Advertorial

HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Kemendagri Gelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Penajam Paser Utara

Kompas.com - 08/06/2024, 21:27 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024.

Kegiatan itu digelar untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pencanangan itu berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (8/6/2024).

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Togap Simangunsong mengatakan, Penajam Paser Utara adalah kabupaten terdekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Bisa kami katakan juga penyangganya atau buffer-nya sehingga kami lebih menyuarakan kepada seluruh Indonesia bahwa ini (ibu kota negara yang baru] supaya lebih dikenal,” ujarnya dalam siaran pers.

Togap mengatakan, kegiatan itu merupakan langkah untuk mengawali Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang akan berlangsung di seluruh Indonesia.

“Di sini, kami start awalnya untuk seluruh Indonesia, kemudian nanti puncaknya sekitar nanti pada tanggal 17 Agustus yang akan datang,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, total bendera merah putih yang disebarkan di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 1.500 buah.

Togap berharap, gerakan tersebut dapat meningkatkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia dan memperkuat rasa cinta kepada bendera merah putih.

“Bendera ini kan lambang negara kita. Jadi bagaimana pun ini akan lebih kami tingkatkan [rasa] semangat nasionalisme,” tuturnya.

Pencanangan gerakan itu ditandai dengan kirab Bendera Merah Putih dari Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Lapangan Upacara Kantor Bupati Penajam Paser Utara.

Kirab tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun. Kegiatan itu diikuti lebih kurang 1.500 peserta dari berbagai kalangan yang turut serta membawa bendera merah putih.

Para peserta tersebut terdiri dari pasukan drum band, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), perwakilan organisasi perangkat Daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan (Ormas), siswa-siswi sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA), serta masyarakat umum.

Kirab tersebut ditutup dengan penyerahan bendera merah putih yang dibawa Paskibraka kepada Plh Dirjen Polpum Kemendagri, Pj Bupati Penajam Paser Utara, dan Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Penajam Paser Utara.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com