Advertorial

J&T Express Paparkan Sejumlah Upaya Berkelanjutan Perusahaan pada Laporan ESG Perdananya

Kompas.com - 31/05/2024, 15:55 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan logistik, J&T Express, merilis laporan environmental, social, and governance (ESG) perdananya secara global.

Laporan tersebut berisi ulasan dan pencapaian penting perusahaan selama 2023 pada sejumlah bidang, mulai dari tata kelola perusahaan, perlindungan lingkungan, produk dan layanan, keamanan informasi dan perlindungan privasi, hingga pengembangan karyawan.

Capaian penting itu menjadi cerminan komitmen dan tekad J&T Express dalam menjadi korporasi yang sehat serta berkelanjutan.

Berikut adalah capaian-capaian penting J&T Express dalam mendorong operasional perusahaan ramah lingkungan dan mendukung logistik berkelanjutan.

  1. Meningkatkan kemampuan tata kelola dan memperkuat landasan demi operasional berkelanjutan

J&T Express telah membentuk struktur tata kelola ESG yang mencakup seluruh tingkatan. Struktur ini melibatkan dewan direksi, tim kerja ESG, hingga berbagai departemen lain. Dengan demikian koordinasi pengelolaan ESG di perusahaan bisa terbentuk.

Demi meningkatkan kepatuhan dan sistem manajemen risiko, J&T Express manajemen kepatuhan dan berkomitmen. Upaya ini bertujuan untuk membangun struktur tata kelola perusahaan yang komprehensif.

Perusahaan juga membangun lingkungan bisnis yang sehat dan adil melalui advokasi dan pelatihan. Langkah ini dilakukan dalam rangka memberikan landasan kuat demi upaya pengembangan berkelanjutan yang berkualitas tinggi.

Pada 2023, J&T Express telah mengadakan sesi pelatihan etika dan integritas bisnis bagi 58.000 peserta.

  1. Mendorong pengembangan ramah lingkungan dan rendah karbon di seluruh lini

J&T Express terus meningkatkan upaya-upaya berkelanjutan dan rendah karbon dalam kegiatan operasional sehari-hari perusahaan.

Kegiatan itu mencakup serangkaian proses, mulai dari penjemputan paket, transit paket, pengiriman, hingga proses daur ulang limbah kemasan paket.

Implementasi yang lebih luas dari kegiatan tersebut turut melibatkan penggunaan satu lembar e-waybill, kotak kurir yang dapat didaur ulang, karung paket di pusat sortir yang dapat digunakan kembali, serta peralatan pengelolaan kemasan yang ramah lingkungan.

Semua upaya itu bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan kemasan berlebih.

Hingga akhir Desember 2023, terdapat lebih dari 25,6 juta karung paket di pusat sortir yang dapat digunakan kembali usai digunakan lebih dari 1,1 miliar kali.

Dalam mewujudkan transportasi hijau, J&T Express telah menerapkan model kendaraan ramah lingkungan yang disebut sebagai four-in-one. Model kendaraan itu memiliki fokus pada pengelolaan konsumsi bahan bakar, optimalisasi struktur transportasi, dan pemanfaatan energi.

J&T Express juga memberikan pelatihan dan pemahaman akan penghematan energi kepada para pengemudi demi mendorong penerapan green transportation dan membantu transformasi struktural dari energi transportasi.

Pada 2023, J&T Express telah meluncurkan 150 kendaraan berbahan bakar LNG dan 63 kendaraan intelligent driving yang membantu pengemudi mengurangi konsumsi energi saat menempuh rute jarak jauh.

Tak hanya itu, dengan mengacu pada rekomendasi Task Force on Climate-related Financial Disclosures (TCFD), J&T Express juga telah mengembangkan sistem manajemen perubahan iklim pada empat aspek kerangka yang meliputi tata kelola, manajemen risiko, strategi manajemen, serta indikator dan target.

J&T Express menggunakan sistem tersebut untuk mengidentifikasi risiko dan peluang perubahan iklim serta mengambil tindakan yang sesuai untuk mendukung upaya mitigasi perubahan iklim.

Langkah tersebut J&T lakukan sebagai bentuk upaya untuk merespons sekaligus beradaptasi dengan perubahan iklim.

  1. Menghadirkan solusi logistik berkualitas serta menjaga keamanan informasi dan perlindungan privasi

J&T Express berkomitmen untuk menyediakan solusi logistik berkualitas tinggi dengan membangun sistem pengiriman express secara menyeluruh.

Salah satu solusi itu adalah dengan menghadirkan Tuyouda yang ditujukan untuk produk bermerek, merchant dengan volume menengah dan tinggi, serta produk segar dan beku. Ada juga layanan Cash on Delivery dan Parcel Insurance.

Semua solusi tersebut dihadirkan untuk mengoptimalkan pengiriman express dan meningkatkan pengalaman layanan pelanggan.

J&T Express juga sedang mengembangkan strategi logistik pengiriman internasional yang bisa berkontribusi pada pembangunan dan pengembangan industri serta rantai pasok internasional

J&T Express juga telah mengimplementasikan dan meningkatkan langkah-langkah keamanan jaringan global dan perlindungan privasi perusahaan. Hal itu dilakukan melalui penerapan perlindungan terhadap siklus informasi pribadi.

Perusahaan pun secara ketat terus melakukan penjagaan keamanan informasi pengiriman, memastikan perlindungan informasi pribadi pelanggan melalui pengembangan keamanan jaringan, audit keamanan informasi internal yang teratur, serta pelatihan terkait pentingnya keamanan informasi bagi karyawan.

Pada 2023, J&T Express memperoleh beberapa sertifikasi sistem keamanan informasi resmi, seperti ISO 27001 dan ISO 27701.

  1. Mendukung pengembangan karyawan

J&T Express berkomitmen menciptakan lingkungan kerja yang terdiversifikasi, setara, dan inklusif bagi semua karyawan serta menyediakan berbagai saluran komunikasi, tunjangan karyawan, dan dukungan pelatihan yang beragam.

Perusahaan juga terus berusaha meningkatkan pengembangan sistem manajemen keselamatan demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan karyawan.

J&T Express memanfaatkan keunggulan operasionalnya untuk memberikan kontribusi pada pengembangan dan peningkatan komunitas di tempat-tempat karyawan mereka bekerja.

Kontribusi itu mencakup berbagai bidang, seperti perlindungan lingkungan, kesejahteraan masyarakat, bantuan pascabencana, pendidikan, revitalisasi perdesaan, dan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan khusus.

Sebagai contoh, J&T Express telah menyelenggarakan kompetisi video inovasi bernama Green Express di Thailand. Kompetisi ini melibatkan partisipasi luas dari mahasiswa dan masyarakat umum untuk mempromosikan inovasi dalam pembangunan yang ramah lingkungan.

Di China, J&T Express telah mendirikan jalur khusus untuk pertanian dengan jaringan yang mencakup lebih dari 220.000 desa.

Perusahaan juga bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan masyarakat untuk menyediakan sumber daya bagi sekolah-sekolah di perdesaan yang terletak di daerah terpencil.

Di Indonesia, J&T Express mengadakan program J&T Super Seller yang berkontribusi terhadap pengembangan UMKM. Ada juga J&T Connect yang diluncurkan pada 2023 sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada pelaku UMKM penyandang disabilitas agar mereka bisa mengembangkan bisnisnya.

Dengan berpegang pada misi “Berorientasi Pelanggan dan Berbasis Efisiensi”, J&T Express berkomitmen untuk menciptakan nilai sosial dan pengembangan berkualitas tinggi.

Nilai tersebut diciptakan melalui peningkatan efisiensi bisnis dan kualitas layanan, pemberdayaan dan pengembangan karyawan, serta promosi perlindungan lingkungan.

Semua hal itu merupakan bagian dari strategi global perusahaan untuk menghubungkan dunia dengan lebih efisien dan memberikan manfaat logistik bagi semua orang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com