Advertorial

Cara Menabung Kreatif yang Bisa Diterapkan Bersama Anak dengan Tabungan BRI Junio

Kompas.com - 03/06/2024, 12:46 WIB

KOMPAS.com - Mengajarkan anak tentang pentingnya menabung adalah salah satu investasi terbaik yang bisa dilakukan orangtua.

Pasalnya, menanamkan kebiasaan menabung sejak dini dapat membentuk anak menjadi individu yang bijaksana dalam mengelola keuangan mereka di masa depan.

Namun, konsep mempelajari kebiasaan menabung sering kali terasa membosankan bagi anak-anak. Oleh karena itu, orangtua dituntut lebih kreatif menemukan cara-cara menarik yang dapat membuat anak tertarik belajar menabung.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Berikut Kompas.com rangkumkan empat cara kreatif yang bisa diterapkan orangtua untuk menabung bersama anak.

  1. Membuat celengan dari bahan daur ulang

Mengajak anak membuat celengan dari bahan daur ulang bisa menjadi aktivitas menyenangkan sekaligus edukatif. Anda dapat mengoptimalkan berbagai barang bekas sebagai sarana, seperti botol plastik, kaleng bekas, atau kotak sepatu yang dihias bersama anak.

Saat anak terlibat dalam pembuatan celengan, mereka merasa memiliki keterikatan emosional dengan benda tersebut. Alhasil, mereka lebih termotivasi untuk menabung.

Setiap kali anak memasukkan uang ke dalam celengan buatan mereka, berikan pujian atau penghargaan kecil. Hal ini membuat mereka merasa bangga dan termotivasi untuk terus menabung. Kegiatan menabung pun menjadi menyenangkan.

  1. Menabung dengan sistem reward

Sistem reward atau penghargaan bisa menjadi cara efektif untuk mengajarkan anak menabung. Caranya pun mudah. Anda cukup membuat tabel atau kalender menabung.

Pada kalender tersebut, anak bisa mendapatkan stiker atau tanda bintang setiap kali mereka menabung sejumlah uang tertentu. Setelah mencapai jumlah tertentu, berikan hadiah kecil sebagai bentuk apresiasi.

Sistem reward dapat membantu mereka memahami konsep pengelolaan uang dan pentingnya mencapai tujuan finansial. Dengan mendapatkan penghargaan, anak akan merasa dihargai dan termotivasi untuk terus menabung.

  1. Gunakan permainan edukatif

Permainan edukatif tentang keuangan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengajarkan anak menabung. Ada banyak permainan papan atau aplikasi yang dirancang khusus untuk mengajarkan konsep keuangan kepada anak.

Lewat permainan monopoli, misalnya, anak bisa belajar tentang investasi, pembayaran, dan pengelolaan uang. Melalui permainan, anak-anak dapat belajar tentang keuangan dengan cara yang tidak membosankan. Mereka dapat memahami konsep dasar keuangan, seperti utang, aset, dan tanggung jawab finansial dengan lebih baik.

  1. Bikin tabungan khusus anak

Tak kalah menarik, ajak si kecil menabung di lembaga keuangan resmi seperti perbankan. Hal ini menjadi pengalaman berkesan bagi mereka karena dapat belajar mengenal sistem perbankan serta menggunakan fitur-fitur menarik aplikasi perbankan.

Salah satu produk tabungan yang dapat dipilih untuk anak adalah Tabungan BRI Junio dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

-Dok. BRI -

Untuk diketahui, Tabungan BRI Junio merupakan tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun.

Khusus nasabah dengan umur kurang dari 12 tahun, Tabungan BRI Junio tidak mengenakan biaya administrasi bulanan.

Tabungan BRI Junio memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, seperti kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, bunga tabungan yang kompetitif, serta kehadiran fitur tabungan Junio Rencana.

Selain itu, Tabungan BRI Junio juga memiliki desain buku tabungan dan debit dengan desain karakter khusus. Dengan begitu, anak-anak jadi makin semangat menabung.

Cara membuka rekening Tabungan BRI Junio pun mudah lantaran bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Dengan membuka Tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik. Buka Tabungan BRItama Junio via BRImo sekarang karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

Sebagai upaya mengajarkan anak melek finansial, dengan memiliki Tabungan BRI Junio, Anda juga dapat mengajak si kecil memantau Tabungan secara berkala lewat aplikasi BRImo.

Yuk, download BRImo sekarang di Google Play Store, App Store, dan Huawei AppGallery sekarang untuk merasakan kemudahan bertransaksi perbankan bagi buah hati. Dengan BRImo, transaksi jadi lebih gampang dan sat set karena #BRImoMudahSerbaBisa.

#TabunganBRIPasBuatmu #TabunganAnak #TabunganBRI #TabunganBRIJunio

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com