Kabar pariwisata

"Westlife With Love Tour 2024", Candi Prambanan Jadi Pusat Inspirasi Seni Budaya

Kompas.com - 09/06/2024, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Boyband legendaris asal Irlandia, Westlife, menyapa penggemar di Tanah Air melalui konser bertajuk “Westlife with Love Tour 2024” di Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat (7/6/2024).

Konser eksklusif Westlife di Indonesia kali ini terasa semakin spesial karena berlangsung di panggung dengan latar belakang situs warisan dunia ikonik, Candi Prambanan.

Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor aviasi dan pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, meyakini konser Westlife with Love Tour 2024 mampu dongkrak kunjungan wisatawan ke kawasan Candi Prambanan dan sekitarnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan, pihaknya optimistis konser Westlife mampu meningkatkan kontribusi ekonomi secara langsung pada sektor pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng).

"Konser Westlife with Love Tour 2024 sejalan dengan semangat kami untuk mengembangkan sektor pariwisata, khususnya di Candi Prambanan dan daerah-daerah sekitarnya. Kehadiran Westlife akan menjadi magnet bagi para penggemarnya sekaligus dapat menikmati kemegahan dan keindahan Candi Prambanan," ujar Maya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (8/6/2024).

Untuk diketahui, Westlife membawakan lagu-lagu baru dan klasiknya pada konser di Tanah Air.

Konser Westlife kali ini juga dimeriahkan penampilan spesial penyanyi kenamaan asal Filipina, Christian Bautista. Christian melantunkan lagu-lagu hitsnya dan berkolaborasi dengan Westlife.

Konser di Candi Prambanan pun diharapkan menjadi salah satu konser terbaik Westlife. Candi Prambanan yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO menciptakan suasana magis dan penuh kenangan bagi penonton saat menikmati lantunan syahdu musik Westlife.

Anak usaha InJourney, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) atau yang disebut juga dengan InJourney Destination Management (IDM), siap menjadi tuan rumah tour Westlife di Candi Prambanan.

Dalam menyambut world tour concert seperti Westlife, IDM fokus pada aspek optimalisasi layanan dan fasilitas di kawasan Candi Prambanan agar dapat memberikan experience bagi para penonton konser.

Selain itu, IDM juga berkolaborasi dengan pihak keamanan sekitar dan pimpinan daerah, baik kepolisian dan lainnya untuk menjamin pelaksanaan konser dapat berjalan dengan lancar serta kondusif.


“Keseruan konser Westlife dengan latar belakang Candi Prambanan yang indah t menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. InJourney berharap, konser Westlife mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Candi Prambanan dan juga Yogyakarta dan sekitarnya, sehingga mampu memberikan multiplier effect luas,” imbuhnya.

Perkuat awareness wisatawan Candi Prambanan

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis IDM, Hetty Herawati, mengamini bahwa kehadiran Westlife ke Candi Prambanan pun menarik para penggemar dari seluruh Indonesia.

“Candi Prambanan dengan keindahan landscape-nya sangat cocok sebagai tempat penyelenggaraan event musik internasional, termasuk konser Westlife. Lokasi dan aksesibilitas Candi Prambanan yang mudah diakses, baik dari Jogja maupun Solo mendukung positioning sebagai art and cultural melting pot, ruang publik untuk berekspresi, berdialog dan mengapresiasi akulturasi seni, budaya, sejarah, termasuk music,” kata Hetty.

Hetty melanjutkan, IDM bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak guna menyelenggarakan event seni dan budaya sepanjang tahun di Prambanan.

“Kami percaya bahwa event musik Westlife akan memperkuat awareness Candi Prambanan dan menarik peminat music yang pada akhirnya membantu menggerakkan pariwisata serta ekonomi Yogyakarta, Jateng, dan sekitarnya,” paparnya.

Ia menambahkan, IDM juga menetapkan sejumlah hal yang diperbolehkan dan dilarang (do’s and don'ts) selama pertunjukan berlangsung untuk menjaga aspek konservasi warisan budaya Candi Prambanan.

Upaya mitigasi tersebut berlaku bagi baik penyelenggara maupun penonton yang hadir.

“Sebagai pengelola Candi Prambanan, keamanan aset heritage menjadi prioritas. Kami memastikan penyelenggaraan event di kawasan Candi Prambanan berjalan aman dan nyaman melalui pengaturan visitor management, pengamanan tambahan dari TNI dan Polri, unsur masyarakat, serta ketersediaan fasilitas pendukung,” kata Hetty.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com