Advertorial

3 Fakta Menarik yang Iringi Kesuksesan Toyota sebagai Top of Mind untuk Kendaraan Hybrid

Kompas.com - 05/06/2024, 16:50 WIB

KOMPAS.com – Produsen otomotif asal Jepang, Toyota, berhasil menjadi merek top of mind untuk kategori mobil hybrid electric vehicle (HEV) di Indonesia.

Hal tersebut terungkap dari survei yang dilakukan oleh Kompas.com terkait pemahaman masyarakat terhadap keberadaan mobil listrik 2023.

Keberhasilan Toyota dalam menjadi top of mind pada kategori mobil hibrida tentu jadi hal menarik. Mengingat saat ini juga terdapat sejumlah kendaraan HEV dari berbagai produsen.

Dalam survei tersebut, terdapat setidaknya tiga fakta menarik yang ditemukan Kompas.com terkait kesuksesan Toyota menjadi top of mind pada kategori HEV. Berikut ulasannya.

  1. Unggul jauh dari kompetitor

Dari responden yang diwawancara dengan perbandingan 70 persen pria dan 30 persen wanita, mereka memilih Toyota sebagai salah satu merek mobil hybrid yang diingatnya.

Bahkan, Toyota menempati urutan pertama dengan perolehan 78 persen. Angka ini unggul cukup jauh dari kompetitornya yang ada di posisi kedua dengan perolehan 31 persen.

  1. Jadi merek HEV yang paling ingin dibeli

Selain unggul jauh sebagai merek yang paling diingat oleh masyarakat, survei yang dilakukan oleh Kompas.com juga mendapati fakta bahwa Toyota sukses masuk sebagai top 10 brand mobil hybrid yang akan di beli di masa mendatang.

Bahkan, Toyota berhasil menjadi produsen yang paling diminati. Ini lantaran sebanyak 48 persen dari responden mengaku lebih memilih membeli produk HEV Toyota di masa depan ketimbang produsen lain.

  1. Disukai karena efisien

Responden yang mengaku ingin membeli mobil berjenis hibrida disebutkan mengalami pertumbuhan.

Mayoritas dari responden itu menyebutkan, selain karena ramah lingkungan, mereka juga tertarik dengan HEV lantaran dinilai lebih efisien dari segi bahan bakar.

Selain itu, performa mesin yang lebih halus, punya fitur modern, dan pajak yang lebih murah juga jadi faktor yang menarik dari minat para responden.

Itu tadi sejumlah fakta yang mengiringi kesuksesan Toyota yang berhasil menjadi top of mind pada sektor kendaraan hibrida di Tanah Air.

Selain fakta tersebut, keberhasilan Toyota dalam menjadi top of mind pada sektor HEV juga disebutkan turut memengaruhi peningkatan awareness atau kesadaran masyarakat terhadap kehadiran Toyota Waste Station.

Toyota Waste Station adalah fasilitas yang dirancang khusus untuk mengumpulkan, mengelola, dan mengolah berbagai jenis sampah dengan cara berkelanjutan.

Inisiatif tersebut adalah bagian dari program “It’s Time for Everyone” yang diselenggarakan Toyota sejak Desember 2022.

Lewat kampanye itu, Toyota mengajak masyarakat untuk mau terlibat dalam mendukung program netralitas karbon.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, kampanye itu dilakukan untuk mengurangi risiko pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change).

“Melalui gerakan It’s Time for Everyone, Toyota menyediakan akses bagi masyarakat untuk ikut berkontribusi dan bersama-sama mengurangi emisi karbon demi masa depan yang lebih hijau,” ujar Henry dikutip dari laman id.itstimeforeveryonemovement.co.id, Senin (27/11/2023).

Gerakan It’s Time for Everyone sendiri diimplementasikan Toyota lewat sejumlah strategi multi-pathway.

Selain itu, Toyota juga menghadirkan ragam kendaraan elektrifikasi yang sesuai tren, gaya hidup, pengetahuan, dan kebutuhan pelanggan.

Saat ini, Toyota telah menghadirkan berbagai kendaraan elektrifikasi lengkap untuk dipilih oleh masyarakat, mulai dari HEV, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), hingga battery electric vehicle (BEV).

Untuk segmen hibrida atau HEV, Toyota memiliki sejumlah kendaraan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Beberapa kendaraan yang ada pada kategori tersebut adalah Toyota Yaris Cross Hybrid, Toyota Camry Hybrid, Toyota Innova Hybrid , Toyota Corolla Cross, dan Toyota Alphard Hybrid.

Untuk informasi lengkap terkait kampanye It’s Time for Everyone, silakan klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com