Advertorial

Berkomitmen Terapkan Ekonomi Hijau, BRI Tawarkan KPR “Green Financing”

Kompas.com - 19/06/2024, 17:14 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, kepedulian masyarakat akan isu lingkungan, termasuk keputusan dalam memilih rumah atau tempat tinggal, terus meningkat. Untuk mendukung perubahan perilaku dari masyarakat tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menawarkan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) “Green Financing” yang sudah diluncurkan sejak 2021.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, rumah yang ramah lingkungan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk bertempat tinggal.

Bahkan, kata dia, program ini dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan, melalui energi terbarukan.

“Keterlibatan perbankan dalam penerapan green development sangat penting, terutama dalam hal pembiayaan proyek pembangunan berkelanjutan yang mengusung green concept,” ujar Handayani dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/6/2024).

Lebih lanjut, Handayani mengatakan, melalui program ini, nasabah yang ingin memiliki hunian akan diberikan penawaran yang menarik, salah satunya dengan berbagai promo yang diberikan.

Ia menyebut, perseroan akan memberikan bunga yang lebih rendah, down payment (DP) nol (0) persen, dan tenor yang diperpanjang. 

“Saya harap, melalui promo ini, dapat menarik minat bagi para developer untuk bekerja sama dengan BRI untuk membuat bangunan ramah lingkungan yang tentunya akan memberikan impact kepada perbaikan lingkungan,” ucapnya.

Seiring dengan tuntutan keberlanjutan lingkungan di berbagai sektor, termasuk di sektor keuangan, Handayani mengungkapkan bahwa pembiayaan hijau (green financing) semakin dibutuhkan pada masa mendatang.

Meski menjadi sebuah kebutuhan, ia menjelaskan, untuk saat ini, green financing ataupun green investment belum menjadi tren yang masif.

Seperti diketahui, selama ini BRI telah mengedukasi perlunya rumah sehat yang berwawasan lingkungan. Tujuannya agar kehidupan penghuni semakin berkualitas.

Selain itu, BRI juga beberapa kali mengadakan program untuk mengedepankan pentingnya green building, seperti talkshow milenial cuan, Mini Property Expo Goes to Developer, dan website resmi untuk memperoleh KPR Green Financing, yakni Homespot.id.

Adapun untuk pembiayaan rumah, Handayani optimistis terhadap prospek pembiayaan perumahaan yang masih besar. BRI menargetkan, pada 2024 pembiayaan rumah tumbuh double digit secara year-on-year (YoY).

“Kinerja pembiayaan perumahan di BRI per April juga sudah tumbuh 15 persen (YoY). Jadi cukup optimistis, pertumbuhannya masih positif pada masa mendatang,” ujar Handayani.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com