Advertorial

Komunitas Jazz Indonesia Gelar Konser Amal dan Musikalisasi Puisi untuk Bantu Anak-Anak Palestina

Kompas.com - 19/06/2024, 14:20 WIB

KOMPAS.com – Komunitas pegiat jaz Indonesia menyelenggarakan konser amal dan musikalisasi puisi bertajuk "Jazz in Unity" di 1920 Loung Kemang, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Acara tersebut bertujuan untuk menggalang dana dan menyuarakan dukungan bagi anak-anak dan perempuan yang menjadi korban genosida di Palestina.

Jazz in Unity diisi oleh penampilan sederet musisi dan seniman ternama, seperti Armiya Husein, Bella Fawzi, Chiki Fawzi, Dara Swandana, Dira Sugandi, Jammie Aditya, Eka Annash, Elfa Zulham, Fia, Kojek Rap Betawi, Rebecca Kezia, dan Yudi Ahmad Tajudin.

Mereka tampil selama hampir dua jam untuk menggalang dana kemanusiaan. Seluruh donasi yang terkumpul selama konser melalui kitabisa.com/jazzinunityforpalestine akan disalurkan kepada anak-anak dan perempuan di Palestina. Penyaluran dilakukan melalui Kitabisa dan MER-C Indonesia.

Penggagas Jazz in Unity Bagas Indyatmono menuturkan, acara tersebut tercetus dari keresahan pribadi yang ternyata juga menjadi keresahan kolektif para pegiat dan penggiat jaz di Indonesia.

“Bermula dari sebuah Instagram Story, saya mengajak (yang membacanya) membuat konser amal bagi anak-anak terdampak penindasan di Palestina. Secara organik, terkumpullah berbagai pihak untuk mendukung terselenggaranya acara ini,” tutur Bagas dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (18/9/2024).

Sementara itu, Eka menyampaikan alasannya tergerak ikut serta dalam Jazz in Unity. Baginya, penderitaan anak-anak Palestina sangat mengiris hati.

“(Anal-anak) seusia mereka (pada dasarnya) tidak mengerti apa-apa, (tapi) sudah terpapar perang bahkan menjadi korban,” jelasnya Eka.

Di sisi lain, Dira berkata, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina, salah satunya lewat konser musik.

“Semoga apa yang kami lakukan ini bisa membantu anak-anak di Palestina dan semoga kegiatan ini bisa menginspirasi banyak pihak untuk terus menyerukan dukungan pada Palestina,” kata Dira.

Chief of Executive (CEO) Kitabisa Vikra Ijas mengaku menyambut baik kolaborasi antaranya pihaknya dan penyelenggara acara. Pasalnya, acara tersebut sejalan dengan komitmen Kitabisa untuk #TetapBerisik dukung Palestina.

“Kami salut banget sama aksi nyata teman-teman Jazz in Unity dalam menyuarakan dukungan untuk Palestina. Kitabisa bersama MER-C Indonesia berkomitmen untuk memastikan donasi yang terkumpul pada konser amal ini dapat tersalurkan dan diterima dengan baik oleh anak-anak di Palestina,” ucap Vikra.

Sebagai informasi, Jazz in Unity dapat dinikmati secara daring melalui https://youtube.com/@Jazzinunity.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com