Advertorial

Hadir di Taiwan Expo 2024, Taiwan Excellence Tampilkan Produk-Produk Unggulan dan Solusi Inovatif untuk Kehidupan Berkualitas

Kompas.com - 27/05/2024, 10:00 WIB

KOMPAS.com – Taiwan Excellence kembali hadir di Indonesia dalam gelaran Taiwan Expo 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, dari Kamis (16/5/2024) hingga Sabtu (18/5/2024).

Sebagai informasi, Taiwan Excellence menjadi ajang bergengsi yang diinisiasi Kementerian Ekonomi Taiwan sejak 1993 untuk mengapresiasi produk-produk Taiwan yang unggul dalam empat aspek penting.

Keempat aspek tersebut adalah riset dan pengembangan, desain, kualitas, serta pemasaran. Inovasi juga menjadi pelengkap dalam pemberian apresiasi.

Produk-produk yang berhasil lolos seleksi ketat oleh Taiwan Excellence akan mendapatkan penghargaan dan dipromosikan secara gencar di pasar domestik dan internasional. Upaya ini bertujuan untuk memperkuat citra Taiwan sebagai pusat inovasi dan mendorong kemajuan industri mereka di kancah global.

Presiden sekaligus Chief of Executive (CEO) TAITRA Simon Wang menuturkan, jika dibandingkan dengan penghargaan internasional, seperti iF dan Red Dot, Taiwan Excellence memiliki kerangka evaluasi lebih menyeluruh.

“Aspek penilaiannya meliputi keberlanjutan, desain, penelitian dan pengembangan (litbang), kualitas, dan pemasaran. Pendekatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk yang tidak hanya inovatif, tetapi juga mewakili keunggulan Taiwan secara keseluruhan,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/5/2024).

Lebih lanjut, Wang menjelaskan peran Taiwan Excellence dalam industri kecerdasan buatan (AI) dan transformasi digital yang ditawarkan pada Taiwan Expo 2024.

Menurutnya, Taiwan Excellence memainkan peran penting dalam industri AI global, didorong oleh industri ICT yang matang dan semangat inovasi dari perusahaan-perusahaan peraih penghargaan.

Keahlian Taiwan dalam pembuatan server AI diakui secara global oleh NVDIA, dan perusahaan yang dinaungi Taiwan Excellence memberikan kontribusi signifikan pada berbagai sektor seperti otomatisasi dan kesehatan.

Sementara itu, solusi transformasi digital yang ditawarkan Taiwan Excellence akan berguna dalam upaya pembangunan smart city. Ini terlihat jelas dari berbagai produk solusi yang disediakan, seperti smart healthcare, smart education, intelligent transportation systems, dan intelligent buildings.

“Karena itu, kerja sama dengan Indonesia diharapkan dapat membangun ekosistem AI yang mumpuni, dengan Taiwan Excellence sebagai tolok ukur industri Taiwan,” ucapnya.

Di Taiwan Excellence Pavilion dalam Taiwan Expo 2024, pengunjung dapat menyaksikan hampir 83 produk pilihan dari 29 perusahaan Taiwan terkemuka. Perusahaan tersebut mewakili berbagai industri, seperti gaya hidup, olahraga dan kesehatan, gaming, pengembangan kota pintar, serta suku cadang otomotif.

Seluruh produk itu mencerminkan komitmen Taiwan Excellence dalam menghadirkan solusi inovatif dan berkualitas tinggi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat global dan mempercepat pembangunan perkotaan.

Beberapa perusahaan ternama yang memamerkan produk unggulannya di Taiwan Excellence Pavilion antara lain Lobsang, Mbran Filtra, Gee Hoo Industrial, Delta Electronics, dan VICTOR Rackets.

Selain itu, terdapat 24 jenama teknologi ternama lain, di antaranya MSI, AORUS dari Gigabyte, Dyaco, dan Tokuyo yang menghadirkan pengalaman produk inovatif kepada para pengunjung.

Penasaran dengan perusahaan dan produk unggulan yang dibawa? Simak penjelasannya berikut.

  1. Lobsang Stairlift menjadi solusi tepat untuk mobilitas lansia di rumah

Lobsang Stairlift.KOMPAS.com/HOTRIA MARIANA Lobsang Stairlift.

Lobsang merupakan perusahaan spesialis stairlift terkemuka asal Taiwan dengan pengalaman 21 tahun, serta raihan penghargaan dan sertifikat yang diakui internasional. Produk yang ditawarkan perusahaan ini memberikan solusi inovatif bagi mobilitas lansia ataupun individu dengan keterbatasan fisik.

