Advertorial

Bursa Transfer Liga 1, Persik Kediri Segera Dapatkan Brendon Lucas dari Ho Chi Minh City FC

Kompas.com - 11/06/2024, 17:14 WIB

KOMPAS.com – Bursa transfer musim panas Liga 1 Indonesia semakin panas. Terbaru, bek tengah Ho Chi Minh City Football Club (FC) Brendon Lucas dirumorkan akan segera bergabung dengan Persik Kediri pada musim depan.

Brendon saat ini memperkuat Ho Chi Minh City FC di liga teratas Vietnam, V League 1. Klub tersebut disponsori oleh Mansion Sports Entertainment Group International Limited (MSEG), perusahaan ekuitas swasta asal Inggris yang memiliki misi untuk mendukung sepak bola di Asia Tenggara.

MSEG tak hanya mensponsori klub, tetapi juga membangun sarana olahraga di Vietnam dan Thailand yang menghasilkan pemain-pemain berkualitas tinggi incaran klub-klub ternama.

Kini, Brendon menjadi salah satu pemain yang diincar Persik Kediri untuk menambah kekuatan tim di Liga 1 musim depan.

Pemain berusia 29 tahun tersebut masih memiliki kontrak dengan Ho Chi Minh City FC dan akan berakhir pada 30 Juni 2024. Hal ini membuat

peluang Persik Kediri untuk mendapatkannya terbuka lebar.

Brendon akan mengisi posisi yang ditinggalkan bek andalan Persik Kediri, Anderson Do Nascimento, yang kontraknya juga akan berakhir pada akhir Juni 2024.

Keduanya pemain tersebut memiliki kemampuan yang tak jauh berbeda. Sebagai bek tengah, Brendon memiliki tinggi 188 cm, hanya berbeda 1 cm dari Anderson yang memiliki tinggi 187 cm.

Sama-sama berasal dari Brasil, Brendon yang dua tahun lebih muda diproyeksikan sebagai bek tengah yang mumpuni bagi Persik Kediri pada musim depan.

Masa depan Anderson bersama Persik Kediri masih belum pasti. Ia juga dikabarkan diminati oleh tim Liga 1 lain asal Jawa Timur.

Direktur Persik Kediri Souraiya Farina Alhaddar angkat bicara mengenai rumor kepergian Anderson dari Stadion Brawijaya.

"Saat ini, belum ada pembicaraan mengenai perpanjangan kontrak," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (11/6/2024).

-Dok. instagram.com/hcmcfootballclub -

Rekrut untuk perkuat lini pertahanan

Kedatangan Brendon yang sempat dilirik oleh Semen Padang begitu ditunggu para penggemar Persik Kediri. Sebab, Brendon dengan tubuh besarnya dinilai memiliki kemampuan dalam duel udara.

Sebelum bergabung dengan Persik Kediri, Brendon telah malang melintang di berbagai klub Asia dan Eropa. Ia memulai karier profesionalnya di klub Brasil Palmeiras, kemudian menghabiskan sebagian besar kariernya di liga Portugal, yakni di Portimonense, Académica de Coimbra, Covilha, dan Leixoes.

Pada 2021, Brendon pertama kali bergabung dengan Ho Chi Minh City FC. Di klub tersebut, ia menjadi bek andalan. Dikutip dari transfermarkt.com Brendon tampil dalam 49 pertandingan untuk klub Vietnam tersebut serta mencetak satu gol dan satu asis.

Setelah sempat membela klub Rumania FC Arges Pitesti, Brendon kembali ke Ho Chi Minh City FC pada Juni 2023. Ia berkontribusi besar dalam membawa klub keluar dari zona merah V League 1 musim 2023 dan menduduki posisi ketujuh di akhir musim 2023-2024.

Kehadiran Brendon di Persik Kediri diharapkan dapat meningkatkan soliditas lini pertahanan dan membawa tim meraih hasil yang lebih baik di musim depan. Pada musim lalu, klub ini berhasil finis di papan tengah klasemen dengan menduduki posisi kesembilan. 

Profil Brendon Lucas

Brendon memulai karier sepak bolanya di akademi klub papan atas Brasil, Palmeiras. Klub ini terkenal melahirkan talenta-talenta muda yang kini berkarier di Eropa, seperti Gabriel Jesus (Arsenal), Endrick (Real Madrid), dan Estevao Willian (Chelsea).

Meskipun belum pernah bermain di Indonesia, Brendon sudah memiliki pengalaman di Asia Tenggara. Ia bergabung dengan Ho Chi Minh City FC pada musim 2021-2022. Klub ini merupakan salah satu tim terkuat di Vietnam dengan koleksi empat gelar juara liga dan satu kali runner-up pada 2019.

Selain itu, tim yang berjuluk Kapal Perang Merah dan bermarkas di Stadion Thong Nhat tersebut telah menghasilkan pemain-pemain incaran klub-klub di Asia Tenggara, seperti Brendon yang kini menjadi incaran Persik Kediri.

Setelah sempat bermain di klub Rumania, Arges Pitesti FC, Brendon kembali ke Ho Chi Minh City pada Juni 2023. Pada musim 2023-2024, Brendon berhasil membawa Ho Chi Minh City FC menduduki posisi ketujuh berkat 19 penampilan dan satu gol di V League 1. 

Nama lengkap : Brendon Lucas da Silva Estevam

Tempat dan tanggal lahir : Brasil, 20 Mei 1995

Tinggi : 188 cm

Kewarganegaraan : Brasil

Posisi : Bek tengah

Klub saat Iini : Ho Chi Minh City FC

Bergabung : 9 Juni 2023

Kontrak berakhir : 30 Juni 2024

Karier bermain

  • Ho Chi Minh City FC (49 pertandingan, 1 gol dan 1 asis)
  • Academica Coimbra (36 pertandingan, 3 gol)
  • SC Covilha (30 pertandingan, 2 gol)
  • Leixoes SC (29 pertandingan)
  • Portimonense SC (11 pertandingan)
  • ACSC FC Arges (9 pertandingan)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com