Advertorial

Rayakan Liburan Sekolah dengan Destinasi Edukatif dan Menghibur, Intip 5 Destinasi Seru berikut!

Kompas.com - 18/06/2024, 11:30 WIB

KOMPAS.com – Masa liburan sekolah menjadi salah satu momen yang paling dinantikan bagi setiap keluarga, terutama anak-anak.

Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dapat menjadi lebih menyenangkan dengan mengeksplorasi berbagai destinasi wisata yang menarik.

Ada sejumlah jenis tempat wisata bisa dikunjungi, mulai dari aktivitas fisik dan olahraga hingga yang memicu adrenalin. Ada juga tempat wisata yang menyediakan arena bermain sambil belajar, khususnya untuk anak-anak.

Tidak hanya itu, terdapat pula destinasi wisata yang memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi dunia di luar kelas dengan cara yang menyenangkan serta informatif sedang menjadi tren di media sosial.

Berbagai destinasi edukatif dan interaktif semakin digemari karena dinilai dapat memperkaya wawasan anak-anak selama masa liburan sehingga memberikan mereka pengalaman belajar yang tak terlupakan.

Berikut adalah beberapa destinasi liburan edukatif yang menarik untuk anak-anak dan keluarga yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Taman Pintar Yogyakarta

Terletak tepat di jantung kota Yogyakarta, Taman Pintar merupakan destinasi yang sempurna untuk menggabungkan rekreasi dan edukasi.

Tempat tersebut menawarkan berbagai wahana interaktif yang dirancang untuk memancing rasa ingin tahu dan kreativitas anak-anak.

Mulai dari praktik sains, pameran teknologi, hingga area bermain air, semua wahana di destinasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang mengasyikkan.

  1. Museum Angkut Malang

Museum Angkut di Malang bukan hanya museum biasa. Dengan koleksi kendaraan dari berbagai era dan negara, tempat ini mengajak anak-anak untuk mengenal sejarah transportasi dengan cara yang menyenangkan.

Ditambah dengan suasana kota-kota terkenal dari seluruh dunia yang direkonstruksi di dalam museum, anak-anak dapat belajar tentang sejarah dan budaya sambil berfoto-foto ria.

  1. Jakarta Aquarium

Berada di pusat perbelanjaan Neo Soho, Jakarta Aquarium menawarkan pengalaman bawah laut yang memukau.

Selain melihat berbagai jenis ikan dan makhluk laut lainnya, anak-anak juga bisa mengikuti sesi edukasi tentang biologi kelautan dan pentingnya menjaga ekosistem laut.

Interaksi langsung dengan beberapa hewan laut di touch pool juga menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi ini.

  1. Buumi Playscape

Buumi Playscape merupakan tempat bermain dan belajar yang didesain untuk anak-anak di Jakarta.

Dengan konsep indoor playground yang ramah anak, Buumi Playscape menawarkan berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan motorik, kreativitas, dan sosialisasi anak.

Tempat tersebut sangat cocok untuk anak-anak prasekolah hingga usia sekolah dasar (SD).

  1. Gramedia

Sebagai salah satu toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia tak hanya menawarkan berbagai buku edukatif untuk anak-anak. Toko buku ini juga sering mengadakan event menarik selama liburan sekolah.

Salah satu event tersebut adalah Kegiatan Nusa Membaca yang berkolaborasi dengan Indonesia Book Party.

Kegiatan Nusa Membaca mengajak untuk mengikuti kegiatan membaca bersama di berbagai tempat dan kota, seperti yang akan dilaksanakan di Taman Botanic, Cikarang, hingga toko Gramedia di Malang, Gorontalo, dan Tegal.

Mengunjungi destinasi-destinasi itu saat liburan sekolah tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak.

Dengan begitu, liburan sekolah akan menjadi momen yang berharga dan bermanfaat. Jadi, tunggu apa lagi? Ajak anak-anak Anda untuk berwisata sambil belajar di tempat-tempat seru tersebut.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau