Advertorial

Targetkan Jadi Brand Terbaik Tanah Air, Begini Proses Produksi Laptop Axioo

Kompas.com - 11/06/2024, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama Axioo sudah tidak asing lagi di industri komputer dan elektronik. Hadir sejak 2004, Axioo merupakan merek lokal pertama yang memproduksi laptop di Indonesia.

Kala itu, produk Axioo langsung disambut hangat oleh pasar. Pasalnya, laptop brand lokal ini dibanderol dengan harga terjangkau jika dibandingkan laptop sejenis di pasaran.

Sebagai contoh, Axioo Hype dan Pongo. Kedua laptop ini digemari dan tetap mampu bersaing dengan berbagai produk dari merek lain.

Oleh karena itu, President Commissioner PT Tera Data Indonusa Tbk Sugiyanto Sutikno percaya diri bahwa Axioo dapat melangkah jauh di pasar elektronik Indonesia.

PT Tera Data Indonusa Tbk selaku perusahaan yang menaungi merek Axioo Indonesia pun bertekad untuk menjadi brand laptop atau PC nomor satu di Tanah Air.

“Berdasarkan pencapaian yang telah didapat hingga saat ini, kami (Axioo Indonesia) memiliki misi untuk bisa menjadi brand (laptop) terbaik pada 2024,” ujar Sugi kepada awak media di kantor PT Tera Data Indonusa Tbk, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2024).

Untuk menunjukkan keseriusan tersebut, Axioo mengajak para awak media, termasuk Kompas.com, untuk mengintip dapur produksi di pabrik mereka.

Axioo Media Trip dipandu langsung oleh Production Manager Axioo Indonesia, Niko. Ia menemani awak media untuk melihat langsung tahapan pembuatan laptop ataupun PC dari brand asli Indonesia itu.

Salah satu produksi laptop yang diperlihatkan secara langsung adalah Axioo MyBook Hype 1.

Lalui sejumlah tahapan

Sembari berkeliling, Niko menjelaskan bahwa perakitan laptop yang ada di pabrik terdiri dari sejumlah tahapan.

“Jadi, proses produksi laptop di sini kurang lebih terdiri dari empat tahapan. Untuk tahap awal, kami melakukan pengecekan dulu terhadap suplai spare part atau materialnya. Apakah sudah sesuai dengan pesanan atau tidak? Lalu, ada cacat fisik atau tidak?” jelas Niko.

Kemudian, tambah Niko, komponen yang lolos kualifikasi akan langsung digunakan untuk tahap perakitan, seperti pemasangan kabel, kamera, memori, dan SSD.

Setelah terakit dengan rapi, perangkat tersebut harus melalui tahapan kontrol kualitas atau quality control (QC).

“Kami langsung lakukan serangkaian tes. Kami di sini menggunakan standar berkualitas internasional pada kegiatan QC agar laptop yang dihasilkan punya performa mumpuni, mulai dari fisik, kesesuaian spesifikasi, hingga tes perangkat yang berlangsung selama 6 jam. Parameter yang kami gunakan juga banyak. Salah satunya terkait fungsi dari laptop itu sendiri,” terang Niko.

Perakitan laptop dan perangkat lain dari Axioo wajib melalui sejumlah tahapan. Dok. Kompas.com/Erlangga Satya Perakitan laptop dan perangkat lain dari Axioo wajib melalui sejumlah tahapan.

Jika selama 6 jam laptop tidak mengalami gangguan, perangkat dinyatakan lolos pengetesan. Laptop pun bisa langsung memasuki tahap pengemasan.

Setelah itu, laptop akan ditimbang guna memastikan kelengkapan aksesori dan spesifikasi perangkat.

“Kami sudah punya standar untuk satu kemasan itu beratnya berapa. Misal beratnya tak sesuai, sudah pasti ada komponen yang kurang. Laptop itu langsung kami bongkar lagi semua secara detail untuk menemukan kekurangannya,” tuturnya.

Niko menerangkan, pabrik Axioo dapat memproduksi sekitar 300 hingga 400 unit laptop dalam sehari. Selain laptop, pabrik itu memproduksi sejumlah perangkat lain, seperti all in one PC dan smart board.

“Kalau ditotal, kami bisa memproduksi ribuan unit setiap hari di sini, mulai dari laptop, PC, hingga perangkat lain,” kata Niko.

Vice President Business Development and Strategic Partnerships PT Tera Data Indonusa Tbk Timmy Theopelus menjelaskan, kapasitas produksi di pabrik Axioo tersebut juga merupakan jawaban atas permintaan pasar akan produk Axioo yang tinggi, khususnya produk Hype Series dan Pongo.

“Ke depan, Axioo dan Pongo akan terus mengeluarkan jajaran produk baru sesuai dengan kebutuhan pasar. Kedua merek ini kami harapkan menjadi pilihan terbaik untuk anak muda, pekerja profesional, dan gamer,” ucap Timmy.

Berikan layanan purnajual paripurna

Tidak hanya pada sisi produksi, Axioo juga memberikan pelayanan purnajual paripurna kepada pelanggannya. Tim Kompas.com melihat sendiri service point yang terletak tak jauh dari lokasi pabrik.

Di tempat tersebut, tim Kompas.com disambut oleh Store Manager Axioo Indonesia Muhammad Amin.

Amin mengatakan, selain karena kualitas dan harga terjangkau, kelebihan Axioo juga terletak pada pelayanan purnajual yang paripurna.

Axioo saat ini memiliki 177 service point yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menjadikan Axioo sebagai salah satu jenama laptop yang memiliki jaringan service point terluas di Indonesia.

Service point Axioo terdiri dari dua jenis layanan, yakni Axioo Care Platinum dan Axioo Care Gold. Untuk Care Platinum, service point ini menyediakan layanan purnajual premium dan hanya ada sekitar 15 gerai di seluruh Tanah Air.

Service point Axioo Care Platinum. Dok. Kompas.com/Erlangga Satya Service point Axioo Care Platinum.

“Platinum itu layanan langsung dari Axioo Indonesia. Salah satu program unggulannya adalah same day service yang menawarkan solusi perbaikan laptop dengan cepat, yakni maksimal 6 jam. Kalau lebih dari 6 jam, pelanggan akan kami berikan laptop pengganti agar bisa beraktivitas,” papar Amin.

Sementara, Axioo Care Gold, tambah Amin, adalah layanan purnajual yang dijalankan bersama dealer atau pihak lain, mulai dari menjual hingga menyediakan layanan servis.

“Tentu kami menghadirkan sejumlah persyaratan bagi pihak yang ingin bekerja sama. Di luar same day service, layanan di Axioo Care Gold juga tak jauh berbeda dengan Axioo Care Platinum.,” ucapnya.

Amin menambahkan, pada kedua layanan tersebut, Axioo tidak memungut biaya servis apa pun, termasuk penggantian spare part.

Bahkan, Axioo juga akan memberikan layanan gratis bagi pelanggan yang hendak melakukan peningkatan atau upgrade untuk perangkat, seperti RAM dan SSD.

“Pelanggan yang merasa laptopnya sudah tidak maksimal dan ingin di-upgrade RAM ataupun SSD-nya bisa langsung dibawa ke service point yang kami miliki. Mereka tak perlu keluar uang lagi untuk menikmati layanan kami. Layanan ini kami hadirkan sebagai bentuk komitmen Axioo dalam melayani pelanggan,” terang Amin.

Sebelum mendatangi service point Axioo, pelanggan disarankan untuk mendaftarkan keluhannya di laman axiooworld.com. Pada laman tersebut, pelanggan juga bisa mengecek service point Axioo terdekat yang ada di kotanya masing-masing.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com