Advertorial

KoinWorks Luncurkan Impact Report 2023: Kuatkan Ekosistem Pembiayaan Inklusif dan Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas

Kompas.com - 18/06/2024, 17:53 WIB

KOMPAS.com - Platform financial technology (fintech) KoinWorks meluncurkan laporan Impact Report 2023: Leveling Up The MSME Ecosystem. Laporan ini menampilkan hasil dampak sosial perusahaan sepanjang 2023.

Laporan tersebut sekaligus memperkuat komitmen KoinWorks dalam mewujudkan visi “The Most Responsible Fintech” dengan mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia pada 2025.

Berdiri sejak 2016, platform keuangan digital itu hadir untuk mengatasi akses terbatas terhadap kredit dan inklusi bagi pelaku UMKM di Indonesia. Komitmen ini diwujudkan perusahaan dengan mendapatkan lisensi dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Desember 2019.

KoinWorks mengalami pertumbuhan pesat dengan memperluas portofolio produknya sebagai neo-bank untuk memenuhi kebutuhan kredit UMKM. Pada 2022, KoinWorks memperluas cakupan bisnis dengan membuka layanan pembiayaan rantai pasokan dan pay later sebagai bentuk komitmen terhadap inovasi keuangan.

Selain itu, platform fintech itu juga mengakuisisi Bank Perekonomian Rakyat (BPR) menjadi KoinWorks Bank untuk memperkuat komitmennya sebagai penyedia layanan keuangan yang komprehensif dan aman.

Tak berhenti sampai sana, KoinWorks juga terus berupaya mendorong inklusivitas dan praktik keuangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Semangat ini diwujudkan KoinWorks dengan kembali meluncurkan Impact Report 2023.

Melalui Impact Report 2023, KoinWorks berupaya menyajikan laporan komprehensif terkait komitmen perusahaan yang terbagi dalam tiga pilar Environmental Social Governance (ESG), yakni GreenWorks untuk pilar Lingkungan (E), CommunityWorks dan TrooperWorks untuk Sosial (S), dan GovernanceWorks untuk Tata Kelola Efektif (G) sepanjang Januari hingga Desember 2023.

Berdasarkan laporan Impact Report 2023, KoinWorks telah menjangkau 2,5 juta pengguna dan menyalurkan Rp 27,3 triliun pembiayaan kepada UMKM. Angka tersebut meningkat 10 persen ketimbang periode sama pada tahun sebelumnya.

Platform fintech itu juga berhasil memberikan dampak sosial kepada UMKM melalui lebih dari 106.000 pinjaman.

Owner Orifoto Album Wahid merasakan langsung peran penting KoinWorks dalam pengembangkan bisnisnya. Ia memanfaatkan produk KoinBisnis Rp 500 juta dari KoinWorks untuk pembiayaan usahanya.

Konsumen membeli barang UMKM yang mendapatkan suntikan dana dari KoinWorks. DOK. KoinWorks Konsumen membeli barang UMKM yang mendapatkan suntikan dana dari KoinWorks.

Modal tersebut digunakan untuk menambah 10 karyawan dan menjaga ketersediaan stok produk. Hasilnya, Wahid mampu meningkatkan kinerja usaha 30 persen dan meningkatkan omzet hingga 20 persen.

“Dukungan modal Rp 500 juta dari KoinWorks telah mengurangi kendala keuangan dan membuat operasi bisnis lebih lancar secara signifikan," kata Wahid dikutip dari laporan Impact Report 2023.

Orifoto Album menjadi salah satu usaha yang mendapatkan pinjaman bisnis dari KoinWorks. DOK. KoinWorks Orifoto Album menjadi salah satu usaha yang mendapatkan pinjaman bisnis dari KoinWorks.

Cerita dari Wahid menjadi salah satu kisah sukses dari 900.000 UMKM yang telah bergabung dalam ekosistem KoinWorks. Platform ini didukung 1,6 juta pemberi dana. Hebatnya lagi, 83 persen total dana pinjaman dibiayai investor muda.

Dampak sosial KoinWorks

Selain dampak ekonomi, KoinWorks senantiasa memberikan dampak sosial dalam keberlangsungan bisnisnya. Platform fintech ini memiliki portfolio yang mencerminkan dedikasi terhadap keragaman dan inklusi.

Untuk diketahui, 80 persen penerima pembiayaan KoinWorks merupakan pelaku usaha mikro. Dari jumlah tersebut, sebanyak 36 persen pelaku usaha adalah wanita dan 48 persen pelaku usaha berasal dari daerah pedesaan.

Selain itu, UMKM yang menerima pinjaman usaha dari KoinWorks juga berhasil menciptakan 95.000 lapangan kerja baru pada 2023. Angka ini meningkat 80 persen ketimbang periode sama pada tahun sebelumnya.

UMKM yang mendapatkan bantuan dari KoinWorks pun melaporkan peningkatan 37,8 persen nilai penjualan dan 37,2 persen total aset. Angka ini meningkat signifikan ketimbang UMKM non-pengguna KoinWorks. Bahkan, sebanyak 94 persen UMKM mengalami peningkatan penggunaan media digital sejak bergabung dengan KoinWorks.

Tak berhenti di sana, KoinWorks menyediakan kesempatan belajar gratis untuk semua orang melalui KoinPreneur. Melalui program ini, KoinWorks telah menyelenggarakan lebih dari 500 acara terkait inklusi keuangan secara gratis yang diikuti lebih dari 134.000 peserta pada 2023.

KoinPreneur juga telah menyelenggarakan delapan acara yang berdampak langsung pada masyarakat, seperti webinar literasi keuangan, lokakarya registrasi bisnis, kunjungan ke kelurahan, bazar UMKM, serta pameran.

Inisiatif tersebut memberdayakan pelaku usaha dengan 69 persen peserta perempuan. Melalui pelatihan ini, pengguna KoinWorks dapat menerapkan praktik keuangan yang maju dan memastikan keberlanjutan dan skalabilitas usaha mereka.

CEO dan Co-Founder KoinWorks Group Benedicto Haryono menekankan komitmen perusahaan untuk memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia. Meski menghadapi berbagai tantangan, KoinWorks tetap berdedikasi pada visinya untuk memberikan layanan yang unggul.

Sepanjang 2023, platform fintech tersebut telah membuat terobosan signifikan dalam pembiayaan inklusif. Inisiatif ini dilakukan dengan fokus pada dukungan tingkat ekosistem yang menjangkau bisnis dalam rantai pasokan saling terhubung.

“KoinWorks berhasil mencapainya berkat dedikasi dan semangat luar biasa dari tim serta dukungan pemangku kepentingan," kata Benedicto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/6/2024).

Terkait ESG, lanjut Benedicto, KoinWorks telah menjalankan kerangka yang tidak hanya melindungi klien, tapi juga menjaga akuntabilitas sektor fintech. Hal ini dilakukan guna menjaga kepercayaan dan keyakinan yang diberikan pengguna, investor, dan pemangku kepentingan.

“Kami percaya, pertumbuhan berkelanjutan dapat terwujud hanya dengan praktik yang bertanggung jawab dan etis,” tuturnya.

Sementara itu, CEO Eratani Andrew Soeherman mengapresiasi KoinWorks yang telah memfasilitasi akses keuangan melalui pendanaan yang lebih mudah dan cepat, terutama bagi petani dan unit bisnis lainnya.

“Kolaborasi kami dalam pembiayaan rantai pasok, pembiayaan faktur, dan pinjaman langsung kepada petani melalui EraKiosk dan EraFarm telah memberikan perubahan besar," kata Andrew.

Seorang petani di Indramayu, Engkus, mengaku berhasil meningkatkan produktivitas lahan sebesar 20 persen berkat dukungan Eratani dan KoinWorks.

“Bantuan mereka melebihi sumber daya pertanian dan panduan yang agronomis hingga membantu penyerapan hasil panen saya," kata Engkus.

Inisiatif Play It Forward

Bersamaan dengan peluncuran Impact Report 2023, KoinWorks mengumumkan misinya untuk terlibat lebih jauh dengan komunitas lokal melalui inisiatif “Play It Forward”. KoinWorks mengundang para pembawa perubahan untuk berbagi cerita tentang upaya mereka dalam membantu komunitas di sekitarnya.

KoinWorks meluncurkan inisiatif "Play It Forward" untuk terlibat lebih jauh dengan komunitas lokal. DOK. KoinWorks KoinWorks meluncurkan inisiatif "Play It Forward" untuk terlibat lebih jauh dengan komunitas lokal.

Melalui inisiatif tersebut, KoinWorks akan mensponsori beberapa tim sepak bola dengan menyediakan bola sepak dan seragam tim. Upaya ini mencerminkan semangat dan persatuan masyarakat Indonesia dalam membangun komunitas melalui sepak bola yang sangat digemari.

Selain itu, Play It Forward juga merupakan bentuk dukungan dan pemberdayaan KoinWorks terhadap komunitas melalui tindakan nyata di luar pembiayaan .

Kompetisi tersebut terbuka untuk kelompok sepak bola aktif yang memberikan kontribusi positif, baik kepada anggota maupun lingkungan sekitar.

Untuk mengakses Impact Report 2023 dan mendaftar “Play It Forward”, Anda dapat mengakses tautan https://koinworks.com/laporan-dampak-sosial/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com