Advertorial

Bantu Akses Air Bersih di Desa Banuan, Vinilon Group Kumpulkan 10.000 Lebih Penyebar Kebaikan

Kompas.com - 28/05/2024, 10:40 WIB

KOMPAS.com – Warga Desa Banuan, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang kesulitan mendapatkan air bersih kini bisa bernapas lega. Berkat dukungan lebih dari 10.000 #PenyebarKebaikan, desa terpencil ini sekarang punya akses air bersih yang aman dan layak.

Desa Banuan memang sudah lama mengalami kesulitan akses air bersih. Kondisi desa yang gersang membuat air bersih menjadi barang langka.

Tiap hari, warga setempat harus berjalan kaki sembari membawa jeriken air selama 3-5 jam untuk mendapatkan air bersih dari sumber terdekat. Medan yang harus dilalui pun terjal.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut serta menempuh perjalanan tersebut. Mereka bahkan terkadang harus menginap atau pulang dengan tangan kosong karena sumber air mengering saat musim kemarau.

Hal itu berdampak pada kesejahteraan, kesehatan, dan kebersihan warga. Saat musim panas, mereka juga terpaksa berjalan sejauh 2 km ke sungai untuk mencuci dan mandi karena sumber air mengering.

Melihat kondisi tersebut, Vinilon Group bersama Solar Chapter tergerak menggelar program CSR Water for Banuan untuk membantu warga desa mendapatkan akses air bersih. Lewat program ini, perusahaan mengadakan kampanye #PenyebarKebaikan "1 Like = 10cm Pipa" di Instagram @vinilon_group. Setiap like dikonversikan menjadi 10 cm pipa air untuk Desa Banuan.

Kini, warga desa bisa mengakses air bersih.Dok. Vinilon Kini, warga desa bisa mengakses air bersih.

Kampanye tersebut berhasil mengumpulkan 11.922 likes dalam waktu kurang dari sebulan. Dukungan para #PenyebarKebaikan menjadi tonggak awal bagi warga Desa Banuan untuk mendapatkan akses air bersih tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

"Cita-cita saya hanya ingin anak dan cucu saya dapat merasakan air bersih tanpa harus berjalan kaki berjam-jam," ungkap Kepala Desa Banuan Agustinus melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (27/5/2024).

Pada 2023, Vinilon Group dan Solar Chapter juga telah menyalurkan pipa untuk kebutuhan air bersih di Desa Boen, NTT.

Melalui tagar #dariIndonesiauntukIndonesia, Vinilon Group bersama Solar Chapter berkomitmen mendukung pembangunan di seluruh Indonesia. Komitmen ini diperkuat dengan partisipasi aktif Vinilon Group dalam Forum Air Dunia Ke-10 (10th World Water Forum) di Nusa Dua, Bali.

Keikutsertaan tersebut kian memperkuat posisi Vinilon Group sebagai penyedia solusi perpipaan yang andal, efisien, dan berkelanjutan untuk proyek infrastruktur air di berbagai belahan dunia.

Selain itu, produk-produk unggulan Vinilon hadir memfasilitasi ketersediaan air bersih dalam program CSR Water for Banuan. Informasi lebih lengkap mengenai program ini bisa didapat dengan mengunjungi akun Instagram @vinilon_group.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com