Advertorial

Bupati Klaten Beri Bantuan Rp 10 Juta kepada Puput, TKW yang Kritis di Dubai

Kompas.com - 14/06/2024, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Bupati Klaten Sri Mulyani mengunjungi kediaman Puput Erna Sri Rejeki (34), seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kampung Blateran, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (14/6/2024).

Puput, begitu ia biasa disapa, sempat menjadi perhatian publik setelah mengalami kritis di Rumah Sakit (RS) Al Qasimi, Dubai, Uni Emirat Arab.

Berkat kerja sama Pemerintah Indonesia yang difasilitasi oleh Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI), Puput pun berhasil dipulangkan ke Indonesia pada Rabu (29/5/2024).

Menanggapi berita tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bergerak cepat. Bupati klaten menyerahkan bantuan uang Rp 10 juta dan sembako kepada Puput dan keluarganya. Ia didampingi asisten, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Lurah setempat.

“Kegiatan hari ini, saya menyerahkan bantuan uang dan sembako kepada Mbak Puput dan keluarga. Mbak Puput merupakan TKW di Dubai yang kondisinya sempat sakit kritis. Alhamdulillah, kini sudah pulang ke Indonesia (Klaten) dan sudah menjalani pengobatan,” ujar Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/6/2024).

“Bantuan uang senilai Rp 10 juta serta sembako ini kami berikan untuk meringankan beban keluarganya,” tambahnya.

Sri Mulyani juga menyatakan bahwa kunjungannya itu bertujuan untuk memberikan semangat dan dukungan dalam menghadapi masa pemulihan Puput.

“Saya tadi cek, Mbak Puput sudah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan mandiri. Kami akan terus memantau kondisinya dan Kepala Dinsosp3akb akan melakukan asesmen lebih lanjut,” imbuh Sri Mulyani.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com