Advertorial

ISIntegrasi dan IFS Hadirkan Solusi Enterprise Asset Management untuk Migas di IPA Convex

Kompas.com - 27/05/2024, 10:00 WIB

KOMPAS.com – Ajang tahunan industri minyak dan gas (migas) terbesar, IPA Convex, sukses digelar di ICE BSD, Tangerang, pada Selasa (14/5/2024) hingga Kamis (16/5/2024).

Terdapat sejumlah sesi menarik dalam ajang tersebut. Salah satunya adalah Technology Session yang berfokus pada tema Digital Transformation as an enabler for Energy Transition and Carbon Reduction".

Pada sesi tersebut, perusahaan software global asal Swedia bersama PT IFS Solusi Integrasi (ISIntegrasi) memaparkan bagaimana solusi IFS Cloud Enterprise Asset Management (EAM) berperan penting dalam upaya transformasi digital perusahaan migas.

Solusi tersebut dinilai penting untuk mendukung upaya perusahaan dalam melakukan transisi energi dan pengurangan karbon.

Head of Presales ASEAN and Indirect Market IFS Mariecris Flores memberikan gambaran bagaimana solusi IFS Cloud Enterprise Asset Management mendukung transformasi digital perusahaan migas dalam melakukan transisi energi dan pengurangan karbon.

Hal itu diwujudkan dengan menyediakan solusi komprehensif untuk pengelolaan asset lifecycle, mulai dari perencanaan, implementasi, pengoperasian, optimalisasi, hingga asset retirement.

“IFS membantu perusahaan migas mengoptimalkan asset performance dengan menghilangkan atau meminimalkan breakdown-time. IFS juga memberikan tingkat visibilitas terhadap pengoperasian dan performance aset yang dapat meningkatkan produktivitas, penghematan pemeliharaan, peningkatan umur pakai aset, dan penurunan breakdown-time,” ujar Mariecris dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/5/2024).

Ia pun memaparkan data statistik yang menunjukkan bahwa pelanggan IFS di industri migas mencapai peningkatan produktivitas rerata sebesar 22 persen, penghematan pemeliharaan sebesar 25 persen, peningkatan umur pakai aset sebesar 30 persen, dan penurunan breakdown-time produksi sebesar 40 persen.

Thomas D. Susmantoro (Direktur Utama ISIntegrasi), Mariecris Flores (Head of Presales ASEAN & Indirect Market IFS), Sutan Simandjuntak (Presiden Komisaris ISIntegrasi), Ridhwan Latif (GM BDV & Marketing ISIntegrasi). Dok. ISIntegrasi Thomas D. Susmantoro (Direktur Utama ISIntegrasi), Mariecris Flores (Head of Presales ASEAN & Indirect Market IFS), Sutan Simandjuntak (Presiden Komisaris ISIntegrasi), Ridhwan Latif (GM BDV & Marketing ISIntegrasi).

IFS juga menyediakan solusi untuk memonitor inisiatif perusahaan migas dalam menurunkan emisi karbon.

Dengan visibilitas dan data yang akurat, perusahaan migas dapat mengidentifikasi permasalahan, menganalisis area perbaikan, membuat perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan perbaikan, evaluasi, serta memastikan compliance terkait dengan masalah keamanan dan lingkungan.

“IFS memiliki solusi Asset Performance Management (APM) yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) dan digital twin,” terangnya.

Sebagai informasi, ISIntegrasi berperan sebagai mitra penting bagi IFS di Indonesia serta mendukung implementasi solusi EAM di berbagai industri, termasuk migas.

ISIntegrasi memiliki pengalaman dalam menerapkan EAM dan digital core solutions yang dapat membantu berbagai industri dalam transformasi digital untuk mencapai bisnis yang sustainable.

Direktur Utama PT IFS Solusi Integrasi (ISIntegrasi) Thomas D. Susmantoro Dok. ISIntegrasi Direktur Utama PT IFS Solusi Integrasi (ISIntegrasi) Thomas D. Susmantoro

Direktur Utama ISIntegrasi Thomas D Susmantoro mengatakan, industri migas saat ini tengah dalam transisi energi sehingga membutuhkan dukungan kemudahan dalam melakukan transisi tersebut.

“Salah satu dukungan yang diperlukan adalah tersedianya sistem informasi asset management yang mampu membantu perusahaan di dalam pengelolaan aset ataupun proyek, mulai dari tahapan perencanaan aset, desain, pengadaan, pembangunan, commissioning, pengoperasian, pemeliharaan, optimasi, dan decommissioning dari aset,” kata Thomas. 

Pihaknya pun mengaku senang ISIntegrasi dapat berbagi informasi mengenai solusi lengkap IFS Cloud EAM yang memiliki fitur .

ISIntegrasi dan IFS di IPA Convex 2024 Technology Session Dok. ISIntegrasi ISIntegrasi dan IFS di IPA Convex 2024 Technology Session

Solusi IFS Cloud EAM terintegrasi dengan solusi project management, supply chain management (SCM), accounting and finance, human capital, dan document management.

“Seluruh solusi tersebut sudah didukung dengan internet of things (IoT) dan AI yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memperbaiki kualitas pengambilan keputusan dan mendukung inisiatif otomatisasi,” terang Thomas.

Thomas menambahkan, meski nama solusi IFS memakai cloud, bukan berarti deployment aplikasi harus di environmentcloud. IFS juga menyediakan opsi on-premise sebagai alternatif yang dapat dipilih oleh pelanggan. 

“Kami berharap, sharing yang diberikan dalam IPA Convex dapat bermanfaat bagi perusahaan migas dalam mendukung upaya transisi yang akan dilakukan,” kata Thomas.

Untuk informasi lebih lanjut tentang software dan solusi IFS, hubungi ISIntegrasi melalui http://www.ISIntegrasi.co.id dan email marketing@ifssi.co.id

Sudah ada penjelasan akronimnya di paragraf atas

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com