Perwakilan Lobsang di Indonesia Randy Tjhin menuturkan, banyak orang tua di Indonesia yang hanya dapat mengakses area lantai satu sehingga kebahagiaan dan kebebasan di rumah mereka sendiri terbatas. Hal ini juga menjadi penghalang untuk berkumpul dengan keluarga sendiri, termasuk apabila ingin bermain dengan cucu dan anak di lantai dua.

“Karena itu, Lobsang hadir untuk menjadi solusi bagi mereka yang ingin bebas beraktivitas secara mandiri dan merasakan kebahagiaan yang mereka inginkan kembali,” ujarnya.

Lobsang juga terkenal akan kecepatannya dalam pengiriman, malah menjadi yang tercepat dalam proses serah terima stairlift. Perusahaan tengah mempersiapkan untuk memulai produksi stairlift di Indonesia untuk meningkatkan layanannya, dengan target serah terima ke klien dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan.

Kerja sama dengan lembaga penelitian ternama Taiwan, Industrial Technology Research Institute (ITRI), memungkinkan Lobsang untuk selalu mengintegrasikan teknologi terbaru ke dalam pengembangan produknya.

  1. Mbran Filtra usung filter air inovatif

Produk filter air Mbran Filtra.KOMPAS.com/HOTRIA MARIANA Produk filter air Mbran Filtra.

Didirikan oleh tim peneliti berpengalaman di bidang membran, Mbran Filtra Co Ltd menghadirkan filter membran sebagai solusi praktis dalam pemenuhan air minum.

CEO Mbran Filtra Green Chang menuturkan, pihaknya memahami setiap wilayah dan industri memiliki sistem pengolahan air yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, perusahaan terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, serta menyediakan layanan kustomisasi dan modifikasi sistem filtrasi untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan yang beragam.

“Kami juga menjalin kerja sama dengan lembaga penelitian dan universitas untuk membangun hubungan jangka panjang dan memastikan kami mendapat akses terkini terhadap keahlian dan sumber daya dalam pengembangan solusi filtrasi inovatif,” tutur Chang.

Filter membran Mbran Filtra bersifat portabel. Dengan desain ringkas dan ringan, yakni hanya 13 gram, alat filtrasi ini bisa dimasukkan ke dalam botol minum standar serta tidak menambah beban bawaan pengguna.

Karena menggunakan membran khusus dengan struktur berlapis dengan pori-pori berukuran berbeda, filter tersebut mampu menahan polutan sehingga menghasilkan laju aliran air yang tinggi dan membuat masa pakainya menjadi panjang. Selain itu, juga mampu menghilangkan lebih dari 99,9 persen E coli.

Tidak hanya didukung penelitian dan pengembangan yang mendalam, Mbran Filtra menggunakan peralatan otomatis dalam proses produksi guna memastikan konsistensi produk.

Perusahaan juga melakukan pengujian produk secara independen oleh pihak ketiga, serta untuk memastikan disinfeksi yang aman dan biokompatibilitas bahan, dan menjamin tidak adanya residu polutan seperti logam berat atau plasticizer.

Dengan menggunakan filter air Mbran Filtra, pengguna bisa mengakses air minum bersih kapan dan di mana saja, tanpa perlu membeli air kemasan. Hal ini turut mendorong gaya hidup ramah lingkungan karena penggunaan plastik sekali pakai berkurang.

  1. Gee Hoo, solusi peralatan olahraga revolusioner

Cybo Fitness x iCareGym.KOMPAS.com/HOTRIA MARIANA Cybo Fitness x iCareGym.

Gee Hoo Industrial Corp merupakan perusahaan peralatan olahraga ternama yang baru saja meluncurkan Cybo Fitness x iCareGym.

Cybo Fitness sendiri adalah peralatan olahraga premium yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari segala usia dan tujuan.

Sementara, iCareGym (iCG) adalah teknologi pendekatan pencegahan cedera olahraga berbasis kecerdasan buatan dan parameter biometrik yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan hasil latihan.

Perpaduan inovatif tersebut menjadikan Cybo Fitness x iCareGym sebagai platform olahraga revolusioner yang mendukung gaya hidup aktif dan sehat.

Internasional Sales Manager Gee Hoo James Hsu menuturkan, tidak mudah menemukan peralatan olahraga yang sempurna. Pihaknya telah mencari ke mana-mana, tapi tidak menemukan alat olahraga yang dikembangkan khusus untuk kenyamanan dan kesenangan berolahraga, dan mempunyai desain menarik.

“Karena itu, kami mengembangkan Cybo Fitness x iCareGym, dan menawarkan berbagai pilihan menarik yang dirancang oleh tim teknologi dan pengembangan kami,” ujar Hsu.

Salah satu produk unggulan Cybo Fitness, treadmill T1000-iCG, ditampilkan di stan Taiwan Excellence Pavilion. Pengunjung dapat merasakan keunggulannya, termasuk teknologi, desain, dan performa. Contohnya, konsol digital graphical user interface (GUI) yang memberikan sensasi berlari yang luar biasa.

"Kami percaya, transformasi ini menangkap niat kami untuk memberikan pelanggan pengalaman yang dinamis dan beragam yang mendorong keterlibatan yang lebih baik dan lebih sehat," kata Hank Hsu yang juga merupakan pendiri iCG.

  1. Delta Electronics, produsen perangkat pengisi daya ramah lingkungan

Delta Electronics hadirkan produk pengisian daya ulang berteknologi ramah lingkungan.KOMPAS.com/HOTRIA MARIANA Delta Electronics hadirkan produk pengisian daya ulang berteknologi ramah lingkungan.

Delta Electronics Inc adalah perusahaan pembuat perangkat elektronik ramah lingkungan dan hemat energi. Salah satu produknya adalah Innergie yang diluncurkan pada 2023.

Pengisi daya Innergie memiliki tingkat konversi energi yang tinggi, melampaui standar industri sebesar 3 persen, dan dibuat menggunakan 100 persen listrik terbarukan. Salah satu produk terbarunya, Innergie C10 Duo 100W, menggunakan bahan post-consumer recycled (PCR) untuk casing.

Sales Manager Delta Electronics Michelle Chen mengatakan, Innergie juga bakal menghadirkan jajaran terbaru produk USB-C, termasuk pengisi daya USB-C 100W, pengisi daya nirkabel Qi2, dan powerbank.

“Produk-produk itu menggunakan bahan PCR dan dirancang untuk memenuhi standar keamanan internasional yang ketat,” ucapnya.

Chen melanjutkan, Innergie C6 Duo memiliki dua port USB-C dengan fitur Alokasi Daya Dinamis sehingga pengisian daya laptop dan ponsel bisa dilakukan secara bersamaan dengan cepat. Perangkat ini pun dilengkapi colokan yang dapat diganti dan kompatibel di lebih dari 150 negara.

Sementara, imbuh Chen, Innergie C10 Duo 100W Dual USB-C yang akan diluncurkan pada kuartal III 2024 memiliki kemampuan mengisi daya dua laptop secara bersamaan. Terbuat dari 75 persen bahan plastik PCR, produk ini ramah lingkungan.

  1. VICTOR Rackets, perlengkapan badminton sang juara

Merek peralatan badminton, VICTOR, juga ditampilkan.KOMPAS.com/HOTRIA MARIANA Merek peralatan badminton, VICTOR, juga ditampilkan.

Menjadi salah satu merek ternama di dunia badminton, VICTOR, terus berinovasi dengan menghadirkan sepatu S99 Elite. Memadukan teknologi inovatif yang optimal, kenyamanan, dan desain yang ringan, menjadikan sepatu ini sebagai pilihan ideal bagi para pemain badminton.

Bagian atas S99 Elite terbuat dari bahan mesh yang ringan, kuat, dan breathable. Dengan begitu, kaki pengguna tetap sejuk dan nyaman selama bermain. Sol tengah yang menggunakan teknologi supercritical nitrogen foaming terbaru yang ramah lingkungan membuat sepatu ini ringan, hanya 250 gram per sepatu (ukuran 26,5 cm).

Deputy Director of Shoes & Bags Business Division Johan Liu mengatakan, S99 Elite telah mendapat banyak pujian atas inovasi dan pengalaman para penggunanya.

Lebih dari sekadar merek peralatan badminton, VICTOR juga menjadi pendukung para pemain badminton Indonesia meraih prestasi gemilang, seperti Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan.

Di Taiwan Excellence Pavilion, VICTOR mempersembahkan raket dan sepatu khusus untuk Hendra Setiawan di Indonesia.

Meningkatkan kerja sama industri dan transformasi perkotaan

Lebih dari sekadar pameran produk, Taiwan Excellence Pavilion juga menjadi wadah untuk memperkuat hubungan industri bilateral antara Taiwan dan Indonesia.

Pada Jumat (17/5/2024), Taiwan Excellence juga telah menyelenggarakan Presentasi Industri dengan tema "Integrating Innovative Solutions for Urban Development".

Acara tersebut bertujuan untuk memfasilitasi kerja sama dan pertukaran wawasan kedua negara di bidang smart city, dengan fokus pada solusi teknologi terbaru dalam pengembangan smart city dan transformasi digital.

Empat perusahaan Taiwan, yaitu TPIsoftware, IBASE Technology, Chimei Motor Electronics, dan Vision Automobile Electronics, turut memaparkan berbagai teknologi mereka di sesi tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Taiwan Excellence, silakan klik https://www.taiwanexcellence.org/id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com