI Expo Bali 2024, cek di sini.

Selain itu, ada pula K-Pop dance dan music performance. Sejumlah bintang yang hadir dalam gelaran tersebut, yakni Pongki Barata, Crazy Horst, dan Jun Bintang.

Penawaran Spesial KPR BRI

Pada gelaran BRI REI Expo 2024, KPR BRI hadir dengan menawarkan sejumlah keuntungan yang dapat dinikmati nasabah, di antaranya suku bunga mulai 3,25 persen fixed 1 tahun, diskon biaya provisi dan administrasi, serta instant approval.

Selain itu, ada pula hadiah langsung hingga Rp 1 juta yang bisa diperoleh nasabah yang bisa approved saat pameran digelar.

Kemudahan pengajuan KPR BRI juga disajikan melalui Homespot yang merupakan platform one stop housing ecosystem. Tidak hanya itu, calon debitur mengajukan KPR melalui Homespot.id akan mendapatkan gratis biaya administrasi dan provisi,

Dapatkan pula promo diskon hingga 35 persen menggunakan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan juga BRImo di merchant BRI Living world Denpasar.

Untuk informasi promo, klik di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com