Advertorial

LazzieChat, Chatbot AI dari Lazada yang Bantu Pengguna Temukan Pilihan Produk Tepat secara Personal

Kompas.com - 08/06/2024, 12:42 WIB

KOMPAS.com – Platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara, Lazada, terus memberikan pengalaman belanja yang seru dan personal bagi para konsumen. Salah satunya, lewat fitur chatbot berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI), LazzieChat.

Penggunaan AI dalam industri e-commerce semakin marak. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan pengalaman digital bagi konsumen, termasuk membantu pengguna menentukan pilihan produk yang tepat di platform e-commerce.

LazzieChat siap untuk dimanfaatkan konsumen yang menantikan Lazada 6.6 Super Wow Sale yang dimulai pada Rabu (5/6/2024). Fitur ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat dan sesuai keinginan secara cepat, terutama saat berbelanja pada festival belanja tersebut.

Pada momentum seperti Lazada 6.6 Super Wow Sale, konsumen biasanya telah merencanakan untuk berbelanja, demi mendapatkan promo menarik dan harga terbaik. Namun, tak jarang mereka kebingungan menentukan produk yang tepat.

Dengan LazzieChat, konsumen dapat mengajukan pertanyaan dan meminta rekomendasi. LazzieChat dengan cerdas akan merespons pertanyaan pengguna dan bertindak sebagai pembelanja pribadi, memberikan saran yang dipersonalisasi dan rekomendasi produk agar pengalaman berbelanja semakin optimal.

Didukung oleh ChatGPT OpenAI, LazzieChat terus belajar memahami dan menanggapi pertanyaan terkait saran produk atau topik relevan layaknya manusia. Kemampuan prediktif AI dalam chatbot ini juga membantu mengoptimalkan pencarian produk dengan lebih efisien dan akurat sehingga konsumen dapat menemukan dan membeli produk yang dibutuhkan dengan lebih cepat.

Deputy Chief Customer Experience Lazada Indonesia Farid Suharjo mengatakan, LazzieChat dirancang untuk menjadi teman belanja yang intuitif dan ideal bagi konsumen yang masih bingung menentukan pilihan. Fitur ini juga membantu brand dan penjual menjangkau konsumen potensial dengan lebih tepat.

“Lazada berkomitmen untuk terus meningkatkan algoritma LazzieChat agar dapat memberikan respons yang lebih tepat dan bertanggung jawab, sambil tetap mematuhi kebijakan trust and safety Lazada,” ucap Farid dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/6/2024).

Interaksi yang lebih banyak dengan pengguna, ia melanjutkan, diharapkan akan membuat LazzieChat semakin pintar.

Nah, penasaran cara menggunakan LazzieChat dari Lazada? Simak panduannya berikut.

  1. Buka LazzieChat dengan menggeser ke bawah halaman beranda Lazada

Tak sulit menggunakan LazzieChat. Kamu cukup buka aplikasi Lazada dan geser ke bawah halaman beranda untuk menemukannya. Setelah itu, kamu dapat mencari inspirasi produk untuk diri sendiri, hadiah orang terkasih, atau kebutuhan lainnya.

Cukup ketik pesan untuk LazzieChat, seperti "rekomendasi kecap manis aman untuk diabetes", maka fitur ini akan menampilkan beberapa produk yang sesuai.

Jika kamu belum memiliki kebutuhan spesifik, LazzieChat menyediakan beberapa pilihan topik untuk memulai. Pilih topik yang menarik dan mulailah berinteraksi dengan LazzieChat.

  1. Ajukan pertanyaan atau pesan kepada LazzieChat

LazzieChat akan merespons berdasarkan pesan yang disampaikan. Semakin detail pertanyaan atau pesan, semakin akurat pula jawaban dan rekomendasi yang diberikan LazzieChat.

  1. Memanfaatkan LazzieChat sebagai pembelanja pribadi

Layaknya pembelanja pribadi, LazzieChat akan terus memberikan rekomendasi produk kepada pengguna. Jangan ragu untuk terus menuliskan pesan atau pertanyaan dengan detail, sampai kamu merasa puas dengan rekomendasi yang diberikan.

  1. Cek rekomendasi dan lakukan pembelian

Setelah LazzieChat memberikan pilihan produk, kamu dapat langsung mengecek detailnya dengan satu klik. Jika sudah sesuai, segera lakukan check out dan pembayaran agar tidak ketinggalan harga terbaik.

Mudah, bukan? Tunggu apalagi? Ayo, unduh Lazada dan coba LazzieChat untuk berbelanja di Lazada 6.6 Super Wow Sale sekarang!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com