Advertorial

Tip Liburan Nyaman dan Menyenangkan Bareng Teman-teman

Kompas.com - 06/06/2024, 09:05 WIB

KOMPAS.com – Liburan bersama teman-teman memiliki tantangan tersendiri ketimbang solo traveling atau bepergian bersama keluarga. Meski demikian, bukan berarti aktivitas tersebut tidak bisa berjalan dengan baik.

Agar liburan bareng teman-teman nyaman dan menyenangkan, kamu bisa menyimak tip berikut.

  1. Tentukan waktu, destinasi, dan aktivitas seru liburan bersama

Sebelum merencanakan itinerari perjalanan, alangkah baik kamu menentukan tanggal keberangkatan dan lama liburan akan berlangsung. Hal ini dilakukan untuk memperkirakan jumlah hari cuti atau izin yang dibutuhkan, baik untuk anak sekolah, mahasiswa, maupun pekerja.

Setelah itu, kamu dan teman-teman dapat menentukan perkiraan bujet serta destinasi mana yang cocok dan ideal.

Ketiga tahap tersebut terdengar mudah, tetapi bisa jadi yang paling sulit karena setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing tentang liburan ideal bersama teman-temannya.

Oleh karena itu, coba untuk mengerti keinginan satu sama lain dan pertimbangkan juga pendapat teman dengan banyak berdiskusi. Jika tanggal, destinasi, dan perkiraan bujet sudah ditentukan, itinerari perjalanan akan lebih mudah untuk disusun.

  1. Buat itinerari teratur dan fleksibel

Kemudian, buat rencana perjalanan yang teratur, tapi tetap fleksibel, mulai dari obyek wisata hingga kegiatan yang cocok untuk dilakukan bersama-sama.

Terkadang beberapa tempat wisata, taman hiburan, restoran, dan bahkan akomodasi menawarkan harga khusus jika kamu melakukan pemesanan secara ramaian lho.

Dengan demikian, pengeluaran akan lebih hemat, meskipun dengan fasilitas yang sama atau bahkan lebih baik ketimbang jika kamu bepergian sendiri.

Cobalah untuk reservasi terlebih dahulu sebelum mendatangi tempat wisata, taman hiburan, restoran, dan akomodasi guna memastikan ketersediaan tempat, terlebih jika akan datang di tempat favorit wisatawan.

Selain itu, tentukan pula beberapa kegiatan alternatif sebagai rencana cadangan jika ternyata tempat yang ingin dikunjungi tidak sesuai ekspektasi, misal ramai, jaraknya jauh, dan waktunya tidak memungkinkan.

  1. Pilih akomodasi yang nyaman dan efektif

Jangan lupa untuk pilih akomodasi yang nyaman dan efektif untuk perjalanan. Misal, jika dibandingkan menginap di hotel, pertimbangkan untuk menyewa vila atau homestay untuk memudahkan berkumpul dan menikmati waktu bersama-sama lebih banyak.

Pilih pula transportasi yang memudahkan, seperti pesawat. Dengan memilih pesawat, kamu bisa menghemat lebih banyak waktu dan tidak pusing memikirkan barang bawaan karena bisa ditaruh di bagasi saat check-in. Selain itu, pesan tiket grup lebih mudah dan sering kali ada penawaran khusus untuk pemesanan grup.

Citilink, misalnya, menawarkan promo pesan 20 tiket gratis 1 tiket di HoliDeals hingga tanggal 9 Juni 2024 di citilink.co.id dan aplikasi Citilink.

Selain itu, ada diskon bank hingga Rp 350.000 dan diskon tiket 10 persen untuk pengguna LinkMiles. Promo ini bisa digunakan untuk liburan bersama teman-teman, keluarga, dan pasangan.

Yuk, cek penawaran spesial HoliDeals di akun media sosial @citilink dan buat #PengalamanTiadaBatas bersama teman perjalanan favorit. Pesan sekarang!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com