Advertorial

Pimpin Rakor Awal, Pj Gubernur Sulsel Bagikan Visi Bersama untuk Bahagiakan Masyarakat

Kompas.com - 20/05/2024, 21:27 WIB

KOMPAS.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Profesor Zudan Arif Fakrulloh memimpin rapat koordinasi awal di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (20/5/2024).

Selain rapat, momen tersebut juga jadi ajang perkenalan dan silaturahmi antara kepala perangkat daerah di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Pada pertemuan itu, Zudan meminta dukungan serta doa dari semua kepada daerah yang hadir. Ia juga membagikan visi Pemprov Sulsel yang fokus pada percepatan penyelesaian masalah dan pelayanan agar masyarakat bisa bahagia dan sejahtera.

Selain menyejahterakan masyarakat, Zudan juga menekankan pentingnya bergerak cepat dalam menghadapi perubahan teknologi.

“Pendekatannya adalah bagaimana seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di pemerintah provinsi bersama jajaran di kabupaten bisa mendorong untuk membahagiakan masyarakat. Caranya bisa melalui program-program yang mencakup pendidikan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan, dan ketahanan pangan,” ujar Zudan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Zudan menambahkan bahwa saat ini, program prioritas yang ada pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) akan diperkuat melalui penajaman-penajaman program.

Sebab, ia ingin pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel bisa berjalan secara berkelanjutan.

Terkait dengan kinerja para pendahulunya, Zudan mengakui sangat menghargai semua karya-karya mereka.

"Bisa jadi yang kita nikmati sekarang adalah karya Pak Amin Syam, dilanjutkan Pak Syahrul, Penjabat Soni Sumarsono, Pak Nurdin, Pak Andi Sudirman, Mas Bahtiar, dan saya," kata Zudan.

Dalam melanjutkan program yang relevan, tambah Zudan, hal itu ibarat membangun sebuah bangunan. Setiap langkahnya membutuhkan kerja sama dan penghargaan terhadap pendahulu.

"Ibarat bangunan, saya ada di batu bata kesekian. Kita tidak akan ada di batu yang tinggi tanpa batu bata sebelumnya. Jadi, kita harus berterima kasih pada pendahulu kita dan hormati semua pimpinan," jelasnya.

Terkait fokus saat ini, Pemprov Sulsel tengah mendorong terjadinya peningkatan pelayanan publik dengan menerapkan tanda tangan elektronik.

Sulsel pun siap berlari cepat berkat karena diisi banyak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan infrastruktur yang baik.

“Dalam menyambut pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) juga telah siap. Untuk aparatur sipil negara (ASN), terpenting itu netralitas dan profesionalisme dalam melayani tanpa diskriminasi serta menghindari kebijakan yang menguntungkan pasangan calon tertentu,” terang Zudan.

Pj Gubernur Sulsel Profesor Zudan Arif Fakrulloh. Dok. Pemprov Sulsel Pj Gubernur Sulsel Profesor Zudan Arif Fakrulloh.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com