Advertorial

Transaction Banking dan Bisnis Treasury BRI Sabet 2 Penghargaan Internasional dari The Asset Triple A

Kompas.com - 22/05/2024, 14:10 WIB

KOMPAS.com – Kinerja bisnis transaction banking dan treasury PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus diakui dunia internasional.

Terbaru, BRI dinobatkan sebagai Best Service Provider–Transaction Bank dan Best in Treasury and Working Capital-SMEs untuk region Indonesia dalam ajang The Asset 25th Anniversary: Triple A Treasurise Award yang diselenggarakan di Hong Kong, Selasa (14/5/2024).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Wholesale Banking and Institution BRI Agus Noorsanto dan Senior Executive Vice President (SEVP) Treasury and Global Service BRI Achmad Royadi.

Agus Noorsanto mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut memacu BRI untuk terus meningkatkan produk dan layanan transaksi perbankan.

“Untuk terus memacu transaksi, BRI berkomitmen memperbarui layanan dengan kualitas kelas dunia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/5/2024).

BRI terus berinovasi melalui berbagai bentuk layanan, seperti integrated solution platform atau platform solusi terintegrasi, yaitu QLola by BRI yang memudahkan nasabah mengakses berbagai produk dan layanan wholesale serta nonindividu dengan hanya satu kali login atau single sign-on access.

Pada kuartal I-2024, volume transaksi cash management BRI tumbuh 32,94 persen year-on-year (YoY), sedangkan volume trade finance bank plat merah ini tumbuh 102,24 persen YoY. Pertumbuhan tersebut antara lain didukung oleh diluncurkannya platform solusi terintegrasi bagi nasabah-nasabah wholesale yaitu QLola by BRI.

Di sisi lain, BRI terus mendorong aktivitas bisnis treasury pada security market dan foreign exchange market untuk menjaga tingkat profitabilitas dan market share.

Pada 2023, bisnis treasury BRI mengalami peningkatan yang ditandai dengan kenaikan market share foreign exchange menjadi 11,22 persen dari 11,08 persen pada 2022.

BRI mendapatkan apresiasi nasional

Dalam bisnis surat berharga, BRI mendapatkan apresiasi nasional atas peran aktif treasury BRI dalam menjadi market maker baik di pasar perdana maupun sekunder dalam penjualan surat berharga negara (SBN).

Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan BRI menyabet enam penghargaan bergengsi dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) dengan predikat sebagai Dealer Utama Terbaik.

BRI juga memiliki portofolio environmental, social, and corporate governance (ESG) yang kuat sebagai upaya dan komitmen untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

Hal itu tercermin pada portofolio pembiayaan pada sektor berkelanjutan kuartal-I 2024 sebesar 66,2 persen dari total kredit.

Dari sisi liabilitas, BRI juga memiliki pendanaan yang berkelanjutan atau ESG-based funding pada instrumen Sustainability Bond (2019), Sustainability-Linked Loan (2022), MTN Inklusif (2022), Green Bond (2022 dan 2023), dan ESG Repo (2023).

Portofolio ESG tersebut juga menjadi media BRI dalam mempromosikan langkah-langkah kinerja atas penerapan ESG kepada publik, terutama stakeholders, sehingga akan berpengaruh pada peningkatan nilai perusahaan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com