Advertorial

Perkuat Posisi di Industri Pipa Baja, SPINDO Kembali Gelar Customer Gathering

Kompas.com - 20/06/2024, 21:16 WIB

KOMPAS.com - PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (SPINDO) menggelar customer gathering di Mercure Hotel Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/6/2024).

Acara tersebut dihadiri 150 peserta yang terdiri dari aplikator pipa besi baja, end-user, pemilik toko besi, dan pemilik bengkel las.

Customer gathering tersebut diselenggarakan bersama Mega Baja, salah satu mitra SPINDO di Kabupaten Karawang. Sebelumnya, SPINDO juga telah bekerja sama dengan Mega Baja untuk mengadakan acara yang sama.

Sebagai bagian dari program Customer Relationship Management (CRM), kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas jangka panjang.

Deputy Sales Coordinator Non-Project West Region SPINDO Wega Riaswanti Agustina menyatakan, customer gathering merupakan bentuk apresiasi SPINDO kepada pelanggan setia yang telah menggunakan produk mereka selama tiga tahun terakhir, khususnya di wilayah Karawang.

Karawang dipilih karena memiliki sejumlah kawasan industri terbesar di Indonesia. Sebut saja Kawasan Industri Mitra (KIM), Kawasan Industrial Park (KIP), Surya Cipta Industial Estate (SCIE), Karawang International Industrial City (KIIC), dan Bukit Indah City (BIC).

Selain kawasan industri, Karawang juga sedang mengalami perkembangan infrastruktur yang pesat, seperti pembangunan jalan tol, jembatan, dan fasilitas publik lain. Daerah tersebut juga memiliki kawasan residensial yang tengah berkembang.

Pembangunan-pembangunan tersebut membutuhkan pipa baja sebagai salah satu materialnya.

“Dengan kapasitas produksi besar, SPINDO berharap dapat memenuhi kebutuhan pipa baja di Indonesia,” kata Wega dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/6/2024).

Para peserta gathering tampak antusias mengikuti acara tersebut. Mereka mendapatkan edukasi mengenai produk SPINDO dan menyaksikan langsung uji kualitas pipa (galvanized iron pipe/GI) yang terbukti lebih unggul ketimbang produk sejenis.

Dengan ketebalan 120 gram/meter kubik atau 16,8 mikron dan dilapisi zinc coated SNI 07-2053 (Z-12), Pipa GI SPINDO terbukti memiliki kualitas unggul.

Pipa tersebut telah menjalani serangkaian proses produksi untuk memastikan ketahanan dan keandalan produk, mulai dari uji flattening, flaring, dan bending.

SPINDO menggelar customer gathering di Mercure Hotel Karawang. DOK. SPINDO SPINDO menggelar customer gathering di Mercure Hotel Karawang.

Selain uji produk, SPINDO juga mendapatkan umpan balik dari pelanggan mengenai produk dan layanan dalam suasana yang lebih santai serta informal. Hal ini membantu meningkatkan kualitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Salah satu peserta gathering yang merintis usaha bengkel las selama dua tahun, Iwan, mengaku menggunakan produk SPINDO karena kualitasnya terjamin, terutama ketebalan dan presisinya.

Pada acara tersebut, ia memperoleh door prize handphone dan dinobatkan sebagai bengkel terbaik dan terbersih di wilayah Karawang.

Manajer Mega Baja Imat Bagja Gumilar mengapresiasi upaya SPINDO dalam menyelenggarakan customer gathering. Menurutnya, pelanggan perlu mendapatkan edukasi dan sosialisasi terkait penggunaan pipa baja yang tepat, inovasi terbaru, standar keselamatan, serta metode instalasi yang efisien.

“Sosialisasi tersebut dilakukan untuk memastikan produk digunakan dengan cara yang efektif dan aman,” kata Imat.

Pihak Mega Baja pun memberikan penghargaan kepada pelanggan yang melakukan pembelian terbanyak serta bengkel las yang memberikan pelayanan paling rapi dan bersih.

Selain meningkatkan branding, acara tersebut juga memperkuat komunikasi SPINDO dan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan menunjukkan kualitas dan daya tahan produk SPINDO.

Uji kualitas pipa SPINDO. DOK. SPINDO Uji kualitas pipa SPINDO.

Dengan kapasitas produksi 700.000 ton per tahun, SPINDO memiliki beragam jenis pipa baja untuk berbagai kebutuhan, seperti water pipes, fire sprinkler pipes, structural pipes, oil and gas pipes, GI pipes, dan scaffolding galvanized pipes.

Pipa-pipanya pun sudah memenuhi standar internasional dan dapat diandalkan.

Adapun customer gathering tersebut memungkinkan kolaborasi dan networking antara pelaku industri, pemasok, dan pelanggan untuk menghasilkan peluang bisnis baru dan kemitraan strategis.

Melalui acara tersebut, SPINDO memberikan platform untuk mendapatkan feedback langsung dari pelanggan. Hal ini berguna untuk meningkatan kualitas dan pengembangan produk di masa depan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com