Advertorial

Ingin Beli Rumah Lelang Bank? Berikut Keuntungan dan Tip Mendapatkannya

Kompas.com - 27/05/2024, 18:04 WIB

KOMPAS.com Selain rumah baru, rumah bekas bisa menjadi pilihan untuk mewujudkan hunian impian. Soal kualitas, rumah bekas juga tidak bisa dianggap sebelah mata.

Jika pandai memilih, Anda pun bisa mendapatkan rumah bekas dengan kualitas bagus dan di lokasi strategis.

Rumah bekas sendiri bisa dibeli secara langsung ke pemilik atau melalui agen properti. Selain itu, Anda bisa pula membeli rumah lelang bank.

Rumah lelang bank sendiri merupakan rumah atau properti yang disita oleh bank karena gagal membayar hipotek. Sebagai pemberi pinjaman, bank mengambil alih properti tersebut untuk diperjualbelikan secara lelang.

Keuntungan beli rumah lelang bank

Pembelian rumah bekas via lelang bank ini punya keuntungan tersendiri jika dibandingkan membeli rumah bekas langsung ke pemilik dan via agen, atau bahkan dengan rumah baru sekalipun. Berikut adalah ulasannya.

  1. Harga lebih terjangkau

Harga rumah lelang bank cenderung lebih rendah jika dibandingkan harga di pasar konvensional. Hal ini memberikan kesempatan kepada pembeli untuk mendapatkan properti dengan nilai investasi yang lebih terjangkau.

  1. Kualitas bangunan

Banyak properti lelang bank memiliki kualitas bangunan yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penelitian dan pemeriksaan secara saksama. Di samping itu, rumah yang dilelang oleh bank pasti telah diperiksa oleh pihak bank.

Salah satu platform lelang rumah bank online terdepan adalah Info Lelang BRI. Platform ini menyediakan berbagai fitur unggulan dan informasi lengkap terkait setiap aset bangunan yang dilelang, mulai dari harga, fasilitas properti, akses, hingga kelengkapan dokumen rumah.

Untuk mencari rumah atau properti lelang BRI, Anda bisa mengunjungi halaman Aset Lelang Bangunan dan mulai menjelajahi rumah lelang bank sesuai kriteria Anda.

  1. Peluang investasi

Dengan harga lebih rendah, rumah lelang bank bisa menjadi peluang investasi properti yang menguntungkan. Di masa depan, nilai properti tersebut bisa meningkat ketimbang saat pertama kali dibeli.

  1. Proses cepat

Proses membeli rumah lelang bank sering kali lebih cepat ketimbang pembelian properti secara konvensional. Hal tersebut dapat menghemat waktu dalam mendapatkan properti yang diinginkan.

  1. Dapat dibiayai kredit pemilikan rumah (KPR)

Pembelian rumah lelang bank bisa dibiayai melalui skema KPR dengan syarat dan ketentuan yang mudah. Terdapat pula promo suku bunga menarik. Hal tersebut memudahkan calon pembeli dalam memiliki aset lelang bank.

Tip beli rumah lelang bank

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungannya, kini saatnya Anda memahami tip membeli rumah lelang bank.

  1. Cari harga pasaran

Tip pertama, Anda perlu mencari tahu harga pasaran rumah di sekitar properti yang diminati sebelum mengikuti lelang. Hal ini membantu Anda menetapkan batas harga dan memastikan tidak membayar terlalu mahal.

  1. Pilih rumah di lokasi strategis

Pilihlah rumah lelang bank yang berada di lokasi strategis, dekat dengan fasilitas umum, terhubung dengan transportasi umum, dan memiliki potensi apresiasi nilai yang baik di masa depan. Hal ini dapat menentukan nilai properti di kemudian hari.

  1. Cek kelengkapan dokumen rumah

Sebelum mengikuti lelang, teliti dan periksa kelengkapan dokumen properti dengan cermat, termasuk sertifikat dan surat-surat tanah.

  1. Kondisi properti

Anda perlu memahami kondisi properti, mulai dari fisik bangunan, potensi perbaikan, hingga masalah hukum yang mungkin ada. Hal ini akan menentukan biaya tambahan selain harga rumah lelang.

  1. Tentukan batas harga rumah

Tip selanjutnya adalah menentukan batas atas harga rumah yang dapat dibeli. Penentuan ini harus mempertimbangkan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai pembelian rumah lelang malah membebani keuangan Anda.

Di Info Lelang BRI, Anda bisa mengetahui harga dari setiap aset properti yang dilelang secara transparan. Selain itu, Anda bisa menentukan batas bawah dan batas atas harga aset lewat fitur Filter Harga.

Adapun fitur unggulan Info Lelang BRI lain meliputi Hot Deals dan Clean & Clear yang makin membantu Anda menemukan rumah lelang bank idaman.

  1. Pahami aturan lelang

Anda perlu membaca dan memahami semua aturan lelang dengan cermat. Persiapkan uang jaminan yang diperlukan dan periksa bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) serta kewajiban pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

  1. Pilih platform lelang tepercaya

Pilih platform lelang tepercaya dan memiliki reputasi baik, seperti Info Lelang BRI, yang memberikan layanan andal dan transparan.

Selain melalui Info Lelang BRI, Anda juga bisa mengunjungi kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang yang memiliki informasi lengkap mengenai properti yang akan dilelang.

Itulah penjelasan lengkap seputar rumah lelang bank, mulai dari pengertian, keuntungan, hingga tip membeli. Dalam memilih platform lelang, Info Lelang BRI dapat menjadi pilihan terbaik.

Fitur-fitur unggulan, seperti transparansi informasi, jadwal lelang, serta berbagai aset lelang, memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan rumah lelang bank dengan aman dan nyaman.

Pada laman Aset Bangunan Info Lelang BRI, Anda dapat menelusuri berbagai properti dari berbagai daerah. Di sana, terdapat informasi fasilitas dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tersedia pula gambar-gambar rumah yang memungkinkan Anda untuk melakukan verifikasi terhadap kondisi bangunan dan memastikan bahwa rumah tersebut layak ditempati.

Dengan demikian, Info Lelang BRI menyajikan informasi menyeluruh terhadap aset lelang pilihan tepercaya. Kini, Anda tidak perlu ragu atau khawatir saat memilih aset rumah impian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com