Advertorial

Beri Pilihan Metode Pembayaran Lengkap, Begini Cara Daftar Jadi Merchant BRI

Kompas.com - 25/05/2024, 15:14 WIB

KOMPAS.com – Pilihan metode pembayaran menjadi salah satu faktor penentu konsumen untuk bertransaksi, selain promo yang disediakan merchant. Apalagi, selepas pandemi Covid-19, konsumen mulai terbiasa dengan pembayaran cashless atau nontunai.

Berdasarkan riset bertajuk Visa Consumer Payment Attitudes 2023, pembayaran melalui dompet digital mengalami kenaikan drastis sebesar 92 persen. Gaya hidup nontunai ini didorong oleh gen Z sebanyak 76 persen dan gen Y atau milenial sebanyak 69 persen.

Dari segi merchant, masih dari riset yang sama, sektor makanan dan minuman merupakan penerima pembayaran nontunai terbesar, yakni 82 persen, disusul toko serbaada (81 persen) dan supermarket (77 persen).

Melihat kondisi tersebut, penyediaan metode pembayaran nontunai menjadi hal mutlak bagi merchant. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah menjadi Merchant BRI.

Keuntungan jadi Merchant BRI

Dengan menjadi Merchant BRI, pengusaha bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Pertama, kemudahan transaksi. BRI memberikan berbagai kemudahan sesuai dengan kebutuhan merchant melalui berbagai fasilitas pembayaran, seperti EDC Android, QRIS, akseptasi pembayaran secara online, baik yang sudah memiliki website maupun belum (payment link).

Kedua, menerima semua jenis pembayaran. BRI menyediakan semua jenis pembayaran bagi mitra merchant, yakni kartu debit dan kartu kredit berlogo Visa, Mastercard, JCB & private label BRI (GPN), Kartu BRIZZI, QRIS, dan online acquiring.

Ketiga, meningkatkan daya saing. Dengan menerima segala jenis pembayaran, merchant dapat meningkatkan daya saing usaha dan sekaligus nilai tambah di mata konsumen. 

Keempat, merchant dapat mengelola keuangan secara lebih baik karena tiap transaksi nontunai tercatat pada aplikasi BRImerchant. Lewat aplikasi yang bisa diunduh di Play Store dan App Store itu, merchant bisa melihat riwayat transaksi serta mengunduh laporan transaksi mulai harian hingga 1 bulan.

Untuk diketahui, BRI menyediakan tiga produk bagi mitra merchant, yakni Electronic Data Capture (EDC) + QRIS Dinamis BRI, QRIS Statis, serta Online Acquiring BRI. Mesin EDC dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit, kartu prepaid, serta QRIS. 

Mesin EDC tersebut juga bisa mengeluarkan kode QRIS dinamis. Dengan QRIS dinamis, pembeli tinggal memindai kode QR dari mesin EDC. Nominal yang harus dibayar sudah otomatis masuk saat hendak menyelesaikan pembayaran.

Untuk QRIS statis, merchant akan mendapatkan kode QRIS yang dibantu oleh BRI. Kode ini bisa dipajang atau ditempel di tempat usaha merchant. Pembeli pun tinggal memindai kode tersebut serta memasukkan nominal dan PIN untuk menyelesaikan transaksi.

Sementara itu, Online Acquiring BRI merupakan salah satu metode akseptasi transaksi secara online menggunakan nomor kartu debit dan kartu kredit (card not present), baik dari BRI maupun bank lain, dengan lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Cara jadi Merchant BRI

Untuk jadi merchant BRI, Anda bisa mendaftar dengan mudah. Anda bisa mendaftar lewat BRImo atau langsung mengunjungi tautan https://jadimerchant.bri.co.id/jadi-merchant.

Isi formulir yang tersedia di laman itu secara teliti dan klik daftar. Setelah itu, pihak BRI menghubungi kamu untuk konfirmasi.

Tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang jadi merchant BRI untuk rasakan kemudahan pengelolaan dan monitoring usaha.

#JadiMerchantBRI #MerchantBRI #EDCBRI #QRISBRI #OnlineAcquiringBRI #MudahTransaksi

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com