Advertorial

Sambut Idul Adha, Pemkab Klaten Serahkan 12 Ekor Sapi dan 45 Ekor Kambing

Kompas.com - 14/06/2024, 15:45 WIB

 

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyerahkan 57 hewan kurban ke sejumlah pihak dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Hewan kurban tersebut diserahkan Bupati Klaten Sri Mulyani kepada sejumlah pihak, seperti Masjid Agung Al-Aqsha, Masjid Raya Klaten, Panti Asuhan Siwi Mekar, dan Tim Oranye Dinas Lingkungan Hidup di Kabupaten Klaten.

Hewan kurban yang terdiri dari 12 ekor sapi dan 45 ekor kambing itu diserahkan secara simbolis oleh Sri Mulyani di Halaman Pendopo Setda Klaten, Jumat (14/6/2024).

Pada kesempatan itu, terdapat empat ekor sapi dan empat ekor kambing yang diserahkan secara simbolis.

Rinciannya, dua ekor sapi kepada perwakilan Masjid Agung Al-Aqsha, dua ekor sapi kepada Masjid Raya Klaten, dua ekor kambing kepada Panti Asuhan Siwi mekar, dan dua ekor kambing kepada Tim Oranye Dinas Lingkungan Kabupaten Klaten.

Sri mengatakan, hewan kurban yang diserahkan berasal dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kabupaten Klaten.

“Alhamdulillah, (hewan kurban) ini pengadaan dari bapak dan ibu Kepala OPD dan jajaran Pemkab Klaten. Hewan kurban juga kami serahkan untuk Masjid Nur Azizah, Masjid Nurul Istiqlal, anak-anak terlantar, tenaga harian lepas (THL), relawan, dan masyarakat yang membutuhkan atau wilayahnya minim penyembelihan hewan kurban,” ujar Sri dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/6/2024).

Ia berharap, hewan kurban yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang menerima.

“Semoga hewan kurban yang kami berikan bersama seluruh jajaran OPD ini dapat diterima Allah SWT. Tentunya, dapat memberikan berkah dan manfaat bagi penerima,” kata Sri.

Pada kesempatan sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemkab Klaten Nurcholis Arif Budiman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud syukur dengan menyisihkan harta untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

“Kegiatan ini istimewa karena dapat merasakan kebersamaan dalam melaksanakan ibadah kurban. Kurban merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada sesama dan mengajarkan nilai-nilai mulia, seperti kesederhanaan serta keikhlasan. Kurban mengajarkan pentingnya berbagi rezeki terhadap sesama,” jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com