Advertorial

Beda dengan Toner, Ini Fungsi dan Cara Penggunaan Micellar Water

Kompas.com - 27/05/2024, 10:20 WIB

KOMPAS.com – Siapa yang tak kenal micellar water? Para pencinta perawatan kulit wajah pasti mengetahui produk ini.

Apalagi, aktivitas merawat kesehatan kulit wajah belakangan ini makin ngetren di kalangan masyarakat. Pariwara produk perawatan kulit (skincare) pun berseliweran di berbagai lini masa, termasuk micellar water.

Untuk diketahui, micellar water merupakan salah satu produk kecantikan pembersih wajah double cleansing atau dua tahap.

Berfungsi untuk membersihkan kotoran, seperti debu, minyak berlebih, dan sisa riasan, micellar water digunakan pada tahap awal sebelum menggunakan sabun cuci muka (facial wash).

Apa itu micellar water?

Dilansir dari ClevelandClinic, nama micellar water berasal dari bahasa Perancis, yakni micelle yang berarti kumpulan molekul. Kumpulan molekul tersebut formula lembut atau gentle cleanser.

Sesuai namanya, micellar water merupakan produk perawatan kulit berbahan dasar air murni yang dicampur dengan sedikit gliserin dan surfaktan.

Gliserin adalah bahan yang berfungsi melembapkan kulit, sedangkan surfaktan adalah senyawa ringan yang berfungsi untuk membersihkan kulit. Perpaduan dua bahan ini berfungsi untuk menarik kotoran serta minyak berlebih pada kulit kulit.

Selain itu, micellar water tidak mengandung alkohol atau bahan kimia yang bersifat keras. Tak heran, banyak orang menjadikan micellar water sebagai pilihan untuk membersihkan kulit wajah, terutama untuk pemilik kulit sensitif.

Menariknya, produk tersebut tidak menghilangkan minyak alami pada kulit. Alhasil, kulit tetap terasa lembap.

Meski demikian, kamu perlu memilih produk micellar water yang sesuai jenis dan kebutuhan kulit. Jika kulit terasa kering setelah pemakaian, sebaiknya jangan dilanjutkan.

Cara penggunaan micellar water

Meski sekilas tampak mirip, micellar water berbeda dengan toner. Adapun toner wajah dapat digunakan setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembap atau serum apa pun.

Sesuai fungsinya, toner juga digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dan sisa kotoran atau riasan setelah Anda mencuci muka. Namun, formulasi toner saat ini lebih berfokus pada fungsi hidrasi kulit dan tidak mengutamakan fungsi pembersihan.

Perbedaan micellar water dan toner terletak pada pada bahan tambahan yang digunakan. Toner tidak mengandung misel sabun, tetapi asam alfa atau beta hidroksi konsentrasi rendah. Bahan ini berfungsi untuk antipenuaan, antijerawat, dan pelembap.

Agar berfungsi secara optimal, bagaimana cara membersihkan wajah secara tepat menggunakan micellar water?

Pertama, buka tutup botol micellar water, kemudian tuangkan beberapa tetes micellar water ke kapas. Bila perlu, miringkan botol agar memudahkan cairan menyerap ke permukaan kapas.

Kedua, usap perlahan kapas yang sudah diberi micellar water ke permukaan wajah dan leher. Lalu, beri pijatan lembut wajah agar lebih relaks.

Ketiga, ulangi jika diperlukan atau masih ada sisa kotoran atau riasan yang tertinggal di wajah. Terakhir, lanjutkan ke tahapan metode double cleansing berikutnya, yakni cuci muka menggunakan facial wash agar wajah bersih maksimal.

Itulah uraian singkat fungsi, kandungan, serta cara menggunakan micellar water agar kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Kamu pun dapat menggunakan produk micellar water yang disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi kulit.

Cara mendapatkan micellar water pun relatif mudah. Tanpa perlu keluar rumah pergi ke mal, kamu bisa membeli produk ini dari rumah lewat Tokopedia.

Produk micellar water di Tokopedia pun beragam. Micellar Water Wardah, misalnya, yang tersedia dalam berbagai varian, seperti Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dan Wardah Perfect Bright Tone Up Micellar Water. Harganya mulai dari Rp 24.000 hingga Rp 55.000.

Selain itu, ada pula Micellar Water Garnier varian Pink dan Blue. Kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia seharga Rp 38.500.

Kamu pun bisa mendapatkan Micellar Water Skintific di Tokopedia varian Muggwort Purifying seharga Rp 99.000.

Segera beli micellar water di Tokopedia sekarang agar kulit tetap sehat memesona.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com