Advertorial

Hari Persalinan Makin Dekat, Sambut Kelahiran Buah Hati dengan 3 Persiapan Ini

Kompas.com - 13/06/2024, 11:47 WIB

KOMPAS.com – Trimester ketiga kehamilan merupakan masa jelang persalinan yang kerap membuat ibu hamil merasa tegang dan khawatir. Apalagi jika hari perkiraan lahir (HPL) hanya tinggal menghitung hari.

Meski begitu, kekhawatiran tersebut bisa diminimalkan dengan melakukan persiapan yang baik. Sebab, persiapan yang matang dapat membuat ibu lebih tenang saat menjalani proses persalinan.

Namun, persiapan persalinan bukan sekadar menyiapkan berbagai barang yang akan dibawa ke tempat bersalin atau rumah sakit nanti. Terdapat berbagai persiapan lain yang tidak kalah penting untuk mendukung persalinan dan setelah melahirkan.

Berikut adalah sejumlah hal yang perlu dipersiapkan oleh ibu menjelang persalinan.

  1. Persiapkan kondisi tubuh

Melahirkan membutuhkan tenaga dan stamina tubuh yang baik. Untuk itu, ibu mesti dalam kondisi sehat dan prima agar proses melahirkan berjalan lancar.

Oleh karena itu, menjelang HPL, ada baiknya ibu mengonsumsi banyak makanan bernutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan zat besi. Dengan begitu, tubuh lebih siap dan tidak kekurangan tenaga saat melahirkan.

Selain dari makanan, asupan nutrisi untuk mendukung kelahiran juga bisa didapat dari mengonsumsi susu khusus masa kehamilan, seperti Prenagen Emesis.

Prenagen Emesis merupakan susu rendah lemak dengan nutrisi lengkap untuk ibu dan bayi. Susu ini mengandung protein, vitamin B6, DHA-Omega 3, kalsium, zat besi, dan asam folat.

  1. Persiapan menyusui

Air susu ibu (ASI) merupakan asupan utama yang penting bagi bayi, terutama selama 6 bulan pertama. Oleh karena itu, sebaiknya persiapan menyusui dilakukan sebelum kelahiran bayi.

Sebagai bekal menyusui, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan konselor laktasi di trimester tiga kehamilan. Dengan bertemu konselor laktasi sebelum persalinan, ibu bisa belajar tentang cara menyusui yang baik hingga cara mengantisipasi berbagai kendala terkait menyusui.

Selain itu, ibu juga bisa mempersiapkan asi booster–sebutan bagi makanan yang digunakan untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Selain dalam bentuk makanan, saat ini terdapat beragam ASI booster dalam bentuk suplemen yang praktis untuk dikonsumsi. Salah satunya, ASI booster Mom Uung.

Suplemen menyusui itu mengandung ekstrak daun kelor, daun katuk, dan ikan gabus yang membantu melengkapi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI serta meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui dan bayi.

  1. Mempersiapkan perlengkapan bayi

Menjelang kehadiran anggota keluarga baru, jangan lupa untuk mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan agar tidak kerepotan nantinya.

Perlengkapan tersebut meliputi pakaian bayi, tempat tidur, perlengkapan menyusui, skincare si kecil, hingga popok sebaiknya disiapkan sebelum kelahiran bayi.

Soal pemilihan popok untuk bayi, ada baiknya memilih popok dengan ukuran yang pas dan lembut untuk kulit bayi. Selain itu, daya serap popok juga mesti diperhatikan sehingga tidak menimbulkan ruam pada kulit bayi.

Salah satu rekomendasi popok sekali pakai (pospak) yang cocok untuk bayi baru lahir adalah Makuku Newborn. Pospak Makuku memiliki teknologi intri struktur SAP yang efektif mengurangi ruam popok. Popok ini juga antigumpal dan mampu mengunci cairan dengan baik sehingga permukaan popok lebih kering dan tidak mudah bocor.

Selain itu, Makuku Newborn juga hadir dengan U Shape yang dapat melindungi tali pusar bayi serta bagian pinggang dengan perekat yang mudah dilepas pasang.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com