Advertorial

Dari Maliq & D’essential, RAN, hingga Ustaz Hanan Attaki, Siap Ramaikan BSI International Expo 2024

Kompas.com - 10/06/2024, 11:47 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) akan menampilkan sejumlah selebritas papan atas, seperti Maliq & D'essential, RAN, Kahitna, Putri Ariani pada gelaran BSI International Expo 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (20/6/2024) hingga Minggu (23/6/2024).

Pameran yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut juga diwarnai oleh kajian spiritual dari sejumlah penceramah, mulai dari ustaz Hanan Attaki hingga penceramah parenting Aisyah Dahlan.

Senior Vice President Marketing Communication BSI Kemas Erwan Husaini mengatakan, BSI International Expo 2024 juga akan menghadirkan sejumlah kegiatan, seperti talk show, seminar, dan business matching.

Pada acara talk show, BSI International Expo 2024 akan menampilkan pasangan artis Atta Halilintar dan Aurel, serta Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Selebritas yang aktif di platform media sosial, seperti Tya Ariestya, Paula Verhoeven, dan Alice Norin juga turut memeriahkan acara.

“BSI International Expo 2024 akan menjadi ajang pameran internasional pertama dan terbesar yang pernah digelar oleh bank syariah di Indonesia," ujar Kemas dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (9/6/2024).

Selain itu, pada pameran yang terbuka untuk umum dan keluarga tersebut, pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai produk halal, kajian mengenai parenting, serta menikmati hiburan secara gratis.

Bertajuk “Connecting You to Halal Lifestyle,” BSI International Expo 2024 akan menghadirkan sejumlah kegiatan, seperti pameran halal travel, termasuk haji dan umrah, maskapai penerbangan, merek fesyen ternama, beauty and health, otomotif, elektronik, buku-buku Islam, dan lembaga pendidikan.

BSI International Expo 2024 juga akan menghadirkan paviliun dari negara sahabat, seperti Uni Emirat Arab (UAE), Arabia Saudi, Pakistan, Brasil, Malaysia, Kazakhstan, Inggris Raya (United Kingdom), Filipina, dan Australia. Negara-negara tersebut akan memperkenalkan produk dan jasa unggulan mereka kepada pengunjung BSI International Expo.

Dari sisi business matching, diharapkan produk-produk halal Indonesia dapat diperkenalkan untuk tujuan ekspor dengan kehadiran berbagai peserta pameran dari luar negeri tersebut.

Lebih lanjut, Kemas mengatakan, tidak hanya pameran dan business matching, BSI International Expo 2024 juga digelar untuk meningkatkan literasi terhadap industri halal.

“Melalui rangkaian acara seminar industri halal, pakar industri, akademisi, dan pembuat kebijakan akan berdiskusi serta memberikan wawasan, best practice, dan rekomendasi strategi untuk mendorong pertumbuhan pasar halal yang berkelanjutan,” kata Kemas.

Kemas menjelaskan, sebagai lokomotif ekonomi syariah Indonesia, BSI terus berfokus pada pengembangan ekosistem Islam yang mencakup enam segmen utama, yaitu ekosistem haji dan umrah, pondok pesantren, sekolah Islam, zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF), masjid, serta industri halal.

Melalui BSI International Expo 2024, BSI ingin menghadirkan akses serta menghubungkan konsumen dengan berbagai produk dan gaya hidup halal.

BSI memprediksi bahwa gaya hidup halal di Indonesia akan berkembang pesat dari tahun ke tahun seiring dengan pertumbuhan ekonomi Islam dunia.

Pada sektor ekonomi Islam global, belanja konsumen tumbuh 9,5 persen secara tahunan (year-on-year /yoy) menjadi 2,29 triliun dollar AS pada 2022. Selain itu, pertumbuhan aset keuangan syariah Indonesia tumbuh 13,37 persen yoy mencapai Rp 2,45 triliun atau setara 163 miliar dollar AS per Juni 2023.

Hal tersebut menunjukkan bahwa industri keuangan syariah di Indonesia tumbuh dengan baik. Selain itu, Indonesia juga menjadi negara dengan belanja konsumen makanan halal terbesar kedua di dunia dengan perkiraan belanja muslim global di sektor ini mencapai 1,89 triliun dollar AS pada 2027.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai BSI International Expo, dapat dilihat melalui website berikut ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com