Advertorial

Tunaikan Kurban Sekarang Semudah Belanja Online Pakai BRImo

Kompas.com - 28/05/2024, 21:48 WIB

KOMPAS.com – Kurban merupakan salah satu ibadah personal umat Islam yang kental dengan perspektif sosial. Melalui ibadah kurban, umat Islam tidak hanya berikhtiar mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga sebagai bentuk kesetiakawanan sosial untuk berbagi dengan sesama.

Menurut Imam Malik dan Imal Al-Syafii, hukum berkurban adalah sunnah muakkad atau sunah yang dianjurkan dan ditekankan. Sementara, Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa kurban merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu dan tidak dalam keadaan bepergian.

Jika ingin menunaikan ibadah kurban, tapi punya keterbatasan waktu lantaran memiliki aktivitas padat, kamu bisa memanfaatkan platform digital lewat smartphone.

Pelaksanaan kurban via daring pun diperbolehkan berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 36 Tahun 2020. Dalam fatwa itu, berkurban secara online merupakan penunaian ibadah dengan cara taukil.

Lewat cara tersebut, pekurban menyerahkan sejumlah dana seharga hewan ternak kepada pihak penyelenggara, baik individu maupun lembaga, sebagai wakil untuk membeli hewan kurban, merawat, meniatkan, menyembelih, dan membagikan daging kurban.

Dengan perkembangan teknologi, kini kamu bisa menunaikan kurban secara online melalui BRImo dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Karena BRImo memiliki fitur donasi yang bekerja sama dengan lembaga terpercaya. Dengan fitur ini, kamu bisa pula menyalurkan uang untuk berkurban.

Sebelum kamu melakukan pembayaran, kamu perlu mengetahui alur pembayaran kurban di BRImo sebagai berikut:

  1. User BRImo dapat melakukan transaksi kurban melalui fitur transfer maupun donasi
  1. Setelahnya, user melakukan konfirmasi kurban ke no WhatsApp lembaga penyalur kurban dengan menyertakan bukti transaksi
  1. Nasabah akan mendapatkan notifikasi dan informasi serta laporan dari lembaga melalui WhatsApp atau email.

Untuk memperjelas, simak tiga lembaga yang telah bekerjasama dengan BRI dan terdaftar di dalam fitur donasi BRImo yang dapat kamu pertimbangkan untuk menunaikan qurban secara online. Lembaga tersebut, yaitu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Yayasan Baitul Maal (YBM) BRIliaN, dan Dompet Dhuafa.

Berikut adalah daftar harga hewan kurban, tata cara berkurban, dan konfirmasinya.

  1. Baznas

Baznas menyediakan lima opsi hewan kurban yang dapat dipilih. Rincian harganya adalah sebagai berikut.

- Kurban domba/kambing premium Rp 3 juta

- ?Kurban domba/kambing medium Rp 2,5 juta

- ?Kurban domba/kambing standar Rp 2 juta

- Kurban 1 ekor sapi seharga Rp 21 juta

- ?Kurbang sharing 1 ekor sapi 1/7 seharga Rp 3 juta

Pembayaran kurban dapat ditransfer ke rekening BRI Kurban Baznas ke nomor 0504.01.000425.30.5 an Badan Amil Zakat Nasional melalui BRImo.

Konfirmasi pembayaran dapat dilakukan secara online melalui melalui e-mail layananmuzaki@baznas.go.id atau wa.me/6281188821818

  1. YBM BRILian

Hewan kurban yang dikelola YBM BRILian disuplai dari BRILiaN Farm. Peternakan ini merupakan binaan YBM BRILiaN yang dikelola secara profesional guna memberdayakan masyarakat duafa.

Berikut adalah rincian harga hewan kurban di YBM BRILian.

  • Kurban domba/kambing standar Rp 2,4 juta
  • Kurban domba/kambing medium Rp 2,82 juta
  • Kurban domba/kambing premium Rp 3,12 juta
  • Kurban domba/kambing super premium Rp 3,72 juta
  • Kurban kolektif 1/7 sapi Rp 2,4 juta
  • Kurban sapi standar Rp 15,6 juta
  • Kurban sapi premium Rp 19,2 juta

Pembayaran hewan kurban dilakukan dengan mentransfer ke rekening BRI dengan nomor 0206.01.011618.30.5 an Yayasan Baitul Maal BRILiaN lewat BRImo. Selain itu, dapat pula melalui https://brilian.in/qurbanbrilian.

Konfirmasi pembayaran kurban bisa dilakukan dengan mengirim bukti transfer ke e-mail customercare@ybmbrilian.id atau melalui WhatsApp Sazki (Sahabat Muzaki) di nomor 082112444549.

  1. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa menyediakan hewan kurban yang telah melewati tahapan QC secara ketat, baik kesehatan maupun target bobot hewan. Terdapat lima opsi hewan kurban yang dapat dipilih. Rinciannya adalah sebagai berikut.

  • Domba/kambing standar (23-25 kg) seharga Rp 2.050.000
  • Domba/kambing medium (26-28 kg) seharga Rp 2.500.000
  • Domba/kambing premium (28-33 kg) seharga Rp 3.000.000
  • Sapi (250-300 kg) seharga Rp. 14.350.000
  • Sapi 1/7 (250-300 kg) seharga Rp 2.050.000

Khusus untuk Dompet Dhuafa, pembayaran bisa dilakukan melalui fitur transfer ke rekening Dompet Dhuafa di 0382-01-0000-1330-6. Selanjutnya donator dapat melakukan konfirmasi dengan mengirimkan bukti ke nomor WhatsApp 08111 544 488. Format konfirmasi yang meliputi nama donatur, nama pekurban, jenis kurban, no HP, email dengan menyertakan bukti transaksi. 

Selanjutnya, donatur/nasabah akan mendapatkan notifikasi pertama terkait lokasi pemotongan kurban, baik melalui WhatsApp atau SMS.

Donatur/nasabah juga akan menerima kembali notifikasi ketika hewan kurban telah terpotong. Dompet Dhuafa akan mengirimkan laporan dan sertifikat kurban kepada donatur/nasabah via e-mail. Laporan maksimal diterima H+45 hari kerja setelah hewan kurban dipotong.

Selain BAZNAS, YBM BRILiaN, dan Dompet Dhuafa, kamu juga bisa melakukan pembelian kurban melalui lembaga maupun Masjid yang menerima pembayaran melalui Fitur Donasi di BRImo atau dengan cara transfer ke BRI. Unduh aplikasi BRImo sekarang juga, gratis di PlayStore, AppStore atau Huawei AppGallery.

Untuk informasi selengkapnya cek di sini

#BRImo #BRImoMudahSerbaBisa

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com