Advertorial

Taste the Wonders of Australia Sajikan Produk Makanan Segar dan Wine Australia Berkualitas Tinggi

Kompas.com - 27/05/2024, 22:03 WIB

KOMPAS.com - Australian Food and Wine Collaboration Group menghadirkan beragam produk makanan segar dan wine terbaik Australia ke pasar Indonesia lewat acara “Taste the Wonders of Australia”.

Acara tersebut memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati produk makanan dan wine berkualitas tinggi yang dihadirkan dalam acara makan malam dan lewat promosi lain.

Untuk diketahui, Australian Food and Wine Collaboration Group merupakan kolaborasi dari Meat and Livestock Australia, Dairy Australia, Seafood Industry Australia, Horticulture Innovation Australia, dan Wine Australia.

Sebagai bagian dari program promosi selama dua tahun, grup tersebut menargetkan empat pasar utama di Asia—Thailand, Korea Selatan, Vietnam, dan Indonesia—dengan program berkelanjutan untuk meningkatkan profil produk makanan dan wine Australia serta mempererat hubungan perdagangan.

General Manager International Markets Meat and Livestock Australia Andrew Cox mengatakan bahwa Indonesia adalah mitra ekspor terbesar Australia di Asia Tenggara dan konsumen daging merah Australia sejak lama.

Masyarakat Indonesia, lanjutnya, semakin cerdas dalam mencari produk yang aman, beragam, dan berkualitas

“Daging sapi dan domba Australia sangat dihargai karena kualitasnya. Dengan berkembangnya industri kuliner dan pariwisata di Indonesia, kami memperkirakan permintaan untuk daging sapi, domba, dan produk lain dari Australia akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan,” ujar Andrew dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (27/5/2024).

Selain daging, masyarakat Indonesia juga mengandalkan ikan sebagai sumber protein hewani utama.

Selain daging, masyarakat Indonesia mengandalkan ikan sebagai salah satu sumber protein hewani utama dengan nilai gizi yang tinggi.Dok. Meat and Livestock Australia. Selain daging, masyarakat Indonesia mengandalkan ikan sebagai salah satu sumber protein hewani utama dengan nilai gizi yang tinggi.

Chief Executive Officer (CEO) Seafood Industry Australia Dr Patrick Hone menjelaskan 76 persen konsumen Indonesia lebih memilih ikan segar. Oleh karena itu, Indonesia menjadi pasar penting untuk salmon, tuna, kepiting, dan udang Australia.

“Pada 2030, konsumsi makanan laut per kapita di Indonesia diproyeksikan meningkat 13 persen. Harapannya, kami dapat meningkatkan penawaran dengan produk lain, seperti abalon dan kerang," tutur Patrick.

Australia juga terkenal dengan produk susu berkualitas tinggi. Managing Director Dairy Australia David Nation mengatakan bahwa produksi susu di Indonesia cukup terbatas lantaran memiliki iklim tropis.

Australia sebagai tetangga dekat mampu memenuhi permintaan tersebut dengan Sustainability Framework yang diakui secara internasional.

“Kami bangga dengan komitmen (kami) terhadap masyarakat, karyawan, lingkungan, dan hewan ternak yang menjadikan kami produsen susu berkelanjutan terdepan di dunia. Alhasil, kami bisa memasok produk susu bergizi tinggi ke pasar Indonesia," ujar David.

Australia terkenal dengan produk susu berkualitas tinggi.Dok. Meat and Livestock Australia. Australia terkenal dengan produk susu berkualitas tinggi.

General Manager Trade and Biosecurity R&D Horticulture Innovation Australia Mila Bristow turut menyatakan bahwa Australia kini menjadi pemasok hortikultura terbesar kedua di Indonesia.

“Kedekatan Australia dengan Indonesia membuat produk kami menarik bagi mereka yang menghargai kualitas dan kesegaran tinggi,” ujar Mila.

Menurut Mila, produk yang sehat, segar, aman, dan berkualitas sangat penting bagi Indonesia seperti halnya bagi produsen Australia.

“Kami bangga dapat bermitra dengan Indonesia untuk memberikan cita rasa Australia,” tambahnya.

CEO Wine Australia Dr Martin Cole menjelaskan bahwa dengan selera konsumen yang terus berkembang, Taste the Wonders of Australia memberikan kesempatan kepada perusahaannya untuk terlibat langsung dengan pelaku perdagangan dan influencer utama di Indonesia.

Taste the Wonders of Australia menyajikan produk makanan segar dan wine Australia berkualitas tinggi.Dok. Meat and Livestock Australia. Taste the Wonders of Australia menyajikan produk makanan segar dan wine Australia berkualitas tinggi.

Hal tersebut memungkinkan mereka merasakan kualitas dan keragaman wine Australia secara langsung serta mempererat hubungan dengan para pengekspor wine.

Sebagai informasi, Taste the Wonders of Australia di Indonesia diselenggarakan mulai dari Maret hingga April 2024.

Acara tersebut terdiri atas serangkaian kegiatan, termasuk aktivasi media sosial yang melibatkan lima chef terkenal, yakni Chef Degan Septoadji, Chef Chandra Yudasswara, Chef Vindex Tengker, Chef Vania Wibisono, dan Chef Martin Praja.

Tak hanya itu, turut hadir pula chef, importir, distributor, sommelier, peritel, dan perwakilan penting dari pemerintah Indonesia dan Australia.

Taste the Wonders of Australia juga mencakup lokakarya edukasi, pelibatan media, serta makan malam yang menyajikan daging, produk susu, makanan laut, hortikultura, dan wine Australia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com