Advertorial

Giro BRI Buat Transaksi Bisnis Jadi Lebih Mudah

Kompas.com - 27/05/2024, 17:36 WIB

KOMPAS.com - Bagi pengusaha, baik perorangan atau berbadan usaha, rekening giro merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki.

Pasalnya, rekening giro dapat memudahkan aktivitas transaksi bisnis, baik untuk menerima pembayaran dari pelanggan maupun untuk membayar pihak ketiga untuk kegiatan operasional bisnisnya.

Rekening giro juga memberikan keamanan dalam bertransaksi karena Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Rekening ini juga bisa memotong proses akuntansi manual karena setiap transaksi yang terjadi langsung tercatat secara otomatis.

Dengan kelebihan itu, pemilik bisnis pun terbantu dalam melacak pengeluaran dan pemasukan. Penyusunan laporan keuangan yang rapi serta akurat pun jadi lebih mudah.

Kemudahan-kemudahan tersebut bisa didapatkan pebisnis pada Giro BRI dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Dilansir dari laman bri.co.id, Giro BRI menawarkan layanan keuangan real-time yang dapat diakses secara online.

Tak hanya itu, Giro BRI juga menawarkan kemudahan bertransaksi setiap saat, baik secara online melalui Qlola by BRI dan cek maupun bilyet giro.

Rekening Giro BRI juga memiliki sejumlah fasilitas unggulan lain, seperti transfer otomatis, kartu giro, e-banking, e-statement dengan fasilitas pengiriman rekening koran ke email nasabah, serta BRI Virtual Account (BRIVA).

Tak sampai di situ, Giro BRI pun menyediakan end-to-end solution yang lengkap dengan berbagai fasilitas transaksi, mulai dari proses collection untuk mengumpulkan dana, pengelolaan likuiditas untuk mengoptimalkan arus kas, hingga disbursement yang memungkinkan Anda untuk menyalurkan pembayaran dengan efisien.

Lewat rangkaian fitur tersebut, kebutuhan Anda dalam mengelola transaksi menjadi lebih mudah, optimal, dan efisien bersama Giro BRI.

Jenis Giro BRI

Giro BRI dapat mengakomodir dalam mata uang rupiah maupun valas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan nasabah.

Untuk giro BRI Rupiah, rekening ini adalah jenis simpanan dalam mata uang rupiah yang punya fasilitas Account Sweep untuk menghubungkan rekening giro dengan rekening pinjaman.

Fasilitas itu berfungsi untuk menghindarkan nasabah dari tolakan cek atau bilyet giro dan pembayaran billing pinjaman secara otomatis.

Ada juga fasilitas BRIVA untuk memudahkan identifikasi pembayaran melalui nomor rekening virtual yang diberikan kepada pelanggan.

Nasabah Giro BRI Rupiah juga bisa mengakses fasilitas e-banking BRI dan kartu ATM atau kartu Debit Giro di jaringan ATM BRI, Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan Mastercard.

Sementara Giro BRI Valas merupakan penarikan jenis simpanan dalam mata uang asing yang dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan surat perintah penarikan yang telah ditentukan oleh BRI.

Giro BRI Valas memiliki banyak pilihan mata uang asing, yakni dollar Amerika Serikat (USD), Euro EUR, dollar Singapura (SGD), dollar Australia (AUD), Great Britain poundsterling (GBP), dollar Hongkong (HKD), yen Jepang (JPY), yuan China (CNY), riyal Arab Saudi (SAR), krona Norwegia (NOK), dan dirham Uni Emirat Arab (AED).

Cara membuka Giro BRI

Cara membuka rekening Giro BRI pun cukup mudah. Anda cukup memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan oleh BRI.

Bagi perorangan, persyaratan tersebut meliputi tidak termasuk dalam daftar hitam Bank Indonesia (BI) serta melampirkan KTP dan NPWP untuk WNI dan paspor serta KITAS untuk WNA.

Sementara bagi badan usaha, persyaratan yang ditetapkan adalah tidak termasuk dalam daftar hitam bank apa pun, melampirkan salinan akta pendirian dan izin usaha, NPWP, serta dokumen identitas pengurus.

Sebagai catatan, apabila tidak memiliki NPWP, nasabah dapat mengisi formulir pernyataan yang terdapat di unit kerja BRI.

Setelah memenuhi persyaratan, Anda tinggal melakukan setoran awal. Untuk perorangan, dana yang perlu disetorkan pada awal pembukaan Giro BRI adalah Rp 500.000, sedangkan badan usaha Rp 1 juta.

Itulah keunggulan, jenis, dan persyaratan membuka Giro BRI. Dengan rekening tersebut, Anda dapat mengelola keuangan bisnis serta bertransaksi dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, bahkan dari luar negeri sekalipun agar performa bisnis semakin optimal.

Untuk informasi lengkap tentang rekening Giro BRI, silakan klik tautanberikut

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com