Advertorial

Tertarik Punya Mobil Bekas? Begini Keuntungan dan Tip Membelinya

Kompas.com - 12/06/2024, 13:38 WIB

KOMPAS.com – Mobil bekas dapat menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang yang ingin memiliki kendaraan pribadi. Selain harganya yang lebih terjangkau, membeli mobil bekas juga memiliki keuntungan tersendiri.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (14/5/2021), mobil bekas bisa langsung digunakan setelah transaksi dilakukan karena data dan surat-surat kendaraan telah tersedia.

Jika hendak menjualnya kembali, selisih harga mobil tidak terlalu jauh dari harga beli.

Bagi konsumen yang suka berganti-ganti kendaraan, mobil bekas bisa menjadi pilihan tepat. Konsumen bisa leluasa memilih merek, tipe, model, hingga tahun pembuatan.

Meski begitu, membeli mobil bekas bukan berarti bebas risiko. Konsumen harus tetap teliti dan hati-hati ketika membeli mobil bekas. Jika tidak teliti, konsumen berisiko mendapatkan mobil bekas berkualitas rendah.

Sebagai contoh, kondisi mesin mobil sudah tidak prima, terdapat beberapa kerusakan di bagian eksterior dan interior mobil, serta dokumen kendaraan tidak lengkap.

Tip membeli mobil bekas

Agar terhindar dari risiko-risiko tersebut, terdapat beberapa tip yang bisa dicoba. Pertama, cek kelengkapan dokumen kendaraan. Pastikan dokumen, seperti STNK, BPKB, dan surat pendukung lain sudah lengkap. Pastikan pula nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan yang tertera pada STNK dan BPKB.

Kedua, cek kondisi mobil. Jangan lupa lakukan pengecekan kondisi mobil secara menyeluruh, mulai dari mesin, kaki-kaki, eksterior, hingga interior mobil. Jika perlu, minta tolong pada orang yang sudah ahli di bidang pengecekan mobil.

Ketiga, lakukan test drive. Test drive wajib dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Dengan mencoba mobil secara langsung, Anda bisa mengetahui kondisi mobil saat dikendarai, seperti kestabilan laju mobil, respons saat pedal gas diinjak, dan perpindahan transmisi.

Keempat, perhatikan riwayat perawatan. Saat mengecek mobil bekas, jangan lupa tinjau riwayat servis dan perawatan yang telah dilakukan. 

Perawatan yang perlu dicek meliputi jenis perbaikan atau penggantian komponen apa saja yang pernah dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Manfaatkan layanan jual beli mobil bekas

Sebagai tambahan empat tip tersebut, Anda bisa memanfaatkan layanan jual beli mobil bekas tepercaya untuk memudahkan mendapatkan kendaraan impian terbaik. Salah satunya adalah OLXmobbi yang diperkenalkan pada Senin (18/3/2024).

OLXmobbi merupakan layanan menyeluruh dan terintegrasi dari PT Astra Digital Mobil (ADMO) yang memberikan kemudahan transaksi serta akses layanan yang lebih luas kepada konsumen yang ingin membeli, menjual, ataupun tukar tambah mobil bekas.

OLXmobbi memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar Indonesia. dok. OLXmobbi OLXmobbi memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar Indonesia.

OLXmobbi berfokus pada bisnis layanan online dan offline jual beli mobil bekas yang berbasis teknologi serta one stop solution bagi pembeli ataupun penjual mobil bekas.

Untuk semakin memudahkan pelanggan dalam bertransaksi mobil bekas, OLXmobbi bekerja sama dengan ekosistem Grup Astra dan mitra bisnis lain melalui sejumlah inisiatif. Ini mencakup layanan penjualan, layanan keuangan, seperti pembiayaan, asuransi, dan pembayaran, serta after-sales service.

Untuk diketahui, OLXmobbi merupakan penggabungan berbagai lini bisnis di ekosistem Grup Astra, yaitu mobil88, mobbi, dan OLX Autos. Layanan ini menyediakan lebih dari 2.000 mobil bekas berkualitas dengan proses transaksi jual beli yang aman, nyaman, cepat, dan mudah.

OLXmobbi memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, seta Medan.

Selain itu, OLXmobbi menawarkan sejumlah keuntungan bagi pembeli, seperti pilihan mobil bekas berkualitas yang telah melewati inspeksi di 188 titik dan tersertifikasi oleh tim ahli yang tepercaya.

Terdapat pula garansi mesin dan transmisi hingga 1 tahun, jaminan 7 hari uang kembali, serta gratis biaya jasa perawatan.

Bagi konsumen yang ingin menjual mobilnya, selain datang langsung ke store, mereka dapat menikmati layanan home inspection untuk diinspeksi secara langsung oleh tim ahli.

“Proses menjual mobil di OLXmobbi sangat cepat hanya sekitar 1 jam. Uang akan segera ditransfer setelah deal dan dokumen lengkap,” jelas Direktur OLXmobbi Agung Iskandar.

Konsumen yang ingin membeli, tukar tambah, atau menjual mobil bekas dapat mengunjungi store OLXmobbi atau website olxmobbi.co.id.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait OLXmobbi, silakan kunjungi olxmobbi.co.id atau hubungi 150264.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com