Advertorial

Ini 3 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Mencapai Tujuan Bisnis

Kompas.com - 03/06/2024, 17:49 WIB

KOMPAS.com – Keberhasilan menjalankan usaha atau bisnis tak hanya bergantung pada pengelolaan produk, jasa, atau layanan yang ditawarkan. Sebagai pemilik, seluruh operasional perusahaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah manajemen keuangan.

Ahli manajemen Bambang Riyanto dalam buku berjudul Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan mendefinisikan manajemen keuangan sebagai aktivitas yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan, menggunakan, dan mengalokasikan dana.

Sementara itu, Siti Aisyah dan kawan-kawan lewat buku berjudul Manajemen Keuangan menjelaskan bahwa manajemen keuangan berfungsi untuk merencanakan, mengatur, mengoperasikan, mengendalikan, dan memantau sumber daya keuangan untuk mencapai tujuan akhir.

Lantas, bagaimana manajemen keuangan dapat membantu bisnis mencapai tujuan jangka panjang? Berikut adalah ulasannya yang dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Senin (23/10/2023).

  1. Titik mula bisnis

Untuk mengawali bisnis, seorang pebisnis tak hanya membutuhkan modal, tetapi juga kemampuan guna mengelola modal sebaik mungkin.

Manajemen keuangan merupakan skill yang dibutuhkan untuk mengalokasi modal guna berbagai kebutuhan, mulai dari membeli perlengkapan usaha, biaya produksi, hingga biaya distribusi.

  1. Menjalankan operasional bisnis

Seiring berjalannya bisnis, Anda akan mendapatkan keuntungan dari penjualan. Keuntungan ini harus diputar kembali untuk keberlangsungan bisnis.

Tanpa manajemen keuangan yang baik, operasional bisnis tidak akan berjalan lancar, bahkan berisiko memicu kebangkrutan.

  1. Mengelola arus kas

Operasional bisnis yang sehat selalu memiliki surplus dana dalam arus kasnya. Jika sumber daya terbatas, surplus dana harus dikelola dengan manajemen keuangan yang bijak agar arus kas tetap terjaga.

Selain itu, pengeluaran dan pemasukan perusahaan juga harus dikelola sebaik mungkin. Artinya, setiap detail pengeluaran dan pemasukan harus dicatat secara rinci.

Dengan manajemen keuangan itu, pemilik bisnis dapat memantau arus kas secara periodik sehingga dapat membelanjakan dana yang dimiliki secara tepat.

Meski terlihat merepotkan, manajemen keuangan yang bijak dapat menjadi juru selamat bagi kelangsungan dan keberhasilan bisnis.

Untuk membantu melakukan manajemen keuangan, pemilik bisnis bisa memanfaatkan Danamon Cash Connect.

Danamon Cash Connect adalah layanan internet banking yang dapat membantu pengelolaan bisnis keuangan lewat transaksi perbankan secara aman, real-time, dan fleksibel di mana saja melalui website dan aplikasi mobile.

Lewat Danamon Cash Connect, pebisnis dapat mengecek serta memantau rekening koran dan mutasi rekening secara langsung dalam satu genggaman.

Nasabah juga bisa menyetujui (approve) banyak transaksi sekaligus dalam satu kali approval sesuai level yang diatur nasabah.

Danamon Cash Connect juga memungkinkan nasabah untuk dapat melakukan transaksi overbooking secara langsung, termasuk melakukan transfer lewat Sistem Kliring Nasional (SKN), Real Time Gross Settlement (RTGS), Online Transfer, dan BI Fast.

Kemudian, ada pula fitur bill payment untuk membayar tagihan PLN postpaid dan prepaid, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, telepon Telkom, serta virtual account Danamon.

Lewat Danamon Cash Connect, nasabah juga bisa mendapatkan informasi kurs berbagai mata uang. Bahkan, nasabah juga bisa memanfaatkan fitur Outgoing Transfer Remittance untuk mengirimkan dana dalam berbagai mata uang asing ke luar negeri dengan kurs yang kompetitif.

Operasional bisnis pun semakin efisien berkat fitur e-Tax Payment atau Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3) yang tersedia di Danamon Cash Connect. Lewat fitur ini, nasabah dapat membayar pajak secara real-time online, baik one to one maupun bersamaan dalam satu transaksi file (bulk).

Danamon Cash Connect.Dok. Danamon Danamon Cash Connect.

Untuk memudahkan manajemen keuangan, nasabah juga bisa mengecek, mengunduh (download), dan mencetak status transaksi.

Seluruh fitur tersebut dapat dimanfaatkan nasabah dengan keamanan yang terjamin. Sebab, Danamon Cash Connect dirancang dengan standar tinggi dalam industri keamanan internet serta dilindungi teknologi enkripsi data canggih dan terkini.

Danamon Cash Connect juga mengusung sistem autentikasi dua faktor atau two factor authentication dengan kata sandi (password) untuk login dan token keamanan (security token) untuk bertransaksi. Terdapat dua tipe token yang dapat dipilih, yakni hard token atau mobile token.

Dengan akses mudah dan praktis, fitur beragam, sistem keamanan canggih, serta layanan fleksibel, Danamon Cash Connect dapat menjadi andalan pebisnis dalam pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien.

Apalagi, sejak 2020, Danamon juga secara rutin menghadirkan edukasi finansial, termasuk soal manajemen keuangan, lewat gelaran Danamon Financial Friday (DFF).

Sebagai informasi, Danamon Financial Friday merupakan program edukasi yang disiarkan melalui saluran media digital Danamon setiap Jumat. Program ini mencakup tip dan trik keuangan terkini serta isu dan tren yang dibahas oleh pakar keuangan terpercaya dari Danamon.

Yuk, saksikan Danamon Financial Friday melalui tautan berikut.

Sementara, informasi lengkap mengenai Danamon Cash Connect bisa Anda temukan pada tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com