Advertorial

UII Raih Predikat Kampus Islam Nomor Satu di Indonesia

Kompas.com - 13/06/2024, 13:39 WIB

KOMPAS.com - Universitas Islam Indonesia (UII) meraih predikat Kampus Islam Nomor 1 di Indonesia dari Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2024.

Prestasi tersebut menempatkan UII di antara jajaran universitas terbaik di Indonesia yang mendapatkan peringkat internasional.

UII menjadi salah satu dari 24 universitas yang masuk ke dalam ranking THE WUR 2024. UII pun menjadi satu-satunya perguruan tinggi Islam yang masuk dalam peringkat tersebut dengan posisi 1.501+ dunia.

Sebagai informasi, THE WUR adalah salah satu pemeringkatan universitas dunia yang bereputasi.

Pemeringkatan tersebut menilai kualitas pendidikan melalui 18 indikator yang terbagi dalam lima pilar, yakni pengajaran (teaching environment); lingkungan penelitian (kuantitas, dana hibah, dan reputasi); kualitas penelitian; international outlook; dan industri (transfer pengetahuan dan hak paten).

Kriteria pemeringkatan

Salah satu kriteria penting untuk dapat terdaftar dalam THE WUR adalah memiliki minimal 1.000 publikasi internasional bereputasi dalam lima tahun terakhir.

Data tersebut diperoleh dari database Scopus Elsevier sebagai sumber data akademik paling kredibel. Hal ini menunjukkan bahwa universitas harus aktif dalam penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang diakui secara global.

Menanggapi pencapaian tersebut, Rektor UII Fathul Wahid mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas raihan UII dalam pemeringkatan THE WUR 2024.

“Pencapaian ini tentu menjadi kebanggan bagi lebih dari 27.000 mahasiswa kami dan alumni UII yang kini telah mencapai lebih dari 124.000 yang tersebar di Indonesia, bahkan dunia,” ujar Fathul dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (13/6/2024).

UII juga berada di peringkat satu untuk kategori kampus Islam di Indonesia dalam pemeringkatan QS World University Rankings (QS WUR) 2025 yang dirilis pada Selasa (4/6/2024).

Pada peringkat global, UII menempati ranking 88 Asia Tenggara dan 1.201-1.400 dunia. UII menjadi salah satu dari 27 universitas di Indonesia yang terdaftar dalam QS WUR 2025.

“Dengan pencapaian UII sebagai kampus Islam nomor satu di Indonesia menurut THE WUR 2024 dan QS WUR 2025, kami berharap UII menjadi pilihan yang tepat bagi para pengejar mimpi untuk memperoleh pendidikan berkualitas yang diakui nasional dan global,” papar Fathul.

Informasi penerimaan mahasiswa baru UII dapat dikunjungi melalui laman https://pmb.uii.ac.id/pmb2024/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com