Advertorial

Berkolaborasi dengan Kemendag, Bank Mandiri Siap Sukseskan Trade Expo Indonesia 2024

Kompas.com - 04/06/2024, 20:29 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menyelenggarakan 39th Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Banten, 9-12 Oktober 2024.

Acara perdagangan internasional tahunan terbesar di Indonesia tersebut digelar untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia kepada pasar global. Acara ini juga menjadi ajang interaksi antar-pelaku bisnis, baik dalam maupun luar negeri, untuk menjalin kerja sama dagang dan investasi.

Dukungan penuh pada penyelenggaraan TEI merupakan salah satu wujud komitmen Bank Mandiri dalam memajukan perdagangan, khususnya ekspor-impor di Indonesia.

Apalagi, dengan posisinya sebagai bank terdepan dalam perdagangan wholesale saat ini, Bank Mandiri menjadi pilihan utama yang dipercaya oleh para pelaku bisnis dalam menjalankan perdagangan internasional.

Senior Vice President Government Solution Bank Mandiri Aland Rinny Patitty menyampaikan rasa syukur pihaknya lantaran bisa mewujudkan komitmen Bank Mandiri dalam memperkuat ekosistem perdagangan di Indonesia dengan berkontribusi penuh di ajang TEI.

“Bank Mandiri akan terus berperan aktif dalam memajukan Indonesia di panggung internasional. Untuk itu, kami selalu mendukung para pelaku bisnis agar dapat menghadapi tantangan global dengan penuh percaya diri,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (4/6/2024).

Modal untuk itu sudah dimiliki oleh bank pelat merah ini. Salah satunya adalah pengakuan internasional atas perbaikan kondisi keuangan Bank Mandiri secara berkesinambungan.

Pada Mei 2024, lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menaikkan Peringkat Nasional Jangka Panjang (International Long-Term Foreign) Bank Mandiri menjadi BBB dari yang sebelumnya BBB-.

Saat ini pula, Bank Mandiri juga sudah hadir di tujuh negara dan menjalin hubungan baik dengan bank koresponden global.

Selain itu, sejalan dengan tren global yang menunjukkan dominasi dan peningkatan penggunaan metode pembayaran non-letter of credit, Bank Mandiri juga turut mendorong pembiayaan transaksi non-letter of credit yang nilainya lebih besar ketimbang pembiayaan transaksi letter of credit (L/C).

Upaya tersebut diganjar dengan status pencatatan outstanding L/C oleh Bank Mandiri menjadi yang tertinggi di sektor industri. Sejumlah penghargaan internasional yang diraih pun membuktikan bahwa Bank Mandiri memang sangat mumpuni.

Bank Mandiri secara konsisten memenangkan penghargaan bergengsi sebagai Indonesia Domestic Trade Finance Bank of the Year di ajang Asian Banking and Finance (ABF) Wholesale Banking Awards selama enam tahun berturut-turut sejak 2017 hingga 2023.

Tak hanya itu, Bank Mandiri juga dinobatkan sebagai Best Trade Finance Bank in Indonesia dalam ajang Global Banking Outlook Awards selama dua tahun berturut-turut pada 2022 dan 2023. Penghargaan ini meneguhkan posisinya sebagai undisputed leader dalam industri perbankan.

Inovasi berkelanjutan, structured solutions, layanan unggul, serta journey peningkatan kompetensi advisor yang masif telah mengantarkan Bank Mandiri menjadi pemenang dalam panggung internasional.

Dengan modal tersebut, Bank Mandiri makin dipercaya dan dapat diandalkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas produksi, mengembangkan pasar, dan memperluas jangkauan bisnis mereka ke pasar internasional melalui pembiayaan ekspor.

Kopra by Mandiri, solusi digital terintegrasi untuk perusahaan

-Dok. Bank Mandiri -

Sebagai mitra strategis para pelaku usaha di era digital sekarang ini, Bank Mandiri menyediakan wholesale digital superplatform bernama Kopra by Mandiri.

Layanan ini merupakan one stop financial platform yang mampu memenuhi kebutuhan perbankan nasabah korporasi dengan lebih cepat, mudah, dan terintegrasi.

Dengan tagline Always deliver, always ahead,” Kopra by Mandiri dibuat untuk memberikan yang terbaik bagi para pelaku usaha dan menjadi yang terdepan dalam dunia industri.

“Keberadaan Kopra by Mandiri sejalan dengan aspirasi Bank Mandiri untuk menjadi Indonesia’s Sustainability Champion for a Better Future, salah satunya dengan empowering digital platforms in society.” jelas Aland.

Hingga Maret 2024, platform tersebut telah digunakan lebih dari 182.000 pengguna dengan peningkatan frekuensi sebesar 19,4 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Kopra by Mandiri telah berhasil meningkatkan transaksi hingga mencapai Rp 19.100 triliun. Angka merupakan nilai transaksi digital tertinggi untuk bisnis wholesale.

Kopra by Mandiri menjadi andalan bagi para pelaku usaha karena memiliki solusi digital yang terintegrasi dan berbagai keunggulan sebagai berikut.

  • Kemudahan registrasi melalui website com.
  • Kemudahan navigasi dan operasional transaksi sejak pembukaan rekening giro, inquiry akses layanan e-channel trade, cash-management, hingga layanan valuta asing.
  • Menerima beragam metode pembayaran, seperti documentary credit, documentary collection, dan open account.
  • Menawarkan dukungan pembiayaan untuk kegiatan eksportir, sejak pre-shipment financing (proses pengapalan barang), in-transit (barang transit), hingga post-shipment financing (setelah pengiriman).
  • Nasabah dapat memantau transaksi secara real-time, mengakses, dan mendapatkan pencairan pembiayaan secara same day service.

Tidak hanya kegiatan eksportir, Bank Mandiri juga memperkuat sektor logistik dengan mendukung persiapan pengiriman barang oleh forwarder kepada shipping lines.

Dukungan tersebut diwujudkan dalam produk layanan bernama Kopra Auto Collection. Layanan ini mengotomasi pemindahan dana dari shipping lines atau pengguna jasa kepada port operator.

Selain itu, Bank Mandiri juga menyediakan limit transaksi khusus pada kartu debit Port Community untuk memudahkan pembayaran jasa logistik.

Kedua layanan tersebut dapat dimonitor melalui Kopra Dashboard Port Solution sehingga makin mendukung terciptanya masyarakat tanpa uang tunai (cashless society) di sektor logistik dan kepelabuhan.

“Dengan kehadiran Kopra by Mandiri, nasabah dapat secara mudah mengelola informasi transaksi hingga laporan secara terpadu, cepat, aman, serta nyaman di dalam satu platform yang efisien dan terintegrasi,” imbuh Aland.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com