Advertorial

4 BUMN Indonesia Masuk Forbes Global 2.000 Edisi 2024, BRI Salah Satunya

Kompas.com - 19/06/2024, 21:33 WIB

KOMPAS.com – Forbes Internasional merilis daftar perusahaan terbesar dunia Forbes Global 2.000 edisi 2024.

Pada daftar tersebut, terdapat sembilan perusahaan asal Indonesia, termasuk empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni BRI, Bank Mandiri, Telkom Indonesia, serta BNI.

Sebagai informasi, Forbes Global 2.000 adalah daftar tahunan yang diterbitkan terbitan Forbes yang menyoroti perusahaan-perusahaan publik terbesar di dunia.

Daftar tersebut disusun berdasarkan pada empat metrik utama, yakni penjualan, laba, aset, dan nilai pasar. Penilaian ini menggunakan data dari Factset Research Systems yang memberikan pandangan komprehensif tentang kekuatan finansial dan operasional perusahaan secara global.

BRI berhasil menempati peringkat ke-308 dan mengungguli beberapa perusahaan global, seperti Starbucks (319), Repsol (332), Renault (340), Uber (346), Vodafone (349), dan HP (362).

Atas capaian tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir turut mengungkapkan apresiasi lewat akun Instagram pribadinya.

“Alhamdulillah, empat perusahaan BUMN, yaitu BRI, Bank Mandiri, Telkom Indonesia dan BNI berhasil masuk dalam Forbes Global 2000 tahun 2024," tulisnya, Selasa (18/6/2024).

Erick menuturkan, pengakuan tersebut membuktikan bahwa BUMN bisa menjadi perusahaan yang mendunia. Ia juga menekankan bahwa BUMN terus memberikan manfaat signifikan bagi negara dan masyarakat.

Capaian dalam daftar bergengsi tersebut membuktikan bahwa BRI mampu bersaing di tingkat internasional. Pengakuan ini juga mengukuhkan posisi BRI sebagai salah satu pemain penting di pasar global.

Lewat pengakuan tersebut, BRI berkomitmen untuk terus berkembang dan bersaing secara internasional, serta memberikan manfaat signifikan bagi negara dan masyarakat Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com