Advertorial

Ribuan Pelajar Kabupaten Klaten Semarakkan Gebyar Inovasi Pendidikan 2024

Kompas.com - 21/05/2024, 19:35 WIB

KOMPAS.com - Ribuan pelajar se-Kabupaten Klaten menyemarakkan Gebyar Inovasi Pendidikan Batch 2 yang digelar di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (21/5/2024). Kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Klaten.

Gebyar Inovasi Pendidikan terasa meriah kala Bupati Klaten Sri Mulyani meluncurkan buku karya terbaru inovasi pendidikan Kabupaten Klaten.

Tak hanya itu, ada pula kegiatan pentas seni pelajar, bazar 26 koordinator wilayah pendidikan, serta bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dalam sambutannya, Bupati Klaten yang diwakili Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya mengatakan bahwa Gebyar Inovasi Pendidikan Kemilau Hardiknas 2024 menyajikan beragam pameran pendidikan dan menjadi ajang promosi sekolah.

“Saya berharap, kita semua dapat terinspirasi untuk terus mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif. Mari manfaatkan momentum ini untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Dengan begitu, dapat mendorong terciptanya lingkungan pendidikan yang kondusif dan inovatif,” ujar Yoga dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (21/5/2024).

Untuk diketahui, acara tersebut turut dihadiri Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jateng, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP dan SMA, serta guru SD, SMP, SMA/SMK.

Pada kesempatan itu, Yoga mengajak para pendidik untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengajar. Ia juga meminta para siswa untuk terus belajar dan berusaha.

-Dok. Pemkab Klaten -

“Jadilah pelopor inovasi karena kalian yang akan membawa perubahan bagi Indonesia yang lebih baik,” kata Yoga.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Titin Widiyarsih mengatakan, acara tersebut memberikan kesempatan bagi seluruh jenjang pendidikan untuk berinovasi dalam pendidikan.

“Selain itu, (acara tersebut digelar) guna memperkuat kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat, serta memperkuat kesadaran insan pendidikan sekaligus memeriahkan Hardiknas 2024,” jelas Titin.

Titin menyebut peserta Gebyar Inovasi Pendidikan Batch 2 berasal dari 26 Korwil Pendidikan, yakni MKKS SMA/ SMK dan SMP, K3 SD, UMKM Kabupaten Klaten, Guru Penggerak, dan SD Integritas.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa kepada perwakilan siswa penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan jumlah total penerima 47.821 ribu siswa, serta beasiswa siswa inklusi Dinas Pendidikan Klaten sejumlah 30 siswa.

Acara berlangsung hingga pukul 21.00 WIB dengan unjuk bakat siswa-siswi juara tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, dan internasional.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com