Advertorial

Melek Finansial Sejak Dini, Ajarkan Anak Pantau Saldo Tabungan BRI Junio via BRImo

Kompas.com - 03/06/2024, 12:42 WIB

KOMPAS.com – Pengelolaan keuangan merupakan salah satu life skill yang perlu dimiliki setiap orang demi mewujudkan tujuan finansial di masa depan. Tak hanya bagi orang dewasa, literasi finansial juga perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak.

Pasalnya, seiring perkembangan ekonomi yang kian kompleks, memahami dasar-dasar keuangan menjadi bekal berharga bagi anak-anak.

Dengan pengetahuan tersebut, mereka bisa lebih bijak dalam mengelola uang, terhindar dari jeratan utang, dan mencapai kestabilan finansial di masa depan.

Mengajarkan literasi finansial kepada anak tidak harus rumit. Berikut langkah-langkah praktis yang dapat diterapkan orangtua untuk mengajarkan pengelolaan keuangan kepada anak.

  1. Perkenalkan konsep uang

Langkah praktis pertama yang dapat diterapkan adalah mengenalkan uang kepada anak-anak. Hal ini dapat dimulai dengan menjelaskan asal-muasal uang serta cara menggunakannya.

Anda dapat menggunakan permainan sederhana, seperti bermain toko-tokoan untuk memberikan gambaran nyata tentang transaksi jual beli.

  1. Ajarkan nilai menabung

Anda perlu mengajarkan konsep dan nilai menabung kepada anak sejak dini. Salah satu caranya, dengan memberikan celengan kepada anak. Tak kalah penting, jelaskan pula pentingnya menyisihkan sebagian uang saku untuk ditabung.

Agar anak bersemangat menabung, ajak anak menetapkan tujuan finansial dengan cara menyenangkan. Misalnya, membeli mainan atau buku yang mereka inginkan. Melihat tabungan mereka bertambah setiap hari akan memotivasi mereka untuk terus menabung.

  1. Beri tanggung jawab finansial

Mulailah memberikan tanggung jawab finansial kecil kepada anak-anak. Misalnya, berikan mereka uang saku mingguan dan biarkan mereka mengelola sendiri untuk keperluan jajan atau membeli barang yang diinginkan.

Selain memacu anak bersemangat menabung, hal itu dapat mengajarkan mereka tentang perencanaan dan pengelolaan uang.

  1. Ajak diskusi anggaran keluarga

Anak-anak juga dapat dilibatkan dalam diskusi sederhana tentang anggaran keluarga. Jelaskan bagaimana penghasilan keluarga digunakan untuk berbagai keperluan, seperti makanan, listrik, uang sekolah, dana liburan, dan kebutuhan rumah tangga.

Dengan memahami hal itu, anak-anak akan lebih menghargai kerja keras orangtua sekaligus belajar tentang prioritas dalam pengeluaran.

  1. Pantau saldo Tabungan BRI Junio via BRImo

Setelah memahami nilai-nilai menabung, tak ada salahnya Anda membuatkan rekening khusus anak untuk buah hati. Dengan memiliki rekening khusus, anak tak hanya belajar memahami konsep perbankan, tetapi juga mulai disiplin menabung di lembaga keuangan resmi.

Salah satu produk tabungan yang dapat dipilih untuk anak adalah Tabungan BRI Junio dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Untuk diketahui, Tabungan BRI Junio merupakan tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun.

Tabungan BRI Junio memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, seperti kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, bunga tabungan yang kompetitif, serta bebas biaya admin bulanan.

Selain itu, Tabungan BRI Junio juga memiliki desain buku tabungan dan debit ber-chip dengan desain karakter khusus. Dengan begitu, anak-anak jadi makin semangat menabung.

Cara membuka rekening Tabungan BRI Junio pun mudah lantaran bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Dengan membuka Tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik. Buka Tabungan BRItama Junio via BRImo sekarang karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

-Dok. BRI -

Anda juga dapat mengajak si kecil memantau Tabungan BRI Junio secara berkala lewat aplikasi BRImo. Berikut adalah langkahnya.

  • Buka aplikasi BRImo
  • Pilih “Log-in”, lalu masukkan Username dan Password ataulogin dengan finger print / face recognition
  • Saldo Rekening BRI akan muncul secara otomatis pada menu atas dengan tulisan "Saldo

Rekening Utama"

  • Untuk melihat saldo, tekan ikon Mata
  • Saldo Tabungan akan muncul secara otomatis di Menu Utama

Itulah lima cara ajak anak melek finansial. Mudah bukan?

Yuk, download BRImo sekarang di Google Play Store, App Store, dan Huawei AppGallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan bagi buah hati. Dengan BRImo, transaksi jadi lebih gampang dan sat set karena #BRImoMudahSerbaBisa.

#TabunganBRIPasBuatmu #TabunganAnak #TabunganBRI #TabunganBRIJunio

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com