Kabar pariwisata

Ajak Cucu Nikmati Akhir Pekan, Presiden Jokowi Apresiasi Wajah Baru Tmii

Kompas.com - 09/06/2024, 13:10 WIB

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sang istri, Iriana, mengajak cucu-cucunya, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah menikmati akhir pekan dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (8/6/2024), sekitar pukul 13.40 WIB.

Selain menikmati keindahan pemandangan, Presiden Jokowi juga mengajak cucunya untuk belajar tentang keberagaman budaya di Indonesia melalui wahana di TMII.

Kedatangan Presiden Jokowi dan keluarga disambut oleh Direktur Utama TMII Intan Ayu Kartika dan Direktur Operasi TMII Arie Prasetyo di Tourist Information Center (TIC) TMII. 

Kunjungan rombongan Presiden Jokowi diawali dengan menaiki angling menyusuri Danau Miniatur Arsipelago Indonesia.

Rombongan Presiden Jokowi dan keluarga juga menikmati keindahan budaya Indonesia melalui beragam bangunan rumah adat yang termasuk dalam area anjungan daerah. Pemandu wisata TMII mendampingi dan menjelaskan berbagai anjungan daerah yang di TMII, termasuk museum dan wahana kreasi, kepada rombongan Presiden Jokowi

Setelah menyaksikan pertunjukan Gamelan Corobalen di TIC, rombongan Presiden Jokowi kemudian menaiki kendaraan listrik menuju Taman Burung. Cucu-cucu Presiden tampak gembira saat menyaksikan berbagai spesies burung yang ada di TMII. Untuk diketahui, Taman Burung TMII tercatat memiliki 218 spesies dengan lebih dari 2.000 ekor burung.

Senyum pun terpancar dari wajah Presiden Jokowi ketika beliau beserta cucu-cucunya bisa berinteraksi langsung dengan satwa, berfoto, bahkan menyaksikan Bird Presentation.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan cucunya mengunjung wahana Taman Burung yang terdapat di TMII. dok. InJourney Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan cucunya mengunjung wahana Taman Burung yang terdapat di TMII.

Sebelum rombongan meninggalkan TMII, Presiden dan keluarga juga berkesempatan menikmati keindahan TMII dari atas udara dengan menaiki kereta gantung.

Di tengah kunjungannya tersebut, Presiden Jokowi sempat berjumpa para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jatinegara 05 Pagi yang tengah berwisata. Momen pertemuan itu pun diunggah di akun Instagram milik Presiden Jokowi (@jokowi).

Pada siswa tampak senang karena TMII kini lebih tertata dan banyak ilmu yang bisa didapatkan dengan bermain di berbagai wahana yang tersedia.

Wajah baru TMII

TMII dikelola oleh cucu perusahaan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pariwisata dan aviasi, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney. Kawasan wisata ini telah selesai direvitalisasi dan diresmikan Presiden Jokowi pada Jumat (1/9/2023).

Presiden Jokowi berharap dengan wajah barunya, TMII tidak hanya menjadi destinasi pariwisata, tetapi juga dapat menjadi sarana edukasi yang memperkenalkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia bagi masyarakat, tamu negara, serta wisatawan mancanegara.

Sebagai informasi, revitalisasi TMII dilakukan sejak Januari 2022. Setelah revitalisasi, TMII hadir dengan wajah baru yang tertata rapi, lebih hijau, lebih indah, dan lebih nyaman. TMII hadir dengan 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan.

TMII yang telah direvitalisasi turut mengusung empat pilar konsep pengelolaan baru, yakni Smart, Culture, Green, dan Inclusive.

Pilar Smart berarti TMII menjadi destinasi yang berfokus pada pengembangan dan implementasi platform digital. Pilar Culture diwujudkan dengan menjadi destinasi wisata yang mempresentasikan ragam budaya Indonesia.

Pilar Culture diwujudkan melalui optimalisasi kegiatan seni dan budaya dan ragam atraksi di panggung panggung terbuka atau open space. Dengan begitu, pengunjung berkesempatan untuk menyaksikan langsung pagelaran seni dan budaya serta terlibat dan menjadi bagian dari budaya itu sendiri.

Pilar Green diwujudkan dengan hadirnya lanskap ramah pedestrian dengan dominasi lahan terbuka hijau serta penggunaan kendaraan bebas emisi karbon sebagai transportasi utama.

Pilar Inclusive berarti TMII hadir sebagai destinasi wisata yang terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat yang saling bertoleransi dan menghargai budaya. Hal ini ditunjukkan dengan TMII yang tetap menjadi destinasi wisata dengan harga tiket terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan keluarga yang sudah berkunjung ke TMII untuk menikmati akhir pekan.

“Kami berharap, TMII bisa menjadi tempat wisata yang membawa kebahagiaan dan keceriaan bagi setiap keluarga di Indonesia,” kata Maya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (9/6/2024).

TMII dengan wajah baru senantiasa menghadirkan pertunjukan yang menarik. Untuk menyambut liburan sekolah, TMII menyelenggarakan Festival Kumpul Bocah mulai Sabtu (22/6/2024) hingga Minggu (7/7/2024).

Terdapat beragam aktivitas seru yang dapat dinikmati, mulai dari Natsu Matsuri, permainan tradisional anak, hingga pertunjukan budaya. Tersedia juga beragam promo menarik, seperti bayar sekali untuk naik kereta gantung berkali-kali hanya Rp 100.000, bundling tiket masuk+kereta gantung, dan museum pass.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